Jenis Usaha Pertanian Masyarakat Solok-Selatan Yang Paling Efektif

Jenis usaha pertanian>> kabupaten solok selatan terkenal dengan masyarakat dengan usaha pertaniannya karena daerah ini memang sangat subur. jarang sekali terjadi kekeringan disini maka dari itu mata pencaharian utama masyarakat solok selatan adalah bertni sawah selain karena tanahnya yang subur didaerah ini juga di kellilingi oleh banyak sungai sehingga cukup gampang untuk mengairi sawah. dan kebanyakan masyarakat disini masih memakai cara tradisional dalam menggarap sawah mereka seperti berikut.

usaha pertanian masyarakat solok selatan yang paling efektif
panorama pesawahan solok selatan
fotografer by febri irwandi / andhi88

. Bertani dengan memanfaatkan tenaga kerbau
kerbau memang masih digunakan oleh kebanyakan petani indonesia. begitu juga dengan masyarakat solok selatan ini.  kerbau masih menjadi andalan utama untuk membajak sawah. karena kualitas tanah akan lebih bagus jika dibajak menggunakan tenaga kerbau dibandingkan menggunakan trucktor. 

pematang sawah yang mulus 
membersihkan pematang sawah memang sangat berpengaruh untuk mencegah banyaknya hama yang akan menyerang lahan sawah anda salah satu hama yang paling berbahaya adalah tikus sawah. jika pematang sawah anda tidak di bersihkan maka hasil panen anda nanti akan menurun. dan kualitas padi nya juga akan jelek. solok selatan memiliki area pesawahan yang berbentuk kotak-kotak jadi akan sangat banyak pematang yang harus di urus.

Menyiang padi
tahap berikutnya. menyiang padi jika padi anda sudah berumur sekitar 1 bulanan maka anda harus membuang para rumput liar di sekitar padi anda. karena rermputan ini akan menghalangi tumbuh kembang padi itu sendiri. kalo di solok selatan sendiri menyiang padi biasa di lakoni oleh ibu-ibu dan mereka bisanya membuat kelompok tani dan bekerja sama dalam mengurus sawah mereka secara bergantian.
Memanen padi dengan alat tradisionil
pada artikel sebelumnya saya pernah menyebut yang namanya tongkang dan alat ini digunakan untuk memanen padi. pertama anda potong dulu batang padi menggunakan arit. setelah itu susun dengan rapih. dan barulah buah padi di pisahkan dari batangnya dengan cara membanting batang padi yang sudah di susun tadi. maka padi akan di tampung oleh tongkang yang berbentuk kotak segi empat ini. dan terbuat dari kayu jangan lupa tonkang anda dikasih layar ya.
 
jika padi anda sudah selesai dipanen sekarang saatnya kita memulai  lagi dari awal seperti kronologis di atas. namun ada juga yang mencoba mengadu peruntungan dengan mengganti sawahnya dengan berkebun cabai beberapa petak sawah akan diganti fungsinya dengan menjadi kebun cabai.
dalam membangun kebun cabai ini membutuhkan sedikit mental. karena cabai tidak selamanya berharga tinggi. dan anda harus siap rugi karena untuk mebuat kebun cabai yang sehat anda harus mengeluarkan biaya/modal yang lumayan besar. jika tiba waktu panen tetapi harga cabai di pasaran sangat murah maka bukan tidak mungkin untuk merugi. tapi hal sebaliknya juga sangat mungkin terjadi jika harga di pasaran sangat mahal. dan anda bisa meraup keuntungan berkali-kali lipat tentu anda senang bukan memiliki usaha pertanian yang menguntungkan. dan bagi masyarakat disini. semua itu sudah sangat biasa terjadi ada yang mendadak kaya karena berkebun cabai.dan ada juga mendadak miskin alias rugi. 

berikut kronologis berkebun cabe dan usaha pertanian disini

. Membuat petak 
petak adalah gundukan tanah memanjang. yang nantinya berguna untuk media untuk menanam cabai ini adalah cara satu-satunya bagi masayarakat solok selatan dalam membuidayakan perkebunan cabai. mungkin di tempat lain ada yang memakai polibag dan itu ide yang cukup bagus menurut saya. tapi daerah sini belum ada yang mencoba seperti itu. nah petak yang tadi dibuata akan di taburio pupuk. dan setelah itu baru di tutup pake/ terpal khusus untuk tanaman cabai. dan nantinya plastik tadi akan di lobangi pake kaleng susu yang di panaskan. setelah itu barulah media petak bisa di tanami cabai.

Menyiapkan bibit untuk di tanami
setelah petak jadi tentu anda juga telah menyiapkan bibit cabai yang akan ditanami di petak tadi. cara menyiapkannya adalah.
pertama-tama anda harus menyediakan lahan yang sudah di gemburkan untuk menyiapkan bibit cabai yang berkualitas. bibit ini dalam bentuk biji cabai yang nantinya akan di tabur pada media tanah yang sudah di gemburkan tadi, pilihlah bibit unggulan yang sudah jelas kualitasnya tunggulah bibit tumbuh hingga 15 centimeter. setelah itu baru bisa dipindah kan ke media petak yang sudah tadi disiapkan. 

Merawatan anak cabai
setelah bibit cabai di pindahkan ke media petak maka di saat inilah anda harus merawatnya secara ekstra dan harus di sirami setiap pagi,dan sore hari agar anak cabai dapat tumbuh dengan sehat. anda harus mengecek tumbuh kembangnya setiap hari jika ada yang layu maka anda harus menggantinya. dan di anjurkan juga untuk menyemprotkan faksin rutin sekali seminggu.

Masa pertumbuhan cabai
dalam masa pertumbuhan inilah kita bisa mengetahui apakah usaha berkebun cabai anda bisa menguntungkan atau tidak. kalao daerah solok selatan ini orang berkebun cabai tidak pernah benar-benar bisa menebak apakah akan menghasilkan buah yang bagus atau tidak. karena banyak sekali penyakit atau hama cabai yang menyerang. yang paling banyak terjadi adalah, penyakit keriting. daun cabainya tidak melebar. tapi justru mengeriting dan mengakibat kan pohon cabainya tidak tumbuh maksimal. dan buahnya jadi boncel-boncel. gak jelas bentuknya. kalo sudah begini biasanya para petani cabai sudah pasrah. meskipun harga di pasaran mahal tapi cabai anda gagal dalam berumbuh. ini bisa disebut juga dengan merugi.

Cabai dewasa
anda benar-benar bisa tenang jika cabai anda sudah tumbuh dewasa karena tidak perlu lagi merawatnya secara ekstra. jika cabai anda tumbuh sehat. yang anda perlukan hanyalah memetik cabai anda sekali seminggu. biasanya di petik sehari sebelum hari pasar. jika hari pasarny hari rabu. maka cabai anda harus dipanen pada hari selasa begitu juga pada minggu berikut nya. nikmatilah duit yang mengalir deras ke kantong anda. tapi itu jika anda beruntung apalagi harga cabai lagi mahal akan berbeda dengan hal berikut ini.
cabai anda terserang hama. kalo masyarakan sekitar menyebutnya penyakit goriang (bahasa indonesianya goreng). penyakit goreng ini sangat menyebalkan. karena cabe anda akan mengering sendiri di pohonnya. dan bentuk nya jadi jelek dan gakhelas. ini tentu membuat anda bete sekali. jika harga lagi bagus bagusnya dan cabai yang sudah bersusah payah dalam mengurusnya eeh malah berpenyakit. tentu ini ngak di inginkan oleh petani cabai manapun. 
 
usaha pertanian masyarakat solok selatan yang paling efektif
kebun cabai

nah itulah beberapa kronologis usaha pertanian cabai di solok selatan dan kemungkinan berhasilnya memang tidak terjamin 100% karena banyak hama yang harus anda bereskan. tapi semua itu tentu ada solusi dan obatnya. untuk mengetahui solusinya. maka bolehlah kita searching di google karena penulis di blog ini bukanlah ahli dalam berkebun cabai. dan hanya melihat apa yang sering terjadi di sekiran penulis. termasuk pengalaman sendiri. kalau anda pengen tau lebih jelasnya ceksaja di gamaperta.com untuk melihat bangunan rumah gadang ratusan tahun cek di di solok selatan cek di bangunan legendaris sumatera barat

dan masih banyak lagi usaha pertanian andalan masyarakat sungai sangir solok solok selatan seperti berkebun karet. kebut kopi. dan kulit manis (kayu manis). tentu berkebun kopi dan kebun karet memiliki hasil yang lebih menjanjikan.

terimaksih sudah membaca artikel jenis usaha pertanian masyarakat solok selatan ini. semoga bermafaat sobat.tengkiu ..!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *