Kata Mutiara Bijak Untuk Inspirasi Hidup bermakna mendalam

Kata mutiara bijak yang bisa menjadi rujukan untuk teman jadikan status Facebook maupun Caption Instgram, otwsangir telah menyiapkan kata kata yang paling Beken unutk teman semua.

Kata mutiara bijak ini Boleh unutk teman jadikan sebagai status BBM maupun WA. namun harus teman pastikan bahwa teman menggunakan kata mutiara bijak disini dengan tujuan yang baik.

Kata mutiara bijak Islami, cinta sejati, tentang semangat hidup dan lebih banyak lagi bisateman temukan di bawah ini. maka langsung deh di cek saja. sampai habis..

Kata kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan

gambar kata mutiara
Gambar kata mutiara si kaya dan miskin

Tenang

Ingat ibadah itu menenangkan ya..

Laksanakanlah Ibadah Sholat, sebenarnya tidak ada yang lebih tenang selain dari mengerjakannya jika mengerjakannya dengan Ihklas.

Keresahan

Alquran itu tempat memenangkan diri yang nyaman juga loh.

“Berpegang teguhlah pada Alquran, Karena keresahan yang disebabkan oleh kehidupan Semua Akan terbantu jika kita memahami kandungan Ayat Alquran

Tulus

Jika kita sealalu istighfar maka biarkan saja resah pergi tanpa kita sadari

“Cobalah beristighfar dengan tulus, dan rasakan keresahan yang pergi karenanya..

Remeh

Abu Bakar As Siddik Mengatakan tidak  Boleh menganggap remeh dosa sendiri.

“Menganggap remeh dosa sendiri, merupkan salah satu dosa yang terburuk _ Abu Bakar As Siddiq

Ihklas

Sedekah bukan membuat miskin ya gais Justru dengan sedekah akan membuka pintu rezeki.

“Bersedekah dengan ikhlas akan memberikan kebahagiaan pada diri kita sendiri, dan bonusnya pintu rezekipun terbuka karenanya.

Pahami

Kebahagiaan dunia itu hanya kayak gitu gitu aja sih gais. aku sih sering berfikir kaya gitu.

“Jika kita pahami bahwa duniawi bisa menjauhkan kita dari kebahagiaan Yang Hakiki.

Berusaha

Jadi kita harus berjuang menjadi Manusia yang lebih baik secara terus menerus ya gais.

“Allah akan memberikan hadiah kepada Hamba yang di kehendakinya, dan tugas kita adalah berusaha untuk menjadi hamba yang Allah kehendaki itu.

Indah

Beribadah itu indahbanget kalau kita menikmatinya dengan khusuk

“Berhenti membanggakan dosa, dan cobalah untuk meresapi  indahnya ibadah

Prasangka

Jadi kita ngak boleh berprasangka yang tidak tidak ya. ngapain, mendingan yang positif positif aja ya gak..

“Jauhilah prasangka buruk, jika  kita sendiri tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi

Resapi

Jika kita berfikir lebih jauh maka kita bisa mengerti..

“Cobalah resapi perbedaan keresaahan dengan kebahagiaan, maksudnya antara duniawi dengan ibadah.

Keresahan

Kita terlalu berharap seperti ini dan seperti itu, ingin ini dan ingin itu. jadi Pusing ya gaiss

“Berhijrah menjadi yang lebih baik, tidak alasan untuk tidak melakukannya, karena kita tahu akan keresahan dunia terahadap diri kita sendiri

Baca juga : kata kata bijak islami untuk wanita

Kata Kata Bijak singkat

Gambar kata bijak
Gambar kata kata bijak singkat

Pelajari Alquran

Dari Alquran kita bisa mempelajari semua hal. Termasuk tentang ke hidupan.

“Lakukan saja apapun yang kamu mau, nanti juga kamu akan tahu mana yang terbaik, tapi kamu  ingin tahu lebih Cepat maka Pelajarilah dari Alquran

Berlalu

Seharusnya Kita Muve on ya, dan jangan terlalu berlarut larut

“Biarlah semua yang terjadi berlalu dan berakhir, tapi semua harus kita awali lagi dengan yang lebih baik.

Hebat

Ketika seseorang sok hebat maka Jangan percaya ya, karena kebanyakannya seperti dibawah.

“Orang hebat tidak pernah selalu merasa dirinya hebat, namun ia merasa ada yang kurang dalam dirinya yang terus ia perbaiki lagi

Alasan

Jadi jalanin aja, gaka usah kebanyakan mikir sih

“Lakukan saja semua yang harus dilakukan tanpa harus mencari alasan untuk menghindarinya

Pura pura

Kali kamu belum ketemu dengan kedua tipe orang di bawah berarti main kamu kurang jauh kali..

“Terkadang orang cerdas ber pura-pura tidak mengerti, di saat orang lain mulai banyak bicara, tanpa mengerti apa yang ia bicarakan

Bijaksana

Perjalanan hidup itu selalu ada pelajaran yang bisa kita ambil darinya yes gaiss.

“kita akan menjadi bijaksana setelah mendapat banyak pengelaman, dari pelajaran hidup

Bijak

Jadi ketika dia tidak perlu ngomong ya dia selaw aja, tapi ada kalanya dia dia sepert di bawah.

“Orang bijak tidak banyak bicara tapi melakukan yang seharusnya ia lakukan. dan mengingatkan untuk sesuatu yang orang lain harus lakukan..

Tidak Perlu

Jadi sebenarnya kita harus bertanya kepada diri sendiri

“Jika mau datangilah orang bijak, dan tanyakan usaha apa baik untukmu, namun tidak perlu, jika kamu sudah menyakan padahatimu sendiri.

Kata Kata Mutiara Cinta Sejati

Gambar kata kata
Gambar kata mutiara cinta sejati

Menikah

Menikah itu ada hadiahnya loh…

“Bukti Cinta yang paling indah adalah menikah, lalu lahirlah anak anak yang lucu sebagai hadiahnya..

Keluarga

Jadi bekeluarga itu bisa bikin nyaman ya

“Tidak ada yang lebih nyaman dari pada keluarga, yang merupakan bentuk cinta yang paling nyata

Menemani

Jadi kalo sudah cinta sama orangnya Maka akan seperti di bawah

“Cinta yang semua orang  mau adalah cinta yang mau menemani dalam keadaan apapun, karena yang terpenting adalah dianya, bukan yang lainnya..

Tidak Tahu

Aku ngak tahu ya, makanya jangan tanya..

“Mencitai itu tidak perlu karena ini dan itu, cintailah dia karena kamu sendiri tak tahu, kenapa sampai jatuh cinta sama dia..

Biarkan saja

Ini seperti perjalanan sebuah cinta

“biarkan saja cinta itu mengalir, bahkan hingga dihampiri bosan, namun akan di tolong oleh komitmen dan tanggung jawab, hingga pada akhirnya kamu jatuh cinta lagi pada orang yang sama…

Berarti bukan

jadi ini juga sama seperti perjalanan sebuah cinta yang sebenarnya ya gais.

“Cinta tidak selalu harus di mengerti dan tidak penting untuk selalu di pahami, tetpalah menjalani hubungan hingga akhir hayat, jika tak mampu berarti itu bukan cinta..

Yang Aku tahu

Jika sudah cinta ya udah pasti jadinya Seperti berikut

“Aku ingin kamu mengerti bahwa aku mencintaimu, dan aku tidak perduli baik atau buruknya di mata orang lain, tentang masa lalu tentang perilaku. yang aku tahu aku mencintaimu, dan ingin menikahimu..

Kata Kata Bijak Bermakna Mendalam

Gambar Kata kata bijak
Gambar kata bijak bermakna Mendalam

Ilmu

semakin dewasa berarti kita semakin belajar

Hidup itu di jalani dengan ilmu, karena dari bayipun kita sudah harus punya ilmu, di mulai dari belajar tersenyum, berkedip-kedip ,dan membalikkan badan. maka di hari dewasa kita butuh lebih banyak ilmu agar lebih banyak mampu. dan tidak kosong.

Bicara

Apa yang kita bicarakan sesuai dengan Pengalaman ya.

“Bicaralah Bukan karena asal tau tapi karena pernah mengalaminya, dengan tujuan membantu bukan karena membangga.

Hati lapang

Jangan Gampang Bete ya sebaiknya kayak di bawah

“Hidup itu tak terasa mudah bagi yang berhati sempit, tapi hidup terasa indah bagi yang berhati lapang..

Lakukan

Marilah kita melakukan hal baik dan tidak Harus membuli orang yes gaiss

“mari kita lakukan apa yang seharusnya kita lakukan. bukannya membicarakan apa yang telah orang lain lakukan

Milik Allah

Kadang kita terlalu sombong sih dan lupa seperti di bawah

“Hidup ku milikku hidupmu milikmu, ternyata Bukan. karena Kita Milik Allah

Sampai nanti

Cayoo gais jangan patah semangat ya

“Apapun yang terjadi ternyata hidup harus tetap berlanjut, kita harus hadapi itu, sampai nanti Allah Memanggil..

Satu Kali

ibadah harus maksimal ya, supata Allah pun sayang

“Ingatlah hidup itu cuma satu kali, mari kita gunakan untuk memaksimalkan ibadah.

Kata Mutiara Bijak tentang Kesedihan

Gambar kata kata bijak
Gambar Kata bijak kesdihan

Biarkanlah

Jika sedih maka kita bisa menimatinya asal jangan terlalu lebay . Tapi kalalu marah harus di Buang ya Jangan di nikmati

“Kesedihan adalah hal yang bisa di toleransi maka biarkanlah, dan amarah adalah musuh yang tidak bisa di toleransi,maka hapuskanlah..!

Kuatkan

Banyakin berdoa itu memang ampuh loh asalkan sungguh sungguh

Kesedihan yang mendalam ada banyak jalan untuk mengobatinya, salah satunya dengan berdoa, Ya Allah kuatkanlah Hamba..

Di Nikmati

Jika kesedihan datang maka jangan di Bikin lebay, Tapi nikmati saja seperlunya..

“tidak ada yang lebih penting dari pada kebahagiaan, meski telah di perjuangkan namun kadang kesedihan tetap saja datang, maka biarkanlah karena kesedihanpun, kadang ia ingin di nikmati..

Hujan

Saat sedih berakhir maka ada sebuah rasa indah yang datang

“kesedihan adalah hujan. karena setelah hujan dunia akan terasa indah dan bersemi.

Tidak Mau

Kebahagiaan kita sendiri yang mencarinya

“Hidup dalam kesedihan. tapi bukan..! karena kita sendiri yang tak mau menggapai kebahagiaan

Ingin

Ketika air mata bertanya maka kau tidak bisa menjawabnya

“Airmata selalu bertanya, kenapa aku kau teteskan, tapi aku tak menjawabnya, karena ia sendiri yang ingin menetes.

Punya Hati

Ketika bersedih lalu menangis mungkin Kelanjutannya seperti berikut

“Biarlah air mata itu menjadi bukti. bahwa aku masih punya hati..

Alasan

Terlalu sayang kali ya makanya dibuat bersedih olehnya..

“Aku tidak punya alasan kenapa aku bersedih, Mungkin alasan yang paling tepat adalah, karena aku terlalu sayang..

Tutupi

Ketika bersedih maka pura pura bahagia aja ya

“Tutupilah kesedihan agar orang yang menyayangimu tidak ikut merasakan, namun tunjukkanlah kebahagiaan agar ia ikut mersakan.

Memaksakan

Kadang unutk melupakan kesedihan harus berusaha keras

“Kadang kita harus bangkit dari kesedihan, walaupun dengan memaksakan untuk melakukan  hal yang bermanfaat

Hal Kecil

Di mulai dari hal kecil aja dulu

“ku ingin kamu melakukan hal kecil yang kau teruskan, lalu kau nikmati hingga kesedihanmu hilang, hingga sedihmu berganti dengan senyum termanis yang kau tunjukkan.

Kata Mutiara Bijak Cinta Sejati

Gambar kata mutiara Bijak
Gambar kata kata bijak Cinta Sejati

Mampu

Bikin pasangan kamu bahagia ya

Cinta yang membawa kebahagiaan adalah cinta yang mampu menjaga hati pasangannya.

Ladang Kebahgiaan

biar Panennya mantap maka seperti berikutlah

“biarkan hati menjadi ladang kebahagiaan, dengan menyenangkan hati pasangan

Ketulusan

Berusaha tulus aja ya

“Jika kamu mencintai seseorang dengan tulus, maka cinta tersebut pasti akan di balas dengan ketulusan pula.

Cinta Sejati

Jika kita sudah berusaha sebaik mingkin maka dapat jodohnya juga yang baik baik

“Cinta sejati datangnya dari dia yang selalu berusaha untuk memantaskan dirinya menjadi cinta sejati

Kejujuran

Gak usah main main ah, mendingan jujur jujur aja.

“Dalam cinta sejati tidak ada permainan melainkan,  kejujuran dan komunikasi yang baik

Menjalin Cinta

kita harus seperti di bawah ya, anatara aku dan kamu

“Saling menjaga hati, memiliki prinsip dalam hubungan, hal itulah yang di butuhkan dan menjalin Cinta sejati.

Tindakan

Kadang Perbuatan lebih bisa membuktikan

“Cinta Sejati bukan dari yang kita katakan, melainkan dari tindakan yang kita lakukan untuk pasangan

Kebosanan

Saat mencintai karena nafsu saja maka Akan seperti kata di bawah

“Cinta Sejati Tidak akan kalah  oleh kebosanan, tapi jika hanya nafsu, maka kebosananlah yang akan menghancurkan

Bersama

Bersama lebih penting apapun keadaanya

“Cinta sejati akan dirasakan oleh kedua hati yang selalu memiliki keterikatan hati, bahagia dan sedih bersama.

Tuntutan

Jangan minta Aku jadi yang aneh aneh ya, Karena aku gak bisa

“Tidak ada yang di tuntut oleh cinta sejati, kecuali meminta kita untuk menjadi diri sendiri

Kata Mutaiar Bijak Tentang Rindu

Gambar kata kata
Gambar kata kata mutiara rindu

Menyampaikan

kadang saat aku rindu aku percaya kamu pun juga rindu

Rindu menyapa hatiku dan rindu itu pula yang menyampaikan bahwa kamu saat ini Pun sedang Merindukan aku

Menghindar

hatiku nakal dan ya udah aku biarkan saja

“Kubujuk hatiku agar dia mau mengalihkan perhatiannya dari wajahmu, namun hatiku tak mau mengalah, dia tetap bilang bahwa dia tak ingin menghindar dari bayanganmu

Pesan Hujan

lagi lagi hatiku, ya udah aku biarkan saja

“Entah pesan apa yang disampaikan oleh Hujan gerimis ini, seolah dia berbicara “hey dia juga sedang merindukamu” dan dia tidak bicara padaku tapi pada hatiku.

Kebahagiaanmu

kamu bahagia maka aku juga

“I miss you, jangan lupa ibadah. dan jangan berdoa untuk ke bahagiaanmu. karena dengan kebahagiaanmulah aku juga bisa merasa bahagia.

Mengajarkan

makanya aku maunya dekat dekat kamu saja

“Aku Seringkali merasakan rindu terdalam padamu, dan rindu itu pula yang mengajarkan, agar aku tidak usah jauh jauh darimu..

Kamu Sendiri

Obat rinduku ya kamu sendiri, makanya aku disini terus. dari pada ntar rindu lagi…

“Hanya karena kamu aku bertahan disini, karena aku tau merindukan kamu itu bukanlah hal yang mudah, jika bukan kamu sendiri yang mengobatinya..

Bukan Kamu

Ya elaaah kasihan amat

“Mantan tidak usah dirindukan karena dia punya kerinduan yang berbeda, dan itu bukan kamu…

Bisa

yang ini kasihan juga pake banget

“Tersiksalah hatimu karena merindukan dia yang tidak merindukanmu, tapi aku paham bahwa kamupun bisa membuat dia merindukanmu, seperti yang kamu rasakan padanya saat ini.. berjuanglah kawan..!!

Pertanyaan

Jadi berusahalah ya gaiss, pasti bisa

“Jangan tanya dia kenapa dia tidak merindukanmu, tapi tanyakanlah dirmu semdiri, kenapa tidak bisa membuat dia merindukanmu..

Pulang

Jadiin Istri maksudnya

“Buatlah hatimu untuk dia rindukan, dan menjadikan hatimu sebagai rumahnya tempat dia nanti pulang.

Kata Mutiara Semangat Hidup

Gambar kata Mutara Bijak
Gambar kata kata bijak Semangat Hidup

Lemah

janga cepat menyerah ya

“karena sedikit hambatan kamu sudah menyerah, kita tercipta tidak untuk menjadi selemah itu..

Hayalan

Ngehayal itu sama saja dengan BoBo ya. bakanya Bangun

“Bangunlah dari tidurmu, maksudnya bangunlah dari semua hayalanmu, sekarang bertindak lah.

Hanya diam

Tindakan itu lebih baik dari pada ngimpi

“mimpi itu tidak akan menghasilkan apa apa jika hanya diam tanpa ada tindakan.

Terasa Indah

nikmati perjuangannya dengan senang hati

“Hidup itu dijalani, bukan di sesali, apapun pilihanmu, apapun keadaanmu, apapun rintanganmu, jalanilah semua… jika kita nikmati.! maka semua juga akan terasa indah..

Menyiksa

jangan mengeluh deh.

“Berhentilah mengeluh, karena keluhan itu yang sebenarnya menyiksamu..

Keajaiban

jadi kalo diam diam aja maka keajaiabannya males nyamperin.

“Lalu apa lagi yang harus aku lakukan..?? apapun bisa kamu lakukan, karena tidak ada keajaiban yang bisa merubah keadaan, kecuali karena usahamu sendiri, dan ingat keajaiban itu datangnya dari tuhan, kepada orang pilihan yang tidak gampang menyerah.

Buang

Bersyukur ya. dan ngak mau mikirin yang aneh aneh, karena kalo pengen mobil sport ya harus ada yang di perjuangin buat mendapat kannya

“Ku jaga Semangat hidupku dengan menikmati semua yang ada,dan membuang jauh jauh hal yang semu belaka…

Kata Bijak Berkarya

Gambar kata Mutiara Bijak
Gambar kata kata Mutiara Berkarya

Buat Aku sendiri [Hasbiallah]

“Saat Ingin update artikel, maka bukalah websitemu dan mulailah menulis postingan baru. lebih baik tidak memikirkan banyak hal sebelum menulis jika terlalu banyak pikiran maka  tidak akan ada yang jadi satupun…

Keresahan

Berkaryalah untuk hasil yang indah, jika kamu berkarya hanya untuk uang, maka tidak ada yang bisa menjamin kebahagiaan mu, termasuk uang. bisa bisa uang itu yang menjadi sumber keresahan

Pujian

“Dalam berkarya kita tidak butuh pujian, justru kita membutuhkan Ujian. bahkan cemoohan

Trendi

“Berkaryalah dengan hati, bukan karena trendi, dan semua karya trendi itu tercipta karena dibuat dengan hati.

Keren

“Dia yang tidak begitu keren akan menjadi keren jika sudah menghasilkan karya yang indah.

Setengah

“Teruslah berkarya jikapun sekarang belum menghasilkan apa apa, namun pada akhirnya semua akan berubah juga, kecuali jika kamu bekarya hanya setengah setengah.

Tidak Kamu Lakukan

“Tidak usah berfikir bahwa  kamu tidak akan bisa berkarya sebagus  mereka, karena merekapun tidak akan bisa melakukan yang  seperti dirimu lakukan. hanya saja kamu tidak melakukan apa-apa.

Jangan Pisahkan

“Berkarya dan berjuang, dua hal tersebut tidak bisa di pisahkan.

Kebetulan

“berkaryalah seindah mungkin, dan jangan percaya akan kebetulan terkenal.

Kata Penyemangat Bekerja

Alasan

“selalu ada alasan untuk menghindari pekerjaan,  namun alasan itulah yang akan menyulitkan kamu

Usaha Sendiri

“Kesulitan akan datang, jika melakukan sesuatu tidak sesui dengan prosedur, tapi kamu bisa menciptakan prosedur menyenangkan, asalkan itu usaha kamu sendiri.

Memulai

“Tidak usah takut untuk memulai, karena tidak ada satupun yang bisa membantumu, jika tidak kamu sendiri yang mengawalinya.

Raksasa

“Semangat yang kita punya Akan di telan oleh raksasa malas, dan kita hancurkan raksasa itu dengan Senjata optimis

Percuma

“Pilihlah pekerjaan yang paling baik menurutmu, dan pastikan menjalaninya dengan sungguh sungguh, karena tanpa kesungguhan kamu akan percuma memulainya dari awal

Mudah

“Pekerjaan yang mudah sekalipun tidak akan mudah jika kamu tak ada niat melakukannya.

Bahagia

“iklaslah mengerjakan sesuatu, agar kamu sendiri bahagia mengerjakannya.

Terlihat Mudah

“Jangan percaya tentang pekerjaan orang lain yang terlihat mudah, jika kamu ceritakan tentang pekerjaanmu padanya, bisa jadi dia mengatakan bahwa perkerjaanmu lebih mudah

Sungguh sungguh

“Lalu apa lagi yang kamu mau, bukankah pekerjaan adalah ibadah, maka bekerjalah dengan hati yang sungguh sungguh.

Pertanyaan

“Sekarang bertanyalah pada hatimu, Pekerjaan apa yang paling mudah..? Maka dengarkan jawaban dari hatimu dengan seksama.. Tidak ada yang benar benar mudah bukan.??

Hobi

“Pekerjaan terbaik adalah perkejaan yang kamu lakukan sambil bermain, yaitunya menekuni hobi, dan itu juga di sebut pekerjaan, dan tidak ada pekerjaan yang tindak menghasilkan…

Kata mutiara bijak untuk Motivasi Bisnis

Memulai

“Yang paling penting iyalah memulai, maka Mulailah Berbisnis dari sekarang, tanpa harus menunggu keajaiban.

Suka

“Kerjakan sesuatu yang paling kamu sukai, dan dalam berbisnis ini akan mempermudah jalanmu, karena kamu sendiri menyukainya, jika terjadi sesuatu kamu sendiri akan senang hati memperbaikinya.

Bisa

“Yakinkan hatimu bahwa kamu bisa, dan putuskan kepada hal yang kamu mau/mampu. dan mulailah bisnis mu tanpa ragu.

Jatuh

“Persipakan dirimu untuk jatuh, karena untuk bangkit dari keterpurukan itulah yang paling sulit dalam berbisnis.

Luas

“Berfikirlah secara luas, karena bisnis adalah tentang semua hal yang ada pada banyak orang.

Kritik

“Jangan benci mereka yang mengkritikmu, karena kritik merupakan rekomendasi terbaik untuk meng evaluasi pekerjaanmu

Unggul

“Jika perlu belajarlah dari keunggulan pesaingmu, dan secara positif unggulilah taktik mereka.

Kata mutiara bijak tentang Semangat dan Motivasi

Gambar kata Mutiara Bijak
Gambar kata Mutiara Bijak Semangat

 

Ajak

“Semangat tidak akan selalu mengikutimu, tapi kamu yang harus selalu mengajaknya

Kamu Sendiri

“Jangan salahkan siapapun atas ketidak semangatanmu, karena kamu sendiri yang tidak mau bersemangat

Semangat

“Kandungan yang terdapat dalam semangat adalah, ketenangan,keikhlasan,kebahagian, dll. maka pastikanlah agar dirimu dalam keadaan yang selalu bersemangat

Berwarna

“Tetaplah menjadi pribadi yang selalu bersemangat, dengan begitu keadaan di sekitarmu akan menjadi lebih berwarna

Menunggu

“Dengan pribadi yang penuh semangat, maka semua orang akan selalu menunggu kehadiranmu.

Pembawa Bahagia

“Dengan pribadi yang penuh ceria, percayalah bahwa kamu adalah pribadi pembawa bahagia.

Kemudian

“Jangan tunggu keajaiban, karena dengan memulai maka semangat akan datang kemudian.

Penghambat

“Jangan terlalu menikmati hayalan, karena hayalan adalah hal semu yang bisa menghambat semangat juang.

Sekarang

“Jadi kapan kita harus bersemangat..?? sekarang juga..!!

diri sendiri

“Siapakah yang paling kita butuhkan gara selalu tetap bersemangat..?? dirimu sendiri..!!

***

sampai disini dulu kata mutiara bijak nya teman namun kamu bisa melihat Caption yang lebih banyak lagi pada blog otwsangir, kata kata diatas hanya sebagai contoh saja.

jika teman tidak menemukan kata kata mutiara bijak yang benar benar pas maka boleh merangkai kalimat bijak tersebut versi dirimu sendiri.

Kata Mutiara Bijak Oleh Hasbi Zulkarni

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *