Hal keren ini hanya ada di Nagari Saribu Rumah Gadang. gak percaya…?

Fakta unik peradaban di kaki gunung kerinci dan nagari saribu rumah gadang, gunung kerinci merupakan gunung aktif yang menjadi favorit bagi para pendaki dan pecinta alam indonesia bahkan dunia dan banyak hal yang terjadi di kaki gunung kerinci khusus nya di kabupaten solok selatan yang notabene gunung kerinci ini adalah kebanggaan masayrakat solok selatan  berikut fakta unik peradaban di kaki gunung kerinci.


Nagari Saribu Rumah Gadang>>
fakta unik peradaban di kaki gunung kerinci dan kabupaten solok selatan
saribu rumah gadang

Saribu rumah gadang adalah sebuah julukan yang di berikan oleh dr.moetia hatta beliau adalah putri dari proklamator indonesia yaitu nya Drs.muhammad hatta. moettia hatta pernah berkunjung ke solok selatan saat dia menjadi deputi dapertemen pariwisata.

Saat berkunjung inilah Dr.moetia hatta memberikan julukan saribu rumah gadang kepada daerah yang terletak di nagari koto baru. kec.sungai pagu. kab solok selatan ini. 

Di daerah koto baru sangat banyak rumah lonjong yang di sebut rumah gadang ini berjejer dan rata rata sudah berumur ratusan tahun dan sampai saat ini masih berdiri tegak. 

Rumah gadang memang memiliki keunikan tersendiri bahkan di belanda saja ada yang mendesain rumah nya seperti rumah gadang,seharus nya nagari saribu rumah gadang ini bisa di jadikan tempat wisata favorit. 

Selain sangat unik dan alam nya pun sangat asri dan indah dengan pemandangan pesawahan yang luas dengan background gunung kerinci.saya rasa wisatawan bukannya gak mau berkunjung ke sini hanya saja mereka gak tau,bahkan mereka gak pernah denger apa itu saribu rumah gadang.. gimana mau berkunjung denger aja gak pernah..

Sungai Dengan Ikan  Istimewa>>
fakta unik peradaban di kaki gunung kerinci dan kabupaten solok selatan
mbak cantik dengan ikan gariang/mahseer

Sungai sangir adalah sebuah sungai yang berhulu di kaki kerinci dan mengalir di sepanjang kabupaten solok selatan den bermuara di sungai batang hari.

Sungai sangir ini memiliki arus yang deras dengan bebatuan yang melimpah,sungai sangir ini di huni oleh ikan gariang (mahseer),bagi anda yang pernah berkunjung ke kolam pemandian gunung ciremai jawa barat,maka anda akan melihat sekumpulan ikan yang di sebut ikan dewa.

Tapi kalo di solok selatan orang orang biasa menyebut ikan ini ikan gariang, bagi warga solok selatan ikan gariang ini adalah ikan yang sangat gurih jika dijadikan bahan panganan baik di goreng maupun di gulai.

Hanya sampai disitu gak ada lagi yang spesial dari ikan gariang ini selain dari rasanya,tetapi jika saja orang orang tahu bahwa ikan ini adalah jenis ikan yang langka dan sudah sulit di temukan. 

Seharunya tidak ada orang yang jadi teroris yang merakit bom dan meledakkan nya di sungai sangir dan ikan-ikan penghuni sungai sangir mati terkapar adduh seharus nya itu tidak terjadi dan semoga tidak pernah terjadi.

Semoga warga sekitar sungai sangir bangga dengan kekayaan yang di milikinya dan menjaga sungai sangir beserta isi nya.tidak hanya sungai sangir, tapi solok selatan juga di aliri oleh banyak saungai seperti batang bangko di kecamatan sungai pagu dan masih banyak lagi sungai sungai yang lain nya

Kali Istimewa>>
fakta unik peradaban di kaki gunung kerinci dan kabupaten solok selatan
ikan bilis saudara nya ikan kapare

Selain sungai sangir dan batang bangko yang memiliki  keistimewaan karena ikan nya,solok selatan juga memiliki area pesawahan yang luas dan jarang mengalami kekeringan karena di sepanjang aliran sungai sangir terdapat sungai sungai kecil yang di sebut bandau (kali kecil sejenis got tapi airnya bersih). 

Nah dengan bandau inilah para petani mengairi sawah nya,selain untuk mengairi sawah,bandau ini biasanya di huni oleh ikan-ikan kecil sejanis ikan bilih (penghuni danau singkarak) ikan ini di sebut ikan kapare, ikan kapare ini memiliki rasa yang gurih dan enak jika di goreng, dan rasanya pun sama dengan ikan bilih

Ikan kapare ini cukup mudah dalam berkembangbiak dan biasa nya mereka selalu bergerombolan di sepanjang aliran kali,tapi sayang sungguh disayangbung orang orang tidak bertanggung jawab sering meracun nya dan ikan ini pun jadi susah untuk di temukan.

Biasanya orang menangkap ikan ini dengan menabur racun potas di hulu kali dan ikan kapare pun bergelimpangan mati keracunan.jika saja orang orang menangkapnya dengan baik tentu ikan ini bisa berkembang biak dengan baik,dan stok nya jadi melimpah maka solok selatan pun punya sesuatu yang bisa di banggakan, yaitu nya ikan kapare yang lezat yang hanya terdapat di sini.hehe.


Petani Kreatif Turun Temurun>>
fakta unik peradaban di kaki gunung kerinci dan kabupaten solok selatan
jika teliti anda akan menemukan tongkang di sawah ini

Selain memiliki ikan istimewa solok selatan masih memiliki ke istimewaan yang lain nya,yaitu nya cara bertani,warga di sini masih mempertahankan cara bertani tradisional, mereka masih menggunakan kerbau untuk membajak sawah.

Menurut mereka membajak sawah dengan kerbau hasilnya akan lebih bagus dari pada menggunakan traktor,dan suatu saat jika padi mereka sudah siap panen maka mereka akan membawa tongkang kedalam sawah.

Ya mereka menggunakan tongkang untuk memanen padi,karena tongkang bisa menampung padi dengan baik.cara nya adalah pertama tama harus menyiap kan layar, selanjutnya ikatkan layar anda pada tiang yang sudah berdiri menjulang pada body tongkang.

Maka tongkang anda sudah siap di pakai.anda harus hati hati jangan sampai tongkang anda bocor karena ini bisa berakibat fatal,ceklah bodi tongkang anda kalo ada yang bocor usahakan di tambal dulu sebelum anda memakai nya…!

Karena kapal tongkang akan mengarungi lautan luas jika bocor tentu anda tidak ingin sesuatu yang buruk terjadi…..!! 

Tetapi tongkang disini bukanlah seperti tongkang yang itu. karna tongkang ini hanyalah sebuah kotak kayu yang brukuran 1×1 m dan tingi 1m. layar nya mengunakan tikar yang di ikatkan pada empat batang bambu yang sudah di pasang di setiap sudut body nya.

Layar tikar berguna untuk menahan padi agar tidak berhamburan dan masuk kedalam kotak yang di sebut tongkang.sebelum padi di masukkan ke dalam tongkang batang padi harus di potong dulu menggunakan arit.dan setelah itu barulah nahkoda tongkang beraksi..

Indonesia Adalah Pulau Kelapa>>
fakta unik peradaban di kaki gunung kerinci dan kabupaten solok selatan
silahkan cari karambia condong pada gambar ini

Anda haus habis panen padi dan anda butuh minuman segar untuk mengembalikan kondisi anda. 

Jangan risau bung karena disini ada minuman yang lezat dan gratis ,gak usah bayar bro tapi lu harus manjat dulu ya, naik pohon kelapa dulu baru lu bisa minum bro.hehe.

Solok selatan memang kaya akan pohon kelapa setiap pematang sawah akan berjejer bebera batang pohon kelapa,jika di lihat dari ketinggian maka anda akan melihat sebuah dataran yang di penuhi pohon dan anda akan mengira itu adalah kebun sawit dengan background gunung kerinci.

Berbagai jenis kelapa ada di sini termasuk kelapa hijau(kelapa ini buah nya hijau)kelapa jenis ini pohon nya tidak terlalu tinggi hanya sekitar 3-4 meter dan buah nya tidak terlalu besar tapi kelapa jenis ini jarang di jual di pasar karena kelapa jenis ini cocok di petik saat muda karena air nya punya cita rasa yang tinggi. 

Dan sangat nikmat di minim ketika haus tiba.anda pernah minum hydrococo maka seperti itu lah rasanya.tapi kelapa hijau yang asli dan memiliki khasiat pengobatan itu saya tidak tau apakah kelapa yang ini atau bukan, setau saya kelapa ini buah nya hijau dan rasanya lebih manis dari kelapa yang lain.

Anak anak muda solok selatan menyebut kelapa ini dengan karambia mudo kalo di artikan kedalam bahasa indonesia menjadi kelapa muda.dan istilah yang cukup terkenal di solok selatan adalah karambia condong.

Karambia condong adalah sebutan untuk pohon kelapa yang pohon nya miring dan jika di jadikan pribahasa maka bisa di artikan dengan otak lo miring (sori jangan marah y kamu cantik deh) hehe..


Oh y sobat jika kamu ingin tau pariwisata bagus di solok selatan tempat wisata indonesia

Bahasa Unik>>
Fakta berikutnya adalah bahasa,di solok selatan orang biasa menyingkat dan merubah sebuah kata dan nama misalya seperti dibawah ini..

Harimau=Imau
Gunung kerinci=Gunuang kuinci
Kerbau=Kabau
Hantu=Antu
Beras=Bare
Semut=Samuik
Kelalawar=Kalalawaw

Dan masih banyak lagi kata dan  nama yang mereka ganti sesuai logat mereka,mungkin ini pengaruh dari cara berbahasa mereka yang cepat.

Sebenarnya semua masyarakat minang memiliki logat yang cepat dalam berbicara,begitu juga solok selatan mereka mengucapkan sesuatu sesuai dengan nyamannya mereka dalam mengucap kannya,bahkan nama orang pun jadi berubah dan meleset dari asli nya seperti dibawah ini..

Joni berubah jadi =Ijon atau jojok (jojok ini meleset jauh)
Soni berubah jadi =Ison
Rahmat berubah jadi=Amek atau amaik
Fitri berubah jadi=Ipit atau ipiah (ipiah meleset jauh)
Afri berubah jadi=Si Ap atau si Af (jangan harap di pangil afri)
Fawzi berubah jadi=Pozi (jangan harap di panggil fauzi)
Melia berubah jadi=Imel
Vera berubah jadi=Pera
Very berubah jadi=Peri (agak mirip logat sunda huruf V dan F akan berubah jadi P)
 
fakta unik peradaban di kaki gunung kerinci dan kabupaten solok selatan
warga: halo amek
ahmat: hey nama gua ahmad bukan amek
Seandai nya anda punya nama seperti di atas maka siap siap untuk ganti nama.

Karna di solok selatan nama seperti di atas bisa dipastikan akan meleset dari asli nya,sebenar nya masih banyak nama nama yang meleset

Namun menurut warga sekitar itu adalah hal yang biasa bahkan jika anda punya nama keren dan anda di panggil sesuai dengan nama asli anda.

Justru ini yang jadi terlihat aneh,misal nya nama kamu fitri, maka akan aneh jika kamu di panggil fitri (sudah pasti kamu di panggil ipit utau upit jangan ngimpi untuk di panggil fitri) haaadduh sebenarnya fitri adalah mpok saya tapi mau gimana memang sudah begitu kenyataan nya..!!

Dan masih banyak lagi fakta fakta menarik yang ada di solok selatan tapi untuk saat ini mungkin cukup sampai disini dulu artikel nya,di lain waktu kita bisa menyambung nya lagi. mohon maaf kalo ada bahasa yang kurang enak dan tengkiu udah mampir di artikel fakta peradaban di sepanjang aliran sungai sangir di kaki gunung kerinci kabupaten solok selatan ini. 

Semoga anda tertarik untuk berkunjung ke daerah ini karena disini tempat wisata nya juga keren keren gak kalah dengan daerah wisata yang lain di indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *