Cinta

Defenisi Cinta

Cinta- Defenisi Cinta Atau Makna cinta banyak yang punya pendepat berbeda mengenai hal ini termasuk sukacerita sendiri punya pendapat berbeda. di sini kita akan mengulik apa arti cinta sejati?

Defenisi dan makna Cinta di Zaman naw ini merupakan sifat ketertarikan kepada seseorang, Kepada Perilaku orang tersebut, Kepada Sosoknya atau kepada setiap hal yang Ada pada dirinya.

Tapi cinta Bisa juga Ketertarikan Kepada benda atau Mahluk selain Manusia. seperti kepada Peliharaanya, Kepada Lukisan yang bagus misalnya. atau lainnya.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang apa itu cinta sebenarnya, mari kita lihat lebih jauh lagi di bawah ini.

# Defenisi Cinta Menurut Wikipedia

Cinta Merupakan sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang.

Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.

sumber [Wikipedia]

# Arti Cinta Menurut KBBI

cinta/cin·ta/ a

1 suka sekali; sayang benar: orang tuaku cukup Cinta kepada kami semua; Cinta kepada sesama makhluk;

2 kasih sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan): sebenarnya dia tidak Cinta kepada lelaki itu, tetapi hanya menginginkan hartanya;

3ingin sekali; berharap sekali; rindu: makin ditindas makin terasa betapa Cinta nya akan kemerdekaan;

4 kl susah hati (khawatir); risau: tiada terperikan lagi — nya ditinggalkan ayahnya itu;

sumber [KBBI]

# Defenisi Cinta Pendapat Para Ahli

1. ames Drever

Cinta Adalah sebuah perasaan khusus yang berkaitan dengan kesenangan yang menyangkut sebuah objek.

2. Ashley Montagu

Cinta adalah sebuah perasaan memperhatikan , menyukai, menyayangi secara mendalam yang disertai rasa rindu serta hasrat kepada sebuah objek.

3. Abraham Maslow

cinta merupakan proses aktualisasi diri yang mana dapat membuat orangmelahirkan beragam tindakan-tindakan yang kreatif dan produktif. Karena adanya cinta, seseorang Bisa mendapat kebahagiaan, Saat orang tersebut mampu membahagiakan orang yang dicintainya.

4. Elaine dan William Waster

Cinta adalah suatu keterlibatan yang dalam serta diasosiakan dengan munculnya rangsangan fisiologis yang begitu kuat serta diiringi perasaan untuk bisa mendambakan pasangan serta keinginan untuk bisa memuaskannya melalui pasangannya tersebut.

5. Erich Fromm

Cinta adalah sesuatu yang aktif yang mana dapat memecahkan tembok yang menjadi pemisah dari manusia dengan teman-temannya, yang dapat menyatukan seseorang dengan orang lainnya. Menurutnya ada 4 unsur di dalam konsep cinta, yaitu:

  • Care = perhatian
  • Responbility = tanggung jawab
  • Respect = hormat
  • Knowledge = pengetahuan

6. Stenberg

Cinta merupakan sebuah kisah, yang mana ditulis setiap orang. Dimana di dalam kisah tersebut akan merefleksikan dari minat, kepribadian, serta perasaan seseorang kepada sebuah hubungan. Teori Stenberg yang sangat tekenal adalah mengenai segitiga cinta yang mana di dalamnya menjelaskan tentang:

  • Keintiman.
  • Gairah.
  • Komitmen.

Sumber [dosenpsikologi]

# Defenisi Cinta Menurut Sukacerita.com

Cinta Karena Nafsu

Cinta bisa saja tipuan dari sifat negatif manusia terhadap Lawan Jenis. Misalnya laki-laki keperempuan dan Sebaliknya.

Misalnya Ketertarikan Hanya berdasarkan Nafsu namun kita salah Tanggap, Menganggap Itu adalah ketertarikan Alami karena Cinta.

Yang seperti ini biasanya Hanya bertahan sejalan dengan Bagus Atau tidaknya Objek Nafsu terhadap lawan Jenis Tersebut. Misalnya Pasangan. Dan berakhir karena Bosan Yang Memuncak. dan tidak ada lagi alasan Lain yang mengikat Hatinya. Karena memang hanya Nafsu.

Cinta Karena Harta

Ada juga cinta Karena Harta dan terjadi karena seseorang Tertarik kepada Lawan Jenis Hanya karena melihat dari Megah/Elegan/banyak duit nya. Dan apabila si Objek yang dia cintai sudah Miskin Maka Tidak Adalagi alasan Yang memikat Hatinya. Lalu timbullah Bosan.

Cinta Karena Kasih Sayang Rindu Dan Juga Nafsu

Nafsu memang masih termasuk ya. Tapi karena di iringi Oleh Kasih Sayang. Rindu. Maka Makna Cinta yang seperti ini sulit di lupakannya. Jadinya Tidak Mudah Bosan. kira kira seperti itu.

***

Biasanya cinta kepada pasangan seperti di atas akan di selamatkan Oleh Tanggung jawab, jika hanya mengandalkan Nafsu dunia semata. maka cinta apapun yang kita miliki maka akan Pupus Karena tidak Adanya Tanggung Jawab Terhadap Pasangan. Misalnya Sebagai suami atau Sebagai Istri.

Sedangkan Pacaran Tidak Membutuhkan Tanggung jawab, karena Pacaran Adalah Ikatan Yang Lemah Dan Tidak Harus Ada.

# Arti Makna Cinta Yang Sesungguhnya

Cinta Sejati | Gambar Beranda Google

Jika kita perhatikan Arti dan makna cinta di atas yang sudah Kita ambil dari berbagai sumber. maka kita tidak dapat menjelaskan apasih cinta Itu.!

Kita Hanya bisa meraba-raba menurut pendapat Masing Masing. dan tidak Ada penjelasan yang membuat kita Benar benar Yakin bahwa Arti cinta Itu adalah seperti ini [misalnya].

Tapi pasti ada yang berbeda menurut satu orang dengan orang lainnya.

Jadi Aku sendiri berpendapat Bahwa Cinta Itu hanyalah Sebuah Kalimat yang Tidak Pernah Memiliki Makna Yang tepat.

Jika rindu Artinya : Mengingat seseorang/sesuatu secara Mendalam. Bahasa Gaul nya Kangen.

Maka Cinta Artinya : Banyak dan bercabang cabang sehingga kita tidak tahu mana yang benar. Bisa Jadi Cinta adalah Kalimat Kosong yang Tidak Ada Maknanya. Atau mungkin Juga Artinya sangat Luas. sehingga kita Tidak tau lagi Cara mempersempit maknanya.

Bagaimana Menurut Kamu..?

Jika kamu punya pendapat tersendiri tentang arti cinta maka silahkan di Beberkan Di kolom Komentar ya..!

# Cinta Dan Mindset Kita

Cinta dan Mindset| Gambar Beranda Google

Sekarang ini! segala sesuatu mengenai cinta, tidak lepas dari sepasang kekasih, artinya jika seseorang mencintai berarti itu kepada pasangannya. pikiran kita akan menangkap kesitu.

Mungkin kita biasa dengan pertanyaan pertanyaan seperti ini.

  • Kamu sayang ngak sama orang tuamu?
  • Kamu yang ngak sama Kakak/Adikmu?
  • Kamu sayangngak sama teman temanmu?
  • DLL

Dan Kita Kurang terbiasa dengan Petanyaan pertanyaan seperti ini.

  • Kamu cinta ngak sama orang tuamu?
  • Kamu cinta ngak sama Kakak/Adikmu?
  • Kamu cinta ngak sama temanmu?

Kita [anak muda milenial] tidak ingin mengatakan! aku mencintai kakakku, atau aku mencintai adikku, atau aku mencintai temanku.

Seolah olah kalimat itu menjadi aneh karena Dia mencintai Saudara nya sendiri, atau temannya sendiri!

Padahal sesungguhnya itu bukanlah hal yang aneh, hanya saja mindset kita kadang agak menjauh dikit. kita lebih memilih mengatakan, aku menyayangi adikku, aku menyayangi kakakku, aku menyayangi teman temanku.

Sebenarnya Cinta dan sayang itu sama saja, apa bedanya?. jika ada pendapat lain silahkan komentar ya.

mungkin yang membuatnya beda adalah kalimat “Bercinta” Ini seperti lebih ke arah lain sih perginya. jadi gak mungkin sesorang Bercinta dengan Saudaranya sendiri, bercinta hanya di lakukan oleh sepasang suami istri.

Seandainya kita mengatakan suami istri itu berkasih sayang di kamarnya. mungkin kita tetap menangkap makna yang sama dengan Bercinta Tadi.

Di lain hari seseorang mengatakan Adik Kakak itu berkasih sayang di dalam kamarnya, maka kita akan menangkap ke akraban/kedekatan adik dan kakak.  mungkin kakanya sedang menidurkan adeknya, atau lagi main menemani adiknya, sementara ibunya memasak di dapur.

Namun Jika seseorang mengatakan Adik kaka itu sedang “Bercinta” Didalam Kamar. Maka orang yang mendengarnya Akan Terperanjat lalu melongo selama 21 menit 3 detik. karena tidak percaya dengan kalimat yang baru saja di dengar.

Jadi menurutku Cinta Dan Bercinta itu maknanya sangat berbeda, hanya saja ada kalimat yang sama di dalamanya yaitu “Cinta” dan “Ber-Cinta.”

dan yang membuat makna cinta seolah “terkhusus hanya kepada pasangan” saja mungkin karena kalimat “Bercinta” tadi! padahal makna dari Cinta dan Bercinta sangatlah Berbeda.

Cinta : makanya luas bahkan sangat luas sehingga sulit mencari pendapat yang sama mengenai makna dari cinta itu sendiri

Bercinta : Suami Istri di dalam kamar! ngapain kali? ya bercinta lah! pake nanya lo!

Bisa juga Mindset kita sedikit berubah mengenai Cinta karena hal berikut ini

# Kisah Kisah Cinta Terkenal

kisah cinta terkenal | Gambar beranda google

mungkin kita sering menonton Film Cinta di televisi, kalau sekarang youtube juga banyak film Cinta yang di upload, maka kita jadi tidak mengenal lagi/semakin lupa dengan Cinta yang lainnya.

Karena yang sering kita lihat di film bisa juga novel, adalah cinta romantis! artinya cinta romantis itu hanya berlaku kepada pasangan, maka pendapat kita mengenai cinta jadi tidak terlalu berlaku lagi buat yang lain.

Jika!

-Aku punya sahabat baik cowo namanya pudin dan aku cowo maka aku tidak mungkin mengatakan, aku mencintai pudin [jika ia aku auto m11ntah setelahnya].

Hal itu terjadi mungkin karena aku sudah hapal banget dengan adegan seseorang yang mengungkapkan “aku mencintai” seperti dibawah ini.

Romeo Juliet

“Juli [panggilan Juliet], kamu tidak sisakan sedikitpun racun untukku.kenapa kau habiskan semua? jika kamu mati, aku ingin mati pula bersamamu juli… aku mencitaimu.” romeo terisak isak

Ucapan itu keluar dari mulut romeo saat ia menemukan botol racun di samping tubuh Juliet, yang sudah terbaring diam tanpa nafas.

Beberapa menit setelahnya terdengar letusan pistol di ruangan itu, seketika tubuh romeo tertelungkup di  dada juliet, dan darah mengalir deras di kepala romeo yang telah berlubang oleh Peluru.

Jack dan Rose Titanic

Rose terbangun, ia mendapati dirinya di atas sebilah papan, yang terapung di tengah samudera yang dingin, di sekelilingnya di penuhi jasad manusia. mengapung apung karena ombak, sama seperti dirinya.

Di dinginnya suhu, ia sulit merasakan bagian bagian tubuhnya, semua terasa kaku membatu. hanya telapak tangannya yang masih terasa di genggaman Jack.

“Jack” ucap rose pelan

“Jack”

“Jack”

Rose berusaha membangunkan Jack yang telah Kaku wajahnya pucat pasi, meski pria itu masih terlihat tampan, dengan sikap tenang, dan seakan baik baik saja, tapi  sebenarnya dia tidak lagi berbafas.

“Jack jangan pergi”

“Jack”

Rose terus memangil berulang ulang dengan suara yang hampir tidak terdengar.

“Jack Aku Mencitaimu

Lalu rose melepaskan genggaman tangan Jack yang kaku dan pasi. dan jasad pria itu tenggelam menjauh menuju dasar laut, ekspresi wajah yang Tenang seperti isyarat bahwa semua baik baik saja! lalu wajah tampan tidak lagi bernyawa itu lenyap di kedalaman laut.

Dilan dan Milea

“Milea saat ini aku belum mencintaimu gak tau ntar sore” ucap dilan

sama sekali tidak kusangka, dilan mengucapkan kalimat itu, aku tidak mengerti bagaimana cara menjawabnya, hanya saja aku menatapnya entah kenapa? setelah beberapa detik aku tersadar lalu membuang wajahku dari wajahnya, Sebenarnya aku malu saat itu!

dari kesemua adegan di atas ungkapan cinta keluar dari mulut kekasih/gebetannya.

karena terlalu terbiasa dengan adegan adegan seperti itu kita jadi menjauh dari makna Cinta yang lain. seperti cinta kepada Ayah, kepada Ibu, Kepada Adik Kaka Kepada Teman.

Bagai mana jika aku bilang “Teman aku mencintaimu!”

sebenarnya itu biasa saja! bukan berarti aku harus jadi pasangan kamu. kalau kamu laki laki gimana? sedangkan aku laki laki pula.

artinya Teman aku sayang kamu. sama saja sih sebenarnya konotasi maknanya. dengan teman aku cinta kamu. [tapi kok agak jijai jadinya].

kata cinta sudah terkhusus untuk pasangan saja mungkin karena sering nonton/mendengar kisah Cinta Romantis maka kita tidak lagi ingin mengatakan Kalimat Cinta kepada selain pasangan.namun di ganti dengan kalimat Sayang.

aku sayang sama ibuku, aku sayang sama adiku, aku sayang sama temanku. DLL.

Aku cinta sama ibuku, Aku cinta sama adikku.

“Aku cinta sama temanku!” lalu teman temanku menjawab, “kitamah normal kali!”

“maksud gua.. gua”

“eddah jadi geli gua sama elo!”

“Woi Gua normal juga maksud gua ngak kaya gitu!”

“oek oek oek” teman ku m11ntah di comberan!

jadi di sekarang ini kita tidak mungkin lagi mengungkapkan cinta kepada orang yang bukan pasangan kita. apalagi kepada tean sendiri!

di luar negri sepertinya orang masih biasa mengatakan aku cinta sahabatku. [dengan maksud penyampaian dia sangat peduli/dia sangat bersahabat/dia sangat baik kepada temannya].

tapi di indonesia kita jangan mengatakan itu, karena orang akan salah paham!

# Kisah Cinta Panutan

Karena Cinta lebih condong ke pasangan maka kita bisa melihat contoh contoh cita sejati dari orang orang berikut ini

1. Bj Habibi dan Ainun

Kisah pak Habibi dengan Bu Ainun sangat Romantis hingga dijadikan Film. dan juga buku, ibaratnya jika seseorang bertemu dengan Pak habibi maka orang tersebut akan bertemu pula dengan bu Ainun begitu pula sebaliknya.

2. Mohammad hatta dan Siti Rahmawati/Rahmi Rachim

Wakil Presiden pertama indonesia ini termasuk seorang yang tidak romantis, dan istrinya jauh lebih muda darinya, namun pernikahan mereka Awet dan adem sejahtera. hingga akhir hayat.

3.Soeharto dan Ibu tin Suharto

Tidak bermaksud politik politikan tapi pasangan ini! Pak Soeharto dan Istriya termasuk pasangan yang setia satu sama lain hingga di akhir hayatnya.

4. Armand Maulana dan Dewi Gita

Artis ini tidak pernah terdengar berita miring dan sampai saat ini mereka masih tetap mesra sebagai suami istri yang setia. kita doakan semoga pasanagn ini dan juga semua pasangan lainnya tidak pernah goyah rumah tangganya.

6. dan Semua pasangan yang awet Lainnya

semoga aku dan dia  dan juga kamu dan dianya kamu! awet sepanjang masa sampai nanti di surga. karena hanya itulah satu satunya bukti cinta kepada pasangan yang sesungguhnya. OK mantul

semua pasangan di atas adalah suami istri, jadi Cinta sejati ke pasangan itu hanya berlaku untuk suami istri ya gais. orang pacaran tidak pernah bisa di buktikan Cintanya jika tidak dengan menikah lalu menjaga sampai Akhir Kelak.

Istilah Istilah dalam Cinta

Dalam cinta kita pasti sering mengucapkan istilah istilah yang terkadang kita tidak tahu menahu apa itu maknanya. seperti di bawah ini

Patah hati

Patah Hati adalah penyakit Emosional secara mendalam yang kita derita setelah mendapat kenyataan bahwa sesuatu terjadi dalam hubungan cinta, misalnya di selingkuhin atau di tolak cintanya dan lainnya.

Akibat dari patah hati : stress jika tidak kuat kuat, namun patah hati adalah hal biasa yang pernah menimpa siapapun, jadi hadapilah dengan biasa pula ya gaiis atau sewajarnya.

Sakit Hati

Sakit hati agak sama dengan patah hati. dimana seseorang mengalami penyakit emosiaonal karena keadaan tidak diinginkan yang di sebabkan oleh cinta

Akibat sakit hati : Sama dengan Patah Hati

Putus Cinta

Putus Cinta adalah berakhirnya hubungan Pacaran di sebabkan oleh apalah gak tau? tergantung masing masing pasangan yang mengalaminya. tapi ini sebenarnya gak penting, karena pacaran sendiri juga gak penting sih menurut Hematku. karena cewe banyak dirugikan karenanya.

Putus cinta berhubungan Erat dengan patah hati, dan keterkaitan sebab akibat. jika seseorang putus cinta maka dia akan sakit hati/patah hati karenanya. kenapa? karena imannya kurang bagus kali!

Akibat Putus Cinta : Patah hati-Stress-dan kurang tidur dan makan, kurang gaul dan kurang keren. selama beberapa waktu

Jatuh Cinta

Jatuh Cinta adalah Perasaan Tertarik kepada lawan jenis. Cowo ke Cewe dan sebaliknya. biasanya di sebabkan oleh hal tertentu! misalnya karena Cantik/Tampan, Kaya/Elegan, Pintar/Cerdas. bisa juga karena terbiasa bersama.

Akibat Jatuh Cinta : Kurang Tidur, Sedikit Lebay Dari Biasanya, Update status mulu DLL.

Jika kamu jatuh cinta pada seseorang maka berencanalah untuk menikah dengannya. dan jauhilah pacaran! karena gak ada manfaatnya.

Cinta Sejati

Cinta sejati adalah cinta Tuhan kepada Hambanya [Maha Cinta], Cinta Rasul Kepada Umatnya, Cinta Orang tua kepada anaknya, Cinta Suami kepada istri dan sebaliknya jika mampu bertahan sampai akhir hayat.

Artikel Tentang Cinta

Jika di atas adalah Makna Cinta dan penjabarannya. sekarang bisa kita lihat Artikel cinta yang bagus jika di baca dengan kepasangan.

Quotes Cinta

Kata Cinta Imam Syafi’i

Kata Cinta Islami dari Tokoh Muslim Dunia

Jangan Cintai Orang Yang tidak Mencintai Allah. Jika Allah Saja dia Tinggalkan. Apalagi Kamu [Imam Syafi’i]

Kata Cinta Buya Hamka

Kata Ikhlas di bawah sangat saya kagumi dari orang yang Aku kagumi pula

Ikhlas dan sejati akan bertemu dalam Senyum anak Kecil senyum yang sebenarnya senyum senyum yang tidak di sertai Apa apa [Buya Hamka]

Kata Cinta Sukarno

Kalimat cinta yang mengagumkan dari Proklamator tercinta

Laki-laki dan perempuan adalah seperti dua sayap dari seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; Jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali [sukarno]

Kata Cinta B.J  Habibie

Makna cinta dari sosok mengagukan

Cinta Tidak Berupa Tatapan Satu sama Lain. Tetapi Memandang keluar Bersama Ke Arah Yang Sama. [B.J habibie]

Kata Cinta Sukacerita. com

kata kata cinta dari Adamin Sukacerita.com

Cinta adalah cinta, seperti cinta yang menurutmu benar, Nanti Ketahuan Benar Apa tidaknya Akan di Jelaskan Oleh Waktu. [HZ]

Pesan Penutup / Kata Kata Cinta

Positif

Anggaplah Cinta itu sebuah Perasaan Yang positif Maka Berjalanlah Dengan Cinta di sertai dengan Perangai Positife. Karena yang baik itu tetaplah baik dan yang buruk tetaplah Buruk. HZ

Tidak Punya Cinta

Dengan Alasan Cinta kamu melakukan Hal yang tidak Semestinya. Itu artinya Kamu Tidak Sama sekali Punya Cinta. HZ

Kotak

Jika Cinta hanyalah sebuah Kotak, Maka kasih sayang kita masukkan kesana, Rindu Sudah Pasti Masuk kesana. dan Hal-hal negatif Kita Keluarkan Dari sana. HZ

Biasa

Biasa sajalah..! Karena Cinta Sudah Biasa membuat Orang Menangis, Sudah Biasa membuat Orang Tertawa. dan menangis dan tertawalah karena cinta Seperti seharusnya [maksud Ku gak usah terlalu di Lebay-Lebayin Yes Brother and Sister] HZ

Yang semestinya

Cinta, Mencintai, Di cintai, Bercinta, silahkan Kamu Pilih dan Letakkan Pada tempat Yang semestinya [seperti jangan Bercinta sebelum Menikah].

Nah Itulah Defenisi Cinta  menurut admin [Hasbiallah]. Jika teman ada yang keberatan dengan penjabaran ini silahkan berkomentar ya. jika saya setuju nanti saya Perbaiki.

Jika bermanfaat silahkan Bebagi. Jika Menurutmu tidak Bemanfaat maka baca lagi Artikel Lainnya mudah mudahan ada yang menurut Kamu Bermanfaat. [Emoji smile 3 biji]

Ket : HZ adalah Singkatan dari nama Admin di tambah nama Bapa Admin. yaitu Hasbizulkarni.

NB : Sumber sudah Di berikan di masing masing Sub judul. Dan Ada linknya.

Defenisi  Cinta dan maknanya Oleh : Hasbiallah Bin Waizulkarni.

" hasbi : Hasbiallah Bin Waizulkarni suka menulis pesan puitis yang seringkali tidak jelas di pesan cewe yang di sukainya. dulu! Kebiasaan itu di ubah menjadi menulis di kolom postingan website yang kamu baca sekarang ini. berupa puisi, Caption dan Juga cerpen!."