7 Objek Wisata Alam di Solok Selatan.Paling Indah,Sejuk dan Menawan

Solok-selatan identik dengan gunung kerinci dan kebun teh mitra kerinci yang luas. kebanyakan objek wisata di kabupaten solok-selatan terdapat di kawasan tersebut. disini yang paling menonjol adalah wisata air . seperti arung jeram, air terjun, pemandian air panas dll. 

namun wisata pemandangan alam juga tidak kalah kerennya. 

Berikut ini saya uraikan tempat-tempat  wisata di solok selatan yang wajib kamu kunjungi.

1. Puncak Kopi Bangun Rejo

objek wisata solok-selatan
puncak kopi bangun rejo by: wiko

Puncak kopi bangun rejo merupakan destinasi favorit anak muda solok-selatan karena backgroundnya sangat bagus untuk berselfiria. kalo kamu berkunjung ke sumatera barat. maka rugi deh kalo gak mengunjungi tempat wisata satu ini.

Puncak bangun rejo terdapat di kecamatan sangir kabupaten solok selatan. tidak jauh dari pusat kota solok selatan. posisinya berada di bukit bontak. tepat dikaki gunung kerinci. warga sekitaran sini rata-rata berasal dari daerah jawa.

Dan mereka sangat di terima di solok selatan. karena selama ini tidak pernah terjadi pertentangan antara suku jawa. dan suku minang di solok-selatan, dan selalu damai sejahtera.

Dari puncak bukit bangun rejo kamu bisa menikmati keindahanya baik disiang hari maupun malam hari.

Pada malam hari kamu bisa menikmati pemandangan langit dengan taburan bintang yang sangat mantap dari bukit bangun rejo ini. dengan pemandangan lampu-lampu dari rumah penduduk di kota solokselatan.

Dan pada siang hari kamu bisa menikmati pemandangan bukit barisan nan luas yang sangat indah dari puncak bukit ini. 

Udara disini lumayan sejuk. karena berada di ketinggian 800-1000 mdpl. disini terdapat saung-saung kecil yang di beri tangga. untuk menikmati suana santay dan tentu membuat kita jadi enjoy banget saat berkunjung ke puncak bangun rejo di sangir solok-selatan.
gimana tertarik berkunjung ke sini…?

2. Kebun Teh Mitra Kerinci

objek wisata solok-selatan
Kebunteh Mitra Kerinci by : febri irwandhie facebook

Saat kamu berkunjung ke solok selatan. sebelum kamu sampai di pusat kota solok selatan [padang aro, sangir]. kamu akan di sambut dengan pemandangan kebun teh hijau dan luas. 

Kebun teh mitra kerinci tidak hanya indah dari segi pemandangannya. namun kamu bisa menemukan tempat wisata lainnya di dalam kawasan ini.

Seperti air terjun tangsi ampek nan fenomenal. dan wisata seluncuruan alami yang di sebut sungai malanca. juga berada di kawasan ini.

Namun pemerintah setempat lagi mengupayakan pengembangan wisata mitra kerinci ini. dimana disini akan di sediakan tempat khusus untuk para wisatawan dan bisa mencicipi kenikmatan teh serta membelinya sebagai oleh-oleh. 

jujur saya sedikit kecewa karena saat artikel ini di tulis hal tersebut belum terlaksana.

3. Air Terjun Tangsi Ampek

objek wisata solok-selatan
Aia Tajun Tangsi Ampek by : joey exito [facebook]

Pada artikel sebelumnya sebenarnya saya sudah menulis tentang air terjun satu ini. namun kali ini saya tulis lagi agar pembaca tau bahwa air terjun tersebut memang keren.

Sebagai mana di atas saya menyebut air terjun tangsi ampek berada di kawasan kebunteh mitra kerinci tepatnya di desa sungai lambai, kecamatan sangir.

Air terjun ini memiliki kolam pemandian yang luas dengan air yang lumayan dingin dan sangat jernih. jadi kamu bisa berenang puas sambil bermain dengan air terjun tersebut.
Air terjun ini terdiri dari dua tingkatan. seperti gambar di atas. itulah yang menjadikan airterjun ini menjadi unik.

Untuk akses menuju kesana di perlukan sedikit perjuangan. namun jangan salah karena untuk sampai di air terjun tangsi ampek kamu harus melewati kebun teh mitra kerinci. kamu juga akan menikmati indahnya pemandangan gunung kerinci di tengah hamparan luas kebunteh yang sangat menawan.

Mantap sekali bukan..?

4. Seluncuran Sungai Malanca.[Aia malanca]

objek wisata solok-selatan
Seluncuran Aia Malanca

Sungai malanca ini juga masih di kawasan kebunteh mitra kerinci namun bedanya sungai ini terdapat di perbukitan di seberang nya. 

Maksud saya begini. sebelum kamu sampai di kota padang aro. akan terlebih dahulu melewati kebunteh mitra kerinci, nah kebunteh tersebut bereda di sebelah kanan kamu. sedangkan sungai malanca terdapat di sebelah kiri kamu.

Meski tidak bisa di lihat langsung dari jalan raya. namun akses kesana tidak terlalu sulit. dan jarak dari jalan raya menuju ke tempat tersebut hanya 1 km saja. dan bisa di lalui oleh kendaraan roda 2 maupun roda 4. tapi tidak bisa di lewati kontainer hehe.

Saat sudah sampai di empat tersebut maka kamu akan melihat pemandangan kebunteh tadi. dengan backround gunung kerinci yang sangat indah. karena sungai ini berada di ketinggian.

Tidak hanya itu.! karena unik nya sungai ini. kamu bisa bermain seluncuran alami. layaknya di kolam renang. dan seluncuran tersebut lebarnya sekitaran 1 meteran. dengan panjang sekitar 10 meteran. dan dibawahnya terdapat kolam kecil dengan kedalaman sekitar satu meter juga. 

Jika kamu terbiasa dengan kesumpekan kota seperti macet,polusi,bising,dan hal menyebalkan lainnya. maka datanglah kesolok selatan. karena ke nyamanan,keindahan, kesujukan, sedang menunggu kamu disini.

5. Twin Waterfalls/Aia Tajun Kambau/Air Terjun Kembar

objek wisata solok-selatan
Aia Tajun Kembar by : wiko

Air terjun ini terdapat di kawasan bangun rejo/sekitaran bukit kopi bangun rejo. namun akses nya sangat mudah, hanya butuh waktu 5 menitan dari parkir mobil. dengan berjalan kaki.

Air terjun ini masih asri dan sangat bersih. dan belum tercemar sama sekali. 

Warga dan pemerintah sekitar pun lagi giat-giat nya, mengembangkan objek wisata satu ini. dengan membangun jembatan yang lebih bagus untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Disini terdapat dua pemandian, dan air nya bisa langsung di minum. karena ke asriannya. dan lingkunnya di kelilingi hutan tropis

6. Hot Waterboom Sapan Maluluang

objek wisata solok-selatan
Pemandian Air Panas Sapan Maluluang

Pemandian sapan maluluang merupakan salah satu wisata unggulan di solok selatan,dan saat hari libur pengunjungpun beramai-ramai mengunjungi tempat ini.

Pemandian air panas sapan maluluang terdapat di desa pinang awan,kec pauah duo solok selatan.jarak dari kota padang aro[pusat kota solok selatan] menuju tempat ini sekitaran 4. kilo meter dengan akses jalan raya. dan 2 kilo meternya masuk kedalam dari jalan raya. tapi jalannya bagus sudah di aspal..

Akses kesini bisa menggunakan kendaraan roda dua. roda empat. namun akan lebih seru lagi jika kamu menaiki sepeda, bersama teman-teman atau pasangan dan saudara-saudara kamu. yakin deh pasti mantap.

 

Keunikan pemandian ini adalah..!
dari sumber mata air sapan maluluang seolah-olah terdengar suara lolongan, atau suara orang menagis, maka dari itu diberinama sapan maluluang

Nah jika ada yang masuk angin,atau pegel-pegel karena kecapek-an maka berendam lah di pemandian air panas ini agar kamu kembali fit dan bugar. selain itu kamu juga bisa menghilangkan stres saat berendam di kolam sana. 

7. Wisata Arung Jeram
Bagi kamu yang hobi tantangan maka, kamu boleh mencoba arung jeram di solok selatan ini ada beberapa tempat disini salah satunya di sungai sangir yang memiliki arus deras.

Ada juga di sungai liki…

Namun untuk informasi mendetail akan saya tulis pada artikel berikutnya. karena butuh satu artikel spesial dalam menulisnya.
—————————————-

Dan ketujuh wisata di atas merupakan tempat-tempat yang booming di kalangan anak muda solok-selatan. dimana mereka berselfi ria dan mengupload nya ke facebook. 
untuk kamu yang lagi berencana berwisata ria pada liburan kali ini. maka pilihlah tempat yang sejuk namun keren di solok-selatan ini. 

Selamat menikmati objek wisata di solok selatan teman..!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *