Hantu Palasik Pemangsa Bayi Di Sumatera Barat [Cerita Legenda]

Diposting pada
Hantu Palasik >> Yang punya anak bayi harus berhati-hati terhadap Hantu Palasik, jangan sampai buah hati kamu menjadi korban dari ilmu hitam yang sangat keji ini, Percaya atau tidak tapi itulah yang selalu dipercaya oleh masyarakat sumatera barat umumnya ibu-ibu.
 
Sumatera barat terkenal dengan makanannya yang enak.rumah gadang yang unik. dan Tempat-tempat wisata yang menawan.  

Namun ada satu hal yang orang jarang ketahui bahwa di ranah minang ada Cerita Seram yang sudah sangat melegenda sampai saat ini. 

yaitunya cerita makhluk seram berbentuk manusia namun makhluk ini hanya terbang menggunakan kepalnya berikut dengan organ-organ dalam tubuhnya.oleh msyarakat sumatera barat sendiri makhluk ini dikenal dengan nama “palasik” 

Makhluk yang di sebut palasik ini sebenarnya manusia normal namun karena memiliki ilmu hitam yang sangat tinggi makanya si manusia jadi-jadian ini bisa memisahkan tubuhnya dari kepalanya. 

Ada juga sebagian orang berpendapat bahwa orang yang menganut ilmu palasik merupakan ilmu yang diturunkan oleh orang tuanya atau bisa kita sebut ilmu turun tenurun..! sebagian lagi ada yang berpendapat bahwa ilmu palasik adalah sebuah penyakit yang sangat sulit untuk di obati…! 

Namun saya sendiri berpendapat bahwa jin/setan bisa mengubah pola pikir manusia menjadi sesat (jadi hati-hati y sob takut musyrik).

 
aneh tapi nyata ..!! ternyata di sumatera barat ada cerita hantu kepala terbang
aku mencari mangsaaaa

Siapa Korban Hantu Palasik ..?

Menurut cerita masyarakat sumatera barat bahwa makhluk aneh yang bisa membagi tubuhnya menjadi dua ini biasanya mengincar bayi untuk dijadikan korbannya, Dan ada tiga jenis palasik.

1.Memakan ubun-ubun bayi yang masih dalam kandungan
2.Memakan bayi yang masih rapuh sehinnga sakit-sakitan dan meninggal
3.Memakan bayi yang sudah dikubur
 
Jadi tidak heran jika ibu-ibu di sumatera barat sangat hati-hati dalam menjaga anak bayinya karena setiap ibu yang punya anak bayi pasti sangat mengerti akan bahayanya ancaman dari palasik ini. 


Berikut Ciri-ciri Anak Terkena Palasik.

  • Suhu badannya panas tinggi.
  • Gak berhenti-berhentinya menangis.
  • Kadang kejang-kejang.
  • Badannya menjadi kurus-kering. 

 

Nah inilah yang paling di takuti ibu-ibu di ranah minang,namun jika seorang bayi mengalami hal seperti diatas biasanya orang tua dari si bayi langsung membawa anaknya untuk berobat ke dukun atau orang pintar.
 
Tapi salahnya kebanyakan dari orang yang berobat ke dukun tersebut percaya sama sidukun dan pakdukunlah yang mengobati penyakit bayinya yang kena palasik(hati-hati y sob musrik itu bahaya).masuk neraka abadi lu sob hehe sory.
 
aneh tapi nyata ..!! ternyata di sumatera barat ada cerita hantu kepala terbang
kira-kira palasik mau ngapain yaaa

Apa Tujuan Hantu Palasik  ..?

Palasik/hantu kepala terbang merupakan Manusia yang memiliki ilmu yang sangat tinggi namun mereka memakan bayi bukan hanya untuk menambah ilmu.

Konon bayi tersebut juga untuk kesehatannya karena jika si setan palasik tidak memakan bayi dalam satu tahun maka tubuhnya akan menjadi lemas dan pucat. 

Mungkin itulah alasan si palasik untuk memakan bayi. 

namun ada juga yang menganggap bahwa palasik bisa memakan mayat bayi yang sudah di kubur dengan cara melakukan ritual-ritual tertentu dan setelah ritual selesai maka mayat bayi akan keluar dengan sendirinya tanpa harus merusak bangunan kuburan. (entahlah) 

Setelah itu barulah setan palasik membawa mayat tersebut untuk di santap. namun ada juga yang percaya bahwa sipalasik memiliki hubungan yang sangat akrab dengan palsik lainnya.  

Jika si palsik yang satu mendapatkan mangsa maka dia akan berbagi dengan palasik lainnya meskipun harus mengantarkan ketempat yang jauh. 

itu di karenakan jika setan palsik harus mendapat makanan dalam jangka waktu tertentu.! jika tidak maka dia bisa sakit dan mungkin juga mati, makanya dia mau berbagi dengan temannya agar gak cepat mati. (entah benar atau tidak yang pasti ini cerita legenda indonesia/ dan jangan sampai ente jadi musyrik y sob).
 

Cara Mengusir Hantu Palasik 

Setan palasik bisa di sebut juga dengan kanibal. ya karena dia makan daging manusia namun dia melakukannya denga cara yang ajaib dengan menggunakan ilmu hitam nya. 

Namun ada yang berpendapat bahwa cara mengusir setan palasik tidak dengan menjauhinya. justru harus dengan mendekatinya. contohnya seperti ni 

Ibu ratna sedang mengendong anaknya yang masih berusia belia dan tiba-tiba saja ada seorang nenek-nenek lewat di hadapannya namun buratna curiga kalo ternyata si nenek adalah seorang yang mempunyai ilmu palasik. nah makanya buk ratna menyalami nenek tersebut sambil bilang “ini cucumu” 

Menurut cerita masyarakat sumatera barat dengan cara mengatakan “ini anak mu/ini cucumu” 

Dengan mengatakan itulah si ibu bisa menangkal datangnya setan palasik agar anak bayinya aman dari kejahatannya. 

Sebenarnya setan palasik bisa mencelakai korbannya  hanya dengan menatap mata si bayi dan untuk menyedot,mengambil(saya bingung menulisnya) yang penting sisetan palasik bisa mencelakai seorang bayi dengan hanya melihat dan menegur sibayi. 

Tidak lama setelah itu barulah bayinya terkena penyakit palasik yang paling ditakuti tersebut. 

Makanya lebih baik lakukan cara seperti yang dilakukan ibu ratna ya bapak-bapak ibuk-ibuk karena konon cara itu sangat ampuh untuk mengusir palasik..!
 

Palasik Menurut Islam = Penyakit Ain

Dalam pandangan islam bahwa penyakit palasik yang disebabkan oleh setan palasik seperti cerita diatas sebenarnya sama dengan penyakit ain di mana bayi penderita ain selalu menagis gak berhenti-berhenti, suhu badannya panas,badannya kurus-kering dan jika sudah berkelanjutan maka bisa jadi bayi ini meninggal. 

Dalam islam sendiri penyakit ain ini bersumber dari penglihatan/pandangan seseorang kepada  sibayi dan pandangan tersebut di iringi oleh rasa kagum,namun bisa juga dengan rasa iri dan dengki,nah penyakit tersebut datang karena adanya campur tangan setan yang menyebabkan pandangan dan rasa kagum/iri/dengki tadi membuat si bayi menjadi penayakit ain. contohnya  :

Ibu ani dan ibu ana sama-sama mempunyai anak balita tapi anak ibu ani jauh lebih lincah dari pada anak nya ibu ana, dan pada suatu ketika kedua ibu ini berkumpul sambil meceritakan perkembangan anak-anak mereka >>>

Ibu ani : anak ku sekarang pintar banget dia lincah, dan udah mulai bisa ngomong senang sekali melihtat perkembangannya

Ibu ana : iya kalo anak ku sih memang agak lama perkembangannya bisa jalan aja setelah umur satu setengah tahun (ibu ana sambil menatap anaknya bu ani)

Perilaku ibu ana di atas bisa menyebabkan anaknya ibu ani terkena penyakit ain karena dia memandang anaknya ibu ani dengan di penuhi rasa iri.nah dengan campur tangan setan maka bukan tidak mungkin anaknya ibu ani terkena penyakit ain tersebut.

Kalo di lihat sekilas sih memang tidak mungkin namun semua hal diatas berdasarkan hadits shahih untuk lebih lengkapnya lihat di Sholihah.web.id
dan untuk mencegah penyakit ain ini bisa dengan cara sederhana dan seharusnya kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dengan memuji anak kita dengan sewajarnya dan tidak usah terlalu berlebihan dalam memujinya. karena penyakit ain bisa datang dari orang lain dan bahkan dari orang tuanya senediri.

Jika orangtua selalu memuji anaknya didepan orang yang  akan menyebabkan orang tersebut dengki terhadap anaknya maka ketika orang lain tersebut menatap anak ini diiringi rasa dengki maka itu bisa mengakibatkan anak terkena penyakit ain. 

Bisa juga karena orang tua yang terlalu mengagumi anaknya dengan pandangannya sendiripun bisa mengakibatkan anaknya terkena penyakit ain. dan penyakit ain ini juga disebabkan campur tangan iblis y sob (karena ilmu agama saya masih dangkal maka cuma sampai disitu saya taunya).

Inti Dari Semua Artikel Ini Adalah

1. Setan kepala terbang =  palasik =  penyakit ain
Jika anda beragama islam maka cobalah untuk lebih mempercayai apa yang sudah di ajarkan agama dari pada apa yang selalu didongengkan  / cerita seru melegenda.

2. Setan kepala terbang = jin berubah jadi manusia membuat manusia berfikir yang aneh-aneh dan jadilah cerita yang gak tau darimana asal usulnya (akibatnya musyrik sob).
bisa juga sperti ini 

Beberapa hari yang lalu si anu meninggal dan tadi malam kami melewati kuburannya dan tiba-tiba di kuburan keluar asap, setelah itu keluar pocong yang melompat-lompat menuju rumah nya.

Jika  diperhatikan cerita diatas memang biasa saja namun jika kita samakan dengan cerita “palasik” bisa dikatakan ini adalah cerita yang sama. yaitunya cerita seorang yang berubah menjadi setan.nah  pocong ini sendiri adalah seorang manusia yang telah meninggal dunia dan kembali hidup kedunia dalam bentuk pocong(kalo anda muslim maka jangan pernah percaya ya sob).

lu tau gak kalo orang yang sudah mati itu tidak akan pernah bisa kembali lagi ke dunia ini kecuali dengan izin allah (seperti cerita aslina, cari di google dengan kata kunci “aslina”). lu tau gak bro kalo setan itu bisa merubah wujudnya menjadi manusia (kecuali menjadi nabi muhammad). nah karena setan itu hidupnya hanya untuk menyesatkan umat manusia maka dia akan melakukannya dengan cara apapun termasuk dengan menjadi pocong. seperti dibawah ini

Si anu meninggal seminggu yang lalu dan setelah tiga hari sianu meninggal maka seoarng setan/iblis/jin merubah wajahnya menjadi si anu dan nongkrong di kuburannya si anu tersebut. sehingga setiap orang yang  lewat di kuburan tersebut akan melihat si anu hidup kembali dan berubah menjadi setan. 

Kita harus paham ya. bahwa yang mirip dengan si anu itu adalah setan beneran. sedangkan si anu sendiri menuju ke alam yang sudah disiapkan oleh yang maha kuasa yang di sebut dengan alam barzakh atau alam kubur. 

Jadi orang yang sudah berada di alam barzakh tidak akan bisa kembali lagi ke dunia ini. ya sob (untuk lebih jelasnya baca alquran ya sob) 
kalo gak cari aja di google ayat tersebut karena saya bukan ahli agama. makanya saya gak hapal ayatnya. 

Saya nulis seperti ini karena saya tau bahwa musyrik itu termasuk dosa besar dan susah untuk di ampuni makanya kita jangan sampai terjerumus ya sob.

Kembali ke cerita setan palasik. Bahwa setan palasik adalah sebuah cerita legenda yang kita tidak boleh langsung percaya begitu saja. lebih baik kita menilai sesuatu berdasarkan pandangan agama ya sob. 

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat untuk saya,dan semoga bermanfaat juga untuk Kamu yang membaca artikel hantu palasik ini.
Hanti Palasik Oleh Habiallah Bin waizulkarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *