Ciri-ciri Cerpen Paling Lengkap

Diposting pada
Ciri-ciri Cerpen
Ciri-ciri Cerpen

Antara cerpen novel dan juga personal literature trdapat banyak kesamaan di antara nya sama-sama berbentuk cerita, dan sama sama berbentuk tulisan.

namun jika di lihat secara lebih dalam lagi maka terdapat banyak perbedaan juga, dan sekarang aku mau mengabarkan tentang ciri ciri cerita pendek dulu. dan untuk novel maupun personal literature nanti belakangan aku kabarin lagi.

berikut ini adlah ciri ciri cerpen supaya kamu bisa membedakannya dengan novel maupun personal literature

1. Ada Tokoh Permasalahan dan Penyelesaian

dalam cerpen novel maupun personal literaure, sama sama punya konflik unutk di selesaikan. jadi di bagian ini adalah ciri yang sama antara ke tiganya

2. Cerpen Lebih Pendek

Sesuai namanya cerpen merupakan cerita yang di tulis pendek. dengan jumlah kata sepuluh ribu kebawah.

jika ingin membuat cerpen menjadi sebuah buku, maka harus mengarang lebih banyak cerita. dan kesemuanya di gabungkan ke dalam sebuah buku.

Jika cuma satu cerpen dan ingin dijadikan buku maka bukunya cuma dua lembar doang. jadi percuma.

3. Gambaran Sang Tokoh Tidak Terlalu Komplit.

Dalam cerpen penulis tidak akan menjelaskan secara rinci tentang tentang tokohnya.

misalnya, umurnya, sikapnya, ambisinya, keluarganya, DLL

Jikapun dijelaskan maka hanya yang paling penting saja, yang paling sesuai dengan alur cerita. supaya cerita tetap bisa di cerna oleh pembaca.

Jika penokohan di tulis sekumplit mungkin, maka cerpen tersebut sudah menjadi novel. karena butuh banyak Kata/kalimat untuk menggambarkan satu tokoh saja.

4. Adegan Berfokus Kesatu Konflik Saja.

Konflik dalam cerpen hanya fokus ke satu kejadian saja, misalnya tentang seseorang yang jatuh dari motor, maka adegan dalam cerpen hanya menceritakan, awal dia berangkat naik motor, lalu melihat anak kecil, dan akhirnya dia menghindar lalu masuk ke c#mber@n.

jika menggabungkan banyak kejadian untuk satu konflik utama maka itu bisa panjang ceritanya, butuh banyak kalimat untuk menggambarkannya. maka lebih baik jadikan novel saja.

jadi semua adegan cerpen hanya bertujuan untuk konfik yang satu saja.

contohnya cerpen ibu nyamuk ini.

5. Cerpen Memakai kata yang Sederhana

Kalimat dalam cerpen tidak terlalu ribet, penulis biasanya hanya menggunakan kata kata yang umum di gunakan sehari-hari. yang paling mudah di mengerti oleh seluruh kalangan.

dan kata katanya simpel. tidak panjang lebar untuk membeberkan sautu adegan.

6. Memiliki Pesan dan Kesan.

dalam novel dan personal litteraturepun sama tetap ada pesan dan kesannya. jadi ini merupakan salah satu ciri ciri yang sama di antara ketiganya.

7. Cerpen biasanya dari cerita sehari-hari

Cerpen biasanya mengisahkan cerita sehari-hari. misalnya tentang anak kuliah, atau sekolah di tulis dalam satu kejadian saja dengan Struktur Cerpen yang baik. misalnya cerita berangkat sekolah naik motor lalu masuk c#mber@n.

Jika cerita fiksi biasanya lebih banyak di jadikan Komik. di banding cerpen. itu pendapat aku saja, mungkin teman punya pendapat berbeda.

8. Alur Cerita Jelas

sebenarnya ini merutku saja. karena aku pernah mengirim cerpen ke blog lain, dan admin blog itu bilang bahwa yang saya kirim itu bukanlah cerpen tapi curhatan.

dan setelah itu saya kirim cerpen lagi ke blog berbeda, dan dia bilang itu bukan cerpen tapi personal literature.

Nah setelah banyak belajar barulah saya mengerti bentuk cerpen yang sebenarnya. dan akhirnya saya menuliskan banyak cerita seru di blog saya.

hanya satu yang berbeda dari sebelumnya, Yaitu alur.! sekarang saya menulis cerita menggunakan alur. untuk lebih jelasnya lihat di Cara membuat Cerpen

Mungkin itulah sekelabatan ciri ciri cerpen versi sukacerita.com jika teman punya saran lain maka silahkan di ketik di kolom komentar.

jangan lupa berbagi ya..

Ciri-ciri Cerpen oleh Hasbiallah bin Waizulkarni

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *