COD Online / Cash On Delivery Artinya Adalah, ini…!

COD adalah transaksi jual-beli secara online namun pembayaran akan di lakukan setelah produk di terima oleh pembeli/pemesan.

Pertukaran produk dengan segepok uang dengan cara itu bertujuan untuk mempermudah kita dalam menjadikan transaksi Jual Beli lebih Efektif dan memuaskan.

Jika sebagai pembeli kita bisa mengecek barang yang telah kita pesan dengan teliti, setelah memastikan bahwa kualitas produknya Mantul maka barulah kita serahkan segepok uang sebagai penebus produk tersebut.

lebih jelasnya dibawah ini

Arti COD adalah

COD | gambar beranda google

COD adalah singkatan dari “Cash On Delivery,” peribahasanya adalah “ada produk ada uang,” artinya setelah produk datang maka cek dulu dikit produknya baru bayar pake uang, pake beras juga boleh, kali.

Contoh 1 produk bekas :

Aku ingin beli gunting kuku bekas, maka aku masuk ke group jual beli facebook dan ku temukan postingan seperti ini “gunting kuku bekas syahrini harga 3 juta net, no minus. WA 080xxxxxxx”

Maka terjadilah tawar menawar antara aku dan si pemosting tadi, karena aku langsung hubungi WA nya. dan terjadi kesepakatan bahwa penjual mengantar gunting kuku kerumah ku, setelah datang maka aku cek dan setelah itu aku bayar Cash.

Aku pikir kamu sudah tahu arti COD seperti ini, tapi gak apa apa lah siapa tahu masih ada yang belum! kalo belum berarti kamu kurang banyak membaca kamus gaul

Contoh 2 produk baru :

Aku ingin membeli sepatu baru, maka aku kunjungi Toko Online kesayanganku di internet, setelah ketemu sepatu yang bagus, lalu aku pilihlah cara pembayaran COD. Karena aku termasuk orang norak yang ngak punya kartu Kredit maupun ATM, Untuk membayar Secara Online.

Beberapa hari setelahnya akan ada yang memanggil mangil di depan rumahku sperti ini!

“paket…!” katanya di depan rumahku

Berarti sepatu pesananku sudah sampai, maka saat itulah sepatu itu aku bayar.

hadduh panjang juga padahal kamu sudah tahu kali cara COD yang kayak gini? apa belum? waaaaah! norak deh wkwk.

Istilah dalam COD Online

Bagi yang sering COD an, maka sudah tidak aneh dengan istlah istilah dibawah ini, namun cukup membingungkan jika jarang COD an di group facebook atau group lainnya.

Palkor

Palkor adalah singkatan dari “Pala Korengan,” yaitunya anak alay yang sok-sokan nawar produk, seolah-olah dia itu bakalan beli, namun setelah di ajak transaksi/ketemuan untuk COD. eh dianya gak muncul-muncul, Raib.

Nett

Nett adalah harga pas yang gak bisa di tawar lagi. jadi kalau si pemosting produk bilang “Harga Net sendal jepit bekas sahrukan 1 triliun gan” maka gak usah di tawar lagi, karena dia juga ngak mau lagi nurunin harga.

TT

TT adalah singkatan dari “Tukar Tambah.” seperti gunting kuku bekas syahrini yang aku beli tadi. sebenarnya aku nga beli tapi aku Tukar tambah, duit dengan Beras Sekarung.

BT

BT adalah singatan dari Barter. dan tadinya Gunting kuku itu aku ajak Barter dengan Tusuk Gigi bekas Hulk, tapi dia gak mau, maunya di TT pake beras.

No Minus

No Minus ararti produk gak ada kekurangan, biasanya No Minus di pakai saat memposting Produk bekas, seperti HP seken, Motor Seken, Atau gunting Kuku seken. No Minus = Tanpa Lecet

Cek Lok

Ceklok adalah singkatan dari “Cek Lokasi,” jika kamu jual produk di di group Facebook, lalu ada yang Bilang Cek Lok gan, maka jawab aja dengan daerah/desa tempat rumahmu.

Mahar

Mahar adalah harga sebuah produk yang sedang di posting, biasanya Mahar adalah harga awal, masih bisa di tawar lagi

Ngotak

Ngotak adalah sebutan untuk yang terlalu menawar rendah. maka yang punya produk akan bilang “Ngotak,” Parah sih gaisss tapi ya udahlah!

Nego

Nego adalah menawar harga, seperti “bisa nego” atinya masih bisa di tawar.

Nepis

Nepis adalah singkatan dai nego tipis, atau harga produk yang di tetapkan penjual, tapi masih bisa di tawar lagi, tapi tidak banyak, cuma boleh turun dikit saja.

PHP

Arti PHP dalam COD Online sama saja artinya dengan di PHP in Cewe. Pemberi Harapan Palsu, seolah-olah mau beli padahal kagak!

CLBK

Arti CLBK dalam COD online adalah “Cuma Liat Beli Kaga.” bisa juga “Chat Lama Beli Kaga.” mungkin gunanya untuk orang yang banyak nanya, ya nanya doang!

Up

kalimat Up gak ada artinya dalam COD, jadi gak usah dipikirin.

Sold Out

Sold Out adalah kalimat yang digunakan untuk menandai Produk yang sudah laku/terjual.

Lain Lain

Kalau ada istilah yang sering digunakan saat COD silahkan di komentar ya

Toko Online Yang bisa COD

Untuk barang/produk seken mugkin kita bisa dengan mudah mendaptkannya di Group Jual beli Facebook.

jika kita pintar dan mengerti dengan Produk yang akan kita beli, maka sudah di pastikan kita akan dapat produk yang bagus dengan harga lumayana miring.

Tapi jika ingin membeli Produk baru maka kita bisa membelinya di Toko online yang Populer di indonesia, seperti Bukalapak,Lazada,Jd.id, shopee dll.

kita sebenarnya tidak perlu terlalu meragukan kualitas produknya, sebab Toko online bersaing, termasuk untuk kualitas produk yang mereka jual, tapi ingat perlu juga teliti toko online yang sudah terpercaya.

Berikut ini Toko Online yang menyediakan Pembayaran secara COD [Pesanan Datang Baru Bayar.]

Shopee

Info Pembayaran COD shopee

  • transaksi minimal 120 ribu, maksimal 3 juta
  • lakukan pembelian dengan mengklik COD. Lalu ikuti petunjuk selanjutnya

Jd.id

Informasi pembayaran COD Jd.id

  • tidak bisa dilakukan unutk produk tertentu, karena beberapa alasan
  • Pembayaran Tunai di berlaku unutk transaksi di bawah 100.000.000
  • Cakupan Area di kota kota besar indonesia, ada di websitenya

Lazada.co.id

Sedikit Info tentang COD Lazada

  • Cakupan Area Tertentu, tapi rata rata di kota besar bisa dengan Pembayaran COD Lazada
  • Tidak semua Produk bisa di bayar secara COD

Blibli.com

Info Sedikit COD blibli.com

  • Cakupan Area Sudah di tentukan, tapi rata rata di kota-kota besar bisa
  • Minimum Order 10 ribu maksimum 3 juta
  • Jika kualitas produk tidsa sesuai maka boleh do retur, tapi dengan prosedur yang sudah di sediakan Blibli, jangan di kembaliin ke kurir karena gak bisa.

Berrybenka.com

Sedikit Info COD Berrybenka | toko online Fashion cowo dan cewe

  • Di bayar pake duit cash
  • Maksimal pembelian 1 juta
  • Berlaku unutk daerah daerah yang sudah di tentukan. informasi sudah disediakan di websitenya

Zalora.co.id

Ketentuan COD Zalora

  • Maksimal order seharga 2000.000
  • Tidak boleh mebuka/cek produk sebelum di bayar
  • Untuk Area yang sudah di tentukan, tapi jangkauannya ada di websitenya. rata rata di kota kota besar Bisa.

Bukalapak

Info pembayaran COD bukalapak

  • Mungkin bisa menghubungi masing masing pelapak yang produknya ingin kita beli

Frozenshop.com

Info pembayaran COD frozenshop.com | Toko Online Fashion Pria

  • Wilayah cakuan jabodetabek dan sekitarnya
  • Maksimal Belanja 3 juta
  • Harus di alamat rumah/tempat kerja

Tokopedia

Informasi pembayaran COD Toko pedia

  • Hanya bisa di wilayah Jabodetabek
  • info lebih lanjut bisa menghubungi nomor yang admin yang sudah di sediakan

Mataharimall

Informasi Pembayaran COD Mataharimall.com

  • hanya unutk produk tentu
  • Cakupan wilayah di tentukan tapi di kota kota besar di indonesia sudah bisa.

Orami.co.id

Info Pembayaran COD orami.co.id | Toko online Keperluan Bayi Balita dan Ibu menyusui

  • Hanya berlaku untuk Pembelian di bawah 3 juta, perhari per pembeli.
  • Wilayah Cakupan sudah di tentukan ada di websitenya

Alfacart

Info Pembayaran COD Alfacart | Dia sodaranya Alfamart kayaknya

  • Bisa cod Jika belanja barang barang Alfamart
  • Maksimal belanja 500.000

Elevania

Elevania Adalah salah satu toko online besar di indonesia. untuk informasi COD di Elevania, belum ada rujukan.

Bhineka

Informasi Pembayaran COD bhineka | Toko online Komputer dan Elekrtonik

  • Jika ingin bayar Secara COD maka bisa melalui telfon, ke nomor yang sudah disediakan Bhineka.com, bisa juga chat.
  • Wilayah Cakupan jabodetabek

Jakartanotebook.com

Info Pembayaran COD jakartanotebook.com | Toko Online Komputer dan Alat Elektronik

  • Cakupan Area Ditentukan tapi di kota kota besar bisa
  • COD dilakukan dengan cara menghubungi melaluai tlp. ke nomor yang sudah di sediakan.
  • Pembayaran dapat dilakuan setelah cek barang terlebih dahulu

Muslimarket

Informasi Pembayaran COD muslim Market | Toko Online Muslim

Babyzania.com

  • Informasi COD babyzania.com | Toko Online Perlengkapan Bayi
  • Daerah cakupan sudah di tentukan, tapi di kota kota besar indonesia sudah bisa.
  • Maksimal pembelian 2.500.00
  • Jika terjadi pembatalan oleh pembeli maka dikenakan biaya gocap [50 ribu]

Selain COD Online diatas, mungkin masih ada toko online lainnya yang menyediakan Fasiliotas pembayaran COD [Bayar Cash di tempat].

Tips COD | Pembeli

Sebagai orang yang doyan belanja, dan juga yang suka berbisnis kecilkecilan COD an liga Tarkam. maka berikut ini sedikit tips jika kamu ingin membeli barang COD an.

  1. Ajak teman yang mengerti dengan produk yang akan kamu beli secara COD, saat ingin ketemuan COD an dengan penjual Maka ajaklah Temanmu itu, andalkanlah dia, lalu kasih uang ngopi goceng [wkwkw], maksudnya hargai jasa dia dengan seuatu berupa apa gitu? gak tau yang tau kan kamu, temennya.
  2. Saat cek barang di internet, maka ajak teman yang lebih ahli untuk memilih produk terutama produk seken, dari pada ntar udah ketemuan, tapi spesifikasi produk minus parah. jadinya buang-buang waktu
  3. Cek produk dengan teliti
  4. Jangan buru buru bayar jika beli bukan di tempat Profesional seperti di toko online diatas. misalnya jika kamu COD dengan perorangan. periksa dulu baik baik produknya/
  5. keteuan jangan Jauh-jauh, buang buang bensin!
  6. DLL, mungkin ada tips lain, silahkan di komentar ya

Tips COD | Penjual

Ini hanya berlaku untuk newbi/perorangan saja. jika profesional/perusahaan maka kita lihat cara cara toko online besar seperti di atas.

  1. Menjual Produk Mutlak Harus jujur, ceritakan dengan jelas Minus dari produk seken kamu, jika produk baru gak usah, sudah pasti gak ada minusnya,yang sesuai dengan spesifikasi!
  2. Ketemuan jangan Jauh jauh! nanti kamu hilang, takut ngak bisa pulang doang, ntar nagis lagi, nyariin emak!
  3. Group jual beli Facebook biasanya Ampuh untuk jual barang COD an [barang seken]. gunakan dengan baik, dan hindari, Palkor, CLBK, PHP,DLL. kenali Ciri-cirinya! yang jelas pelaku tersebut masih bocah.
  4. Kasih Nomor WA Di Postingan, suapaya lebih mantap, jika yang nanya nanya doang dia berkomentar, tapi yang serius akan langsung Japri melau kontak wa tersebut.

Sedikit info :

  • kebanyakan dari teman teman, mengetahui bahwa COD adalah kalimat untuk ketemuan di tempat tertentu, untuk membeli dan menjual sebuah produk. tanpa mengetahui arti dari COD yang sebenarnya, yang sebenarnya COD adalah transaksi Jual Beli Online dengan pembayaran Cash setelah barang di terima.

Istilah lain dari COD :

  • Cod salah satu jenis ikan, kita biasa menyebutnya ikan Kod
  • COD Singatan dari “Call Of Duty”. Nama sebuah Game, Perang/tembak menembak

Semua tips di atas mungkin akan berguna,  untuk kita semua, dan semoga informasi pada artikel ini bermanfaat yes bapak-bapak ibu-ibu.

COD Online / Cash On Delivery Artinya Adalah Oleh Hasbiallah

" hasbi : Hasbiallah Bin Waizulkarni suka menulis pesan puitis yang seringkali tidak jelas di pesan cewe yang di sukainya. dulu! Kebiasaan itu di ubah menjadi menulis di kolom postingan website yang kamu baca sekarang ini. berupa puisi, Caption dan Juga cerpen!."