HOAX dan Pengertiannya Dalam Bahasa Indonesia

Diposting pada

HOAX itu. makanya sebelum baca berita lebih baik lihat dulu referensinya. apakah Terpercaya Atau hanya Berita Isapan Jempol Doang..!!

Mungkin kita sering melihat komentar di Facebook,Instagram dan lainnya Sepert di atas. biasanya komentar seperti  itu di Facebook Maupun Instagram.

Tapi Apasih Hoax Itu..

HOAX Jika kita translate dari Bahasa Ingris ke bahasa indonesia maka berarti “Berita Palsu” atau bisa juga “Berita Bohong” yang biasa di tulis oleh pihak tertentu untuk mengelabui Masyarakat Umum.

Atau seseorang yang menulis sebuah berita dan Keterangan Palsu untuk menarik simpati masyarakat dengan Tujuan Tertentu. [Biasanya untuk Keuntungan Kelompok Maupun Pribadi].

Jadi seperti itulah Pengertian HOAX menurut Sukacerita. com.

Contoh Berita HOAX dan faktanya

Kita tidak bisa menjabarkan berita Apa saja yang HOAX di saat ini. namun kita bisa melihat petunjuk dari Berita yang sedang Kita Baca. Ciri cirinya Seperti dibawah.

1. Tidak ada Solusi

Berita Yang mengandung Unsur HOAX biasanya tidak ada solusi yang bisa di ambil dari berita tersebut. dan Penulis/Pemberita Hanya menjabarkan Sebuah Kejadian/Keadaan. lalu menambahkan unsur Emosional didalamnya.

Jika kamu membaca sebuah berita lalu kamu merasa Kesal terhadap apa yang sedang di beritakan, Maka cobalah di teliti lagi, Apakah berita itu Memperalat Emosi Kamu dan Kita Semua. untuk melakukan tindakan-tindakan Tertentu.

Biasanya berita seperti ini Membiarkan Kita memilih Untuk Marah Atau Tidak. dan tidak mengarahkan Pembaca untuk Sedikit bersantai dengan Solusi. Lebih Tepatnya tidak Ada Solusi..!

2. Fakta Negatif

Berita HOAX biasanya membeberkan sebuah Kejadian dan hanya memberitakan Fakta Negatifnya. Lalu Di tambahkan dengan Konflik konflik yang Tidak Pernah Ada.

Atau Memanfaatkan Sebuah Kejadian. Lalu mensetting Kejadian tersebut suka-suka dia [si pemberita]. dengan menambahkan Unsur unsur yang Menjangkitkan Emosi.

Lebih parahnya bisa saja Kejadian Positif yang di setting sedemikian Rupa seolah-olah menjadi Negatif. dan kita yang mengkonsumsi Berita Itu jadi terjangkit Penyakit Emosi yang Berujung Debat tidak Berkesudahan.

Menyudutkan Satu Pihak

Berita HOAX adalah bentuk ketidak sukaan satu kelompok ke kelompok Lain, atau satu orang Ke orang Lain.

Dan karena ke tidak sukaan tersebut maka dibuatlah sebuah berita Palsu untuk Memojokkan Kelompok/Orang yang tidak Disukai.

Nah Berita yang dibuat itu Biasanya seperti Diatas yaitunya Memancing Emosi Masyarakat. Dan Akhirnya membenci Kelompok/Orang yang Di beritakan.

Hal ini Bisa juga karena Persaingan Bisnis/Politik de el el.

Nah jika ada berita yang hanya menyebutkan dua kelompok yakni Kelompok A dan Kelompok B. Maka dalam berita tersebut Kelompok A adalah “Kelompok Jahat” dan Kelompok B adalah “Kelompok Baik”. maka jangan di baca bertita Tersebut. Karena hanya akan membuat Kamu Emosi.

Sudah Pasti isi berita tersebut Milik Si kelompok A yang sedang memojokkan si Kelompok B. Atau Sebaliknya. Apapaun Isi Beriat Tesebut Maka tidak akan Ada Solusi di dalamnya. Tapi Malah Bikin Emosi.

Berita yang Membuat Kita Baper [Negatif]

Baper adalah Bawa-bawa perasaan. nah jika kita membaca berita lalu perasaan kita tersangkut olehnya. maksudnya kepikiran terus Akan berita tersebut.

Mungkin Karena Cemas, Takut, Benci, Atau perasaan Negatif lainya. Maka Lebih baik segeralah Cari sumber dari Berita Tersebut.

Jika sumbernya Tidak Jelas maka silahkan Berbahagia. Karena Berita Tersebut Hanya settingan Yang di buat buat. Seperti orang Membuat Novel. dan Dikarang oleh Profesional. yang membuat berita itu seolah olah nyata. Padahal Palsu.

Sumber Tidak Jelas

Sebuah Berita biasa di buat dengan Cara Apapun Baik dengan Sumber maupun Tanpa Sumber Relevan.

Misalnya sebuah berita tentang Tokoh tertentu. Jika Sipemberita menyampaikan keseluruhan perkataan Tokoh tersebut tanpa mengurangi dan melebih lebihkan. Maka bisa di kataan itu berita Yang bagus.

Tapi jika Si Pemberita Mengambil Hanya beberapa kalimat yang di sampaikan sang Tokoh. Lalu di campur adukkan dengan hal hal yang tidak Jelas. Maka bisa jadi Itu berita HOAX. yang bermaksud Buruk.

Atau bisa juga sebuah berita Tentang Tokoh A Tapi yang memebri keterangtan Adalah Si B Lalu si C dan Si D.

Maka jangan di nikmati berita yang sepert itu. Karena Sumber yang seharusnya Si A. Kok Mengambil Keterangan dari si ,B,C, Dan D. kan gak Penting..

Thumbnail Gambar Wajah yang sedang Berekspresi Jelek

Saya sering menemukan Gambar Tokoh di Thumbnail [Gambar di dekat Judul] Situs Situs Berita. di mana gambar Tokoh Tersebut sedang berkespresi Jelek.

Memang sih itu Foto Asli Bukan editan. tapi menurut saya pribadi itu adalah Video yang di screenshot. Dimana Mimik Wajah Tokoh pas sedang dalam Keadaan Jelek.

Maka Bacalah Isi dari Berita tersebut.. kemungkinanya sedang Membeberkan Aib sang Tokoh. Atau bahkan Bukan Aib. tapi di buat buat sendiri oleh si pemberita. untuk Menjelek-jelekkan Tokoh Tersebut.

NB :

Saran dari Sukacerita..! Jika Anda ingin Uptudate terhadap berita berita saat ini maka Lihatlah Berita yang Anda Baca. apakah itu Bersumber dari Dari Fakta atau hanya berita Fiktif.

dan Kurang kurangilah Berdebat. Bisa jadi kita terbawa suasana ingin berdebat disebabkan Karena emosi sehabis membaca atau mendengar Berita HOAX.

Artikel Tentang Berita Hoax Lainnya dari Situs Berbeda

Kaskus : Ciri-ciri Hoax (perlu baca agar tidak gampang dibodohi)

Wikipedia : Berita Bohong

Untuk penjabaran saya di atas silahkan Di komentar dibawah ya.. Jika ada kesalahan Penulisan saya Mohon Maaf.

HOAX dan pengertiannya Oleh Hasbiallah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *