Cinta | Defenisi dan Maknanya

Diposting pada

Cinta di Zaman naw ini merupakan sifat ketertarikan kepada seseorang, Kepada Perilaku orang tersebut, Kepada Sosoknya atau kepada setiap hal yang Ada pada dirinya.

Tapi cinta Bisa juga Ketertarikan Kepada benda atau Mahluk selain Manusia. seperti kepada Peliharaanya, Kepada Lukisan yang bagus misalnya. atau lainnya.

Tapi apakah benar semua hal di atas coba kita Lihat referensi berikut.

Defenisi Cinta Menurut Wikipedia

Cinta Merupakan sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang.

Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.

sumber [Wikipedia]

Arti Cinta Menurut KBBI

cinta/cin·ta/ a

1 suka sekali; sayang benar: orang tuaku cukup Cinta kepada kami semua; Cinta kepada sesama makhluk;

2 kasih sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan): sebenarnya dia tidak Cinta kepada lelaki itu, tetapi hanya menginginkan hartanya;

3ingin sekali; berharap sekali; rindu: makin ditindas makin terasa betapa Cinta nya akan kemerdekaan;

4 kl susah hati (khawatir); risau: tiada terperikan lagi — nya ditinggalkan ayahnya itu;

sumber [KBBI]

Makna Cinta Pendapat Para Ahli

1. ames Drever

Cinta Adalah sebuah perasaan khusus yang berkaitan dengan kesenangan yang menyangkut sebuah objek.

2. Ashley Montagu

Cinta adalah sebuah perasaan memperhatikan , menyukai, menyayangi secara mendalam yang disertai rasa rindu serta hasrat kepada sebuah objek.

3. Abraham Maslow

cinta merupakan proses aktualisasi diri yang mana dapat membuat orangmelahirkan beragam tindakan-tindakan yang kreatif dan produktif. Karena adanya cinta, seseorang Bisa mendapat kebahagiaan, Saat orang tersebut mampu membahagiakan orang yang dicintainya.

4. Elaine dan William Waster

Cinta adalah suatu keterlibatan yang dalam serta diasosiakan dengan munculnya rangsangan fisiologis yang begitu kuat serta diiringi perasaan untuk bisa mendambakan pasangan serta keinginan untuk bisa memuaskannya melalui pasangannya tersebut.

5. Erich Fromm

Cinta adalah sesuatu yang aktif yang mana dapat memecahkan tembok yang menjadi pemisah dari manusia dengan teman-temannya, yang dapat menyatukan seseorang dengan orang lainnya. Menurutnya ada 4 unsur di dalam konsep cinta, yaitu:

  • Care = perhatian
  • Responbility = tanggung jawab
  • Respect = hormat
  • Knowledge = pengetahuan

6. Stenberg

Cinta merupakan sebuah kisah, yang mana ditulis setiap orang. Dimana di dalam kisah tersebut akan merefleksikan dari minat, kepribadian, serta perasaan seseorang kepada sebuah hubungan. Teori Stenberg yang sangat tekenal adalah mengenai segitiga cinta yang mana di dalamnya menjelaskan tentang:

  • Keintiman.
  • Gairah.
  • Komitmen.

Sumber [dosenpsikologi]

Cinta Menurut Sukacerita.com

Cinta Karena Nafsu

Cinta bisa saja tipuan dari sifat negatif manusia terhadap Lawan Jenis. Misalnya laki-laki keperempuan dan Sebaliknya.

Misalnya Ketertarikan Hanya berdasarkan Nafsu namun kita salah Tanggap, Menganggap Itu adalah ketertarikan Alami karena Cinta.

Yang seperti ini biasanya Hanya bertahan sejalan dengan Bagus Atau tidaknya Objek Nafsu terhadap lawan Jenis Tersebut. Misalnya Pasangan. Dan berakhir karena Bosan Yang Memuncak. dan tidak ada lagi alasan Lain yang mengikat Hatinya. Karena memang hanya Nafsu.

Cinta Karena Harta

Ada juga cinta Karena Harta dan terjadi karena seseorang Tertarik kepada Lawan Jenis Hanya karena melihat dari Megah/Elegan/banyak duit nya. Dan apabila si Objek yang dia cintai sudah Miskin Maka Tidak Adalagi alasan Yang memikat Hatinya. Lalu timbullah Bosan.

Cinta Karena Kasih Sayang Rindu Dan Juga Nafsu

Nafsu memang masih termasuk ya. Tapi karena di iringi Oleh Kasih Sayang. Rindu. Maka cinta yang seperti ini sulit di lupakannya. Jadinya Tidak Mudah Bosan. kira kira seperti itu.

***

Biasanya cinta kepada pasangan seperti di atas akan di selamatkan Oleh Tanggung jawab, jika hanya mengandalkan Nafsu dunia semata. maka cinta apapun yang kita miliki maka akan Pupus Karena tidak Adanya Tanggung Jawab Terhadap Pasangan. Misalnya Sebagai suami atau Sebagai Istri.

Sedangkan Pacaran Tidak Membutuhkan Tanggung jawab, karena Pacaran Adalah Ikatan Yang Lemah Dan Tidak Harus Ada.

Arti Makna Cinta Yang Sesungguhnya

Jika kita perhatikan Arti dan makna cinta di atas yang sudah Kita ambil dari berbagai sumber. maka kita tidak dapat menjelaskan apasih cinta Itu.!

Kita Hanya bisa meraba-raba menurut pendapat Masing Masing. dan tidak Ada penjelasan yang membuat kita Benar benar Yakin bahwa Arti cinta Itu adalah seperti ini [misalnya].

Tapi pasti ada yang berbeda menurut satu orang dengan orang lainnya.

Jadi Aku sendiri berpendapat Bahwa Cinta Itu hanyalah Sebuah Kalimat yang Tidak Pernah Memiliki Makna Yang tepat.

Jika rindu Artinya : Mengingat seseorang/sesuatu secara Mendalam. Bahasa Gaul nya Kangen.

Maka Cinta Artinya : Banyak dan bercabang cabang sehingga kita tidak tahu mana yang benar. Bisa Jadi Cinta adalah Kalimat Kosong yang Tidak Ada Maknanya. Atau mungkin Juga Artinya sangat Luas. sehingga kita Tidak tau lagi Cara mempersempit maknanya.

Bagaimana Menurut Kamu..?

Jika kamu punya pendapat tersendiri tentang arti cinta maka silahkan di Beberkan Di kolom Komentar ya..!

Quotes Cinta

Kata Cinta Imam Syafi’i

Jangan Cintai Orang Yang tidak Mencintai Allah. Jika Allah Saja dia Tinggalkan. Apalagi Kamu [Imam Syafi’i]

Kata Cinta Buya Hamka

Ikhlas dan sejati akan bertemu dalam Senyum anak Kecil senyum yang sebenarnya senyum senyum yang tidak di sertai Apa apa [Buya Hamka]

Kata Cinta Sukarno

Laki-laki dan perempuan adalah seperti dua sayap dari seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; Jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali [sukarno]

Kata Cinta B.J  Habibie

Cinta Tidak Berupa Tatapan Satu sama Lain. Tetapi Memandang keluar Bersama Ke Arah Yang Sama. [B.J habibie]

Kata Cinta Sukacerita. com

Cinta adalah cinta, seperti cinta yang menurutmu benar, Nanti Ketahuan Benar Apa tidaknya Akan di Jelaskan Oleh Waktu. [HZ]

Pesan Penutup / Kata Kata

  1. Anggaplah Cinta itu sebuah Perasaan Yang positif Maka Berjalanlah Dengan Cinta di sertai dengan Perangai Positife. Karena yang baik itu tetaplah baik dan yang buruk tetaplah Buruk. HZ
  2. Dengan Alasan Cinta kamu melakukan Hal yang tidak Semestinya. Itu artinya Kamu Tidak Sama sekali Punya Cinta. HZ
  3. Jika Cinta hanyalah sebuah Kotak, Maka kasih sayang kita masukkan kesana, Rindu Sudah Pasti Masuk kesana. dan Hal-hal negatif Kita Keluarkan Dari sana. HZ
  4. Biasa sajalah..! Karena Cinta Sudah Biasa membuat Orang Menangis, Sudah Biasa membuat Orang Tertawa. dan menangis dan tertawalah karena cinta Seperti seharusnya [maksud Ku gak usah terlalu di Lebay-Lebayin Yes Brother and Sister] HZ
  5. Cinta, Mencintai, Di cintai, Bercinta, silahkan Kamu Pilih dan Letakkan Pada tempat Yang semestinya [seperti jangan Bercinta sebelum Menikah].
  6. Lebih Banyak Lagi di Kata kata Cinta

Nah Itulah Defenisi Cinta  menurut admin [Hasbiallah]. Jika teman ada yang keberatan dengan penjabaran ini silahkan berkomentar ya. jika saya setuju nanti saya Perbaiki.

Jika bermanfaat silahkan Bebagi. Jika Menurutmu tidak Bemanfaat maka baca lagi Artikel Lainnya mudah mudahan ada yang menurut Kamu Bermanfaat. [Emoji smile 3 biji]

Ket : HZ adalah Singkatan dari nama Admin di tambah nama Bapa Admin. yaitu Hasbizulkarni.

NB : Sumber sudah Di berikan di masing masing Sub judul. Dan Ada linknya.

Defenisi Dan Makna Cinta Oleh : Hasbiallah Bin Waizulkarni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *