kebudayaan paling unik di minagkabau ada di solok selatan.. gak percaya..?

budaya unik di minang kabau terdapat di Kabupaten solok-selatan yang merupakan kabupaten baru di indonesia karena daerah ini dahulunya bergabung dengan kabupaten solok yang bertetangga dengan kota padang. 

tetapi setealah melalui proses yang panjang maka berdirilah kabupaten baru yang di sebut solok selatan. dimana kabupaten ini berpintu gerbang danau kembar,alahan panjang kabupaten solok. 

nah jika anda pernah mengunjungi danau kembar alahan panjang. maka tinggal selangkah lagi anda bisa sampai di kabupaten solok-selatan yang memiliki alam yang indah di kaki gunung kerinci ini

10 hal unik yang hanya ada di kabupaten solok-selatan
rumah gadang solok selatan by febri irwandhi

ada banyak hal unik yang bisa kita temui disini, tidak hanya udara sejuk dan alam yang asri saja. namun masih banyak hal-hal unik yang bisa anda temukan disini seperti

UMUM
isi dari kategori umum ini tentang kehidupan sehari-hari atau musim-musim tertentu yang biasa menurut masyarakat setempat. sedangkan sangat asing bagi orang yang baru mengenal daerah ini. seperti dibawah ini.

1.layangan lenggok

layang-layang yang bernama asli layangan pitala ini sebenarnya unik dan berseni tinggi.

karena layangan ini bisa melenggok dengan gerakan yang halus dan enak untuk dilihat, kalo di lihat dari segi bentuk sebenarnya layangan ini gakjauh beda dengan layangan lainnya. bodynya mirip dengan layangan peteng. 

tetapi layangan ini memiliki buntut yang panjang kira-kira sepuluh meteran.dan buntut panjang inilah yang menjadi khas layangan pitala ini.karena saat dia mengudara maka layangan ini akan melenggok ketika benangnya di ulur.dan buntutnya ini akan mengikuti grakan lenggoknya.

cara menikmati bermain layangan ini adalah dengan mengulur benangnya. 

ketika benang di ulur maka layangan ini beraksi dengan melenggok dengan anggunnya. dan buntutnya yang panjang akan mengikuti irama lenggoknya. dan itu sungguh menyenangkan sekali loh bapak-bapak ibuk-ibuk..! 

tapi untuk memainkannya kita tidak butuh angin yang terlalu kencang. jika anda tinggal di sekitaran pantai maka layangan ini tidaklah cocok untuk daerah seperti itu. 

karena hembusan anginnya terlalu kencang, kita hanya butuh angin yang sepoy-sepoy dan cara mengecek angin yang sepoy-sepoy adalah dengan melihat gerakan daun nyiur/kelepa. kalo bahasa solok-selatannya di sebut “batang kambiu” . 

apakah anda kenal jack sparrow ..??

y dia adalah teman saya..!! dan teman saya ini adalah seorang kapten kapal hebat yang hanya memiliki kompas untuk mengetahui arah dan tujuanya untuk berlayar.

nah begitu juga batang kambiu ini. jika anda ingin mengudarakan layangan anda maka terlebih dahulu anda mengecek daun kelapa untuk melihat arah angin dan barulah anda bisa melepas layangan lenggok ini. 

karena solok selatan daerah pegunungan yang memiliki angin yang santay dan tidak terlalu kencang maka layangan ini sangat cocok di daerah ini seperti ini

namun ada satu hal yang cukup mengerikan karena layangan ini juga bisa berakibat fatal. 

anda pernah lihat anak-anak kecil yang sedang menguber layangan putus membawa sebilah tongkat sambil berlarian mengejar layangannya.dan siapa yang mendapatkan layangan putus tadi dialah yang menjadi pemiliknya. 

tetapi itu tidaklah berbahaya karena mereka anak kecil.
kalo disolok-selatan tepatnya di desa sungailandeh-padangaro.sangir. orang orang dewasalah yangbermain layangan dan jika layangannya putus maka tidak seorang pun yang berhak mengambil layangan tadi. 

sipemilik akan meminta kembali layangannya. jangan sekali kali anda mengambil layangan orang karena bisa saja anda di golok (waduh bahaya bung), tapi gak separah itu juga sih hanya saja ini pernah kejadian..!

sebenarnya itu cukup beralasan karena untuk membuat layangan lenggok ini tidaklah mudah, butuh keahlian khusus untuk membuatnya, meraut bambunya harus sangat hati-hati dan ukuran rautannya harus sangat pas. jika salah-salah layangan anda tidak bisa mengudara.

layangan ini tidaklah setiaphari dimainkan. karena layangan ini di rancang khusus untuk acara ngabuburit saat ramadhan tiba. 


seminggu menjelang bulan puasa. maka beramai-ramai lah anak muda sampai yang tua mencari bambu yang berkualitas bagus untuk dijadikan layang-layang.”ingat kualitas bambunya harus bagus y” jangan pakai bambu muda karena gampang meleot dan layangan anda jadi gembel dan jelek. 

nah saat hari pertama di bulan puasa mulailah layangan ini bertebaran dilangit nanbiru amat banyak menghias angkasa (eh malah nyanyi). biasanya jam 4 samapai waktu berbuka tiba. itulah saat yang tepat untuk mengudara.

sebenarnya nama asli layangan ini bukanlah layangan lenggok. orang-orang di solok selatan menyebutnya lang-alang pitala. kalo di artikan kedalam bahasa indonesia menjadi “layangan pitala”. saya menyebutnya layangan lenggok karena layangan ini ahli dalam berlenggak lenggok. saya percaya anda bisa jatuh cinta ketika melihat lenggoknya.

For Your Info:
layangan pitala hanya ada pas bulan puasa saja biasa di mainkan ketika sore hari menjelang berbuka puasa.

kerenkan bapak-bapak ibuk-ibuk permainan sekaligus seni budaya solok selatan ini. tapi adalagi nih sesuatu yang keren di daerah sini yaitunya.

2.memetik durian (manunyian duwen)
maunyian duwen>> kalo dilihat dari kosa katanya terlihat sedikit aneh, tapi ini sebenarnya bahasa indonesia yang di selewengkan oleh warga solok-selatan. bahasa aslinya adalah “menghuni durian”, atau kita bisa menyebut penghuni durian

dia bisa jadi mbak kuntilanak atau om gendruwo. karena merekalah yang biasa menghuni pohon-pohon besar seperti pohon durian yang ada di solok-selatan

hal-hal unik yang hanya ada di kabupaten solok-selatan
batang durian
tapi santay sajasih gak usah takut juga karena maksud dari kata maunyian duwen/menghuni durian ini adalah. 

menunggu buah durian yang jatuh dari pohonnya.lebih tepatnya adalah memetik buah durian secara alami. 

nah saat musim durian tiba maka setiap kebun durian. pasti akan dibangun saung kecil. dan di saung inilah penghuni duriannya bersemedi ketika malam tiba. 

sambil ngopi-bareng sama temen-temennya. dan ketika terdengar suara “gedebug” dan saat itulah semua orang yang tadinya anteng sambil curhatan-curhatan, langsung berhamburan keluar . 

mencari dari mana arah bunyi suara gedebug tadi.kenapa bisa begitu…?? y karena kita kan menghuni durian jadi kalo ada terdengar gedebug pasti berhamburan lah. karena yang menyebab kan bunyi gedebug adalah si buah durian yang sudah matang dan jatoh sendiri dari pohon nya.

sesuai judul artikel saya gak bisa mastiin ya kalo cara memetik durian seperti ini hanya ada di solok-selatan. 


tetapi kalau di solok selatan sendiri. cuma inilah satu-satunya cara untuk memanen buah durian. karena di sini pohon durian tinggi semua. pohonnya hampir mustahil untuk dipanjat. 

kecuali memakai bantuan alat. misalnya tali.atau menyewa superman yang bisa terbang. atau mungkin spiderman dia kan bisa lompat menggunakan jaringnya. 

tapi sayangnya daerah ini gak ada superheronya. makanya orang-orang memetik buah durian dengan cara membiarkan buah durian matang sendiri di pohonnya. jika sudah matang toh dia juga bakal jatoh sendiri. kita tinggal nunggu aja di bawah sambil ngopi-ngopi cantik.

memetik durian ala solok-selatan ini sangatlah seru. biasanya kita membawa beberapa teman. bisa sampai 5 orang bahkan lebih. dan lebih seru lagi kalo diadakanya saat malam hari. siap-siap begadang deh lu. jangan lupa sediain kopi, rokok,cemilan,kain sarung,jaket,tapi gak usah bawa sabun y.!! tar lu nyari kali lagi.

tapi jika kamu tidak punya kebun durian. kita boleh menggu durian orang lain. tinggal minta izin aja dan lakukan kesepakatan dengan sepemilik kebun. tapi sama orang yang sudah dekat juga ya. misalnya kebun paman kamu, atau kebun bapaknya temen kamu, jangan sampai kebun orang yang sama sekali gak kamu kenal.. 

untuk duriannya sendiri solok-selatan memiliki durian yang beraneka ragam jenisnya. dan rata-rata mepunyai cita rasa yang tinggi. untuk saya pribadi sih selama berada di tanggerang saya belum pernah mencicipi durian yang seenak durian solok-selatan. 


kan biasanya suka dikasihtu ama tetangga kontrakan. kadang juga beli di pinggiran jalan tapi rasanya masih kurang nampol bung. masih kalah ama durian pak etek saya(pak etek = paman).

menarikkan sobat  sensasi memanen durian ala solok-selatan ini.selanjutnya hal unik di daerah ini yang tidak bisa di temukan di tempat lain adalah.

BUDAYA
ranah minang sangat terkenal dengan kentalnya adat budaya mereka. begitupun solok selatan, daerah ini sangat keren sekali kalo masalah budaya. karena masyarakatnya mencintai budaya mereka. seperti dibawah ini

3.suasana ranah minang jaman dahulu

sebenarnya semua daerah di sumatera barat masih bisa menikmati suana kental adat minang nya, karena semua orang minang masih memegang teguh adat budaya peninggalan jaman dahulu. 

tapi di solok-selatan ada yang lebih menonjol lagi yaitunya bangunan bangunan yang ada disini. 

bangunan yang sudah ratusan tahun pun masih di jaga ke asriannya dan itu tidak hanya satu atau dua.tapi ratusan bangunan. dan itu terdapat di semua daerah solok selatan. yang paling banyak adalah di kecamatan sungai pagu. dan bangunan ini di sebut rumah gadang.disini kita bisa melihat bnyak rumah gadang yang terlihat sudah tua. tapi masih berdiri kokoh dan ada penghuninya.
hal-hal unik yang hanya ada di kabupaten solok-selatan
minang zaman dahulu

selain bangunan legendaris nya. cara berbahasa masyarakat solok-selatan juga kental dan agak kesulitan sekali untuk mengucapkan bahasa indonesia. 


bukan karena gak bisa,dan bukan karena gak mengerti. bisa berbahsa indonesia dan sangat mengerti bahasa nasional ini. tapi logatnya memang terlalu berbeda. dan jadi sulit untuk mengutarakan sesuatu dalam bahasa indonesia.

 jika anda bercakap-cakap dengan orang asli sini maka terimalah kenyataan.karena mereka akan meladeni kamu dengnan bahasa tardisionalnya. bukan tidak menghargai anda hanya saja orang asli solok-selatan akan marasa aneh sendiri dengan logat berbahasa indonesianya yang agak aneh. 

dan mereka lebih memilih berbaha tradisional saja karena jauh lebih nyaman dari pada harus memaksakan yang mereka sulit melakukannya. tapi tenang aja bapak-bapak ibuk-ibuk meskipun masyarakat sini menggunakan bahasa tradisonalnya tetapi saya percaya bahwa anda masih bisa mengerti ucapannya karena bahasa tradisional akan oplos dengan bahasa indonesia. 

selain bahasa tradisional disini anda bisa menemukan kesenian yang sudah turun -termurun dan sampai sekarang masih tetap di jaga dan masih sering di adakan pertunjukan-pertunjukan kesenian tradisional ini.

4. seperti randai
hal-hal unik yang hanya ada di kabupaten solok-selatan
aksi randai di panggung
randai adalah kesenian tradisional minang yang berbentuk senitari dimainkan secara berkelompok dengan membentuk lingkaran.

sambil melangkah secara berlahan dan suatu ketika anda akan mendengar suara brush-lee tapi jangan salah sangka dulu mereka tidak bermaksud meniru-niru brush-lee. 

kayaknya si brush-lee deh yang meniru gaya randai ini.hehe becanda bro. ini hanya kebetulan saja kok. toh randai ini sudah tercipta dari jaman kapan kali..!! sebagai orang minang asli saya sangat mengagumi tari randai ini. jujur saja saya bisa merinding saat menikmati pertunjukannya.


5. berikutnya rabab
hal-hal unik yang hanya ada di kabupaten solok-selatan
rabab legendaris
rabab adalah salah satu alat musik gesek yang mirip biola. 

dan diiringi oleh seorang vokalis cewe. dan si penyanyi biasaya melantunkan pantun dalam berbentuk lagu. 

jadinya berbalas pantun gitu deh dengan si penggesek rababnya juga ikut bernyannyi. rabab ini sering dimainkan di acara nikahan.

ciri khas rabab adalah alunan musik yang mendayu-dayu yang diringi si penyanyi dengan lagu sedih berbentuk pantun, bisa juga berbentuk cerita.penggemar rabab ini biasanya ibu-ibu dan bapak-bapak. dan entah kenapa anak muda kurang meminati seni musik rabab ini.

6. tari piring
hal-hal unik yang hanya ada di kabupaten solok-selatan
mbak cantik lagi nari piring
kalo tari piring sih sudah tidak aneh lagi di indonesia. karena yang bukan orang minag saja sering memainkan tari piring ini. 

tari piring ini dimainkan oleh sekumpulan gadis dengan menggunakan piring dan pada jari si penari dikasih cincin yang terbuat dari benda keras dan ketika jari sipenari diketukkan ke piringnya. maka akan terdengar suara cekrek, cekrek, cekrek.. 

dan ketika asyik menari. tiba-tiba datang seorang pria dengan sebuah pisau sambil beraksi dengan jurus silatnya tapi tenang saja ini dilakukan oleh profesional kok. meski begitu penonton akan tetap jantungan di buatnya dengan gerakan si pesilat dengan pisau nya. 

kadang kadang gerakannya mengejutkan takut-takut si penari kena pisau.. duuuh bahaya bung hehe.

7. batombe
hal-hal unik yang hanya ada di kabupaten solok-selatan
aksi batombe
naaah yang ini nih kesenian yang benar benar asli dari solok-selatan tepatnya di kecamatan sangir batang hari. 

batombe ini adalah kesenian berbalas pantun anatara kaum pria dan kaum cewe. batombe ini diiringi oleh musik yang ceria. dengan alat musik gendang dan telempong. untuk kostumnya para personil batombe ini agak mirip dengan pakaian randai. 

cuman perbedaannya terletak di motifnya klo kostum randai biasanya polos berwarna hitam polos dengan celana besar. tapi kalo batombe diberi ukiran warna emas pada bajunya. selain itu pakaian batombe bisa dikasih warna yang berbeda tidak hanya hitam saja.

“nah itulah ke asrian kabupaten baru pemekeran dari solok ini. 


mereka masih menjaga budaya yang sudah turun- temurun dari nenek moyang mereka. tapi itu keren bro. jangan pikir di kota itu penuh dengan hiburan yang sangat bagus. seperti konser artis ternama.. 

bagi saya sendiri itu biasa saja. justru menikmati pertunjukan tradisional ini memberikan ke indahan tersendiri bagi pemirsanya. kalo menonton konser biasanya kan ada yang hadbang sambil loncat-loncat gak jelas. 

ada yang kena tendang gratis ada yang kena tonjok gratis. ini kurang keren kalo menurut saya. ngapain sih. bikin sakit sakit badan aja bro. mendingan nonton konser randai. lu rasakan deh sensasinya bung hehe. 

tapi gak tau jugatuh apakah orang lain bisa merasakan sensasi seperti yang saya rasakan. kan orang bisa memiliki pendapat berbeda dalam menikmati sesuatu. ya gak bro..!!”

diatas kita sudah lihat layangan ala solok-selatan, cara memetik durian, dan seni budayanya, sekarang kita melihat masakan tradisional daerah ini yang bercita rasa OK seperti dibawah ini.

KULINER

saya pikir nasi padang itu sangat terkenal, dan tersohor sampai ke manca negara. namun kuliner dibawah ini justru menarik untuk di ketahui. selalin karena lezat. tapi juga unik lho cek aja.


8. pangek pisang
hal-hal unik yang hanya ada di kabupaten solok-selatan
pangek pisang

salah satu makanan fovorit saya adalah pangek pisang makanan khas solok selatan ini memiliki rasa yang sembriwis di mulut dan sangat mantap sekali bung anda bolehlah mencobanya.


pangek pisang ini terbuat dari bahan pisang yang di masak dengan santan dan kunyit dan bahan-bahan lainnya cara memasaknya saya kurang tau tapi kalo cara makannya saya tau benget. 

pertama-tama temenin dulu emak yang sedang memasak pangek pisang di dapur sambil ngobrol. setelah pangek mateng maka emak menghidangkanya. 

dan setelah pangek terhidang maka sekarang saat yang tepat untuk mengambil piring kalo perlu ambil sendok. langkah selanjut nya potong lah pisang menggunakan sendok dan masukkan kemulut anda dan barulah anda tau bahwa ternyata pangek pisang ini sangat nikmat sekali. 

untuk menambah cita rasanya biasanya emak menghidangkannya bersama sipuluik/ketan. 

9.lamang tapai puluik itam
hal-hal unik yang hanya ada di kabupaten solok-selatan
puluik itam
lamang tapai adalah perpaduan antara lamang dan tapai.

lamang adalah ketan yang dimasak menggunakan media bambu yang di panggang dengan menggunakan bara api. sedangkan tapai adalah ketan hitam yang di fermentasi dengan ragi.mirip-mirip tapelah [sama aja sih sebenarnya mah]. 

lihat saja namanya juga tapai puluik itam. yang berarti tape ketan hitam. untuk cara memasaknya sendiri saya juga kurang paham. lagi-lagi emak saya yang bisa. 

nah cara menghidangkannya adalah pertam-tama anda sediakan piring dan ambillah tape menggunakan sendok nasi. tapi ngambilnya jangan kebanyakan. malu banyak orang..(hehe sori). 

nah setelah tapai puluik itamnya masuk piring sekarang ambillah potongan lamang. dan campurkan kedalam tapai tadi maka lamang tapai anda siap di santap.

10. aneka jenis lampai
hal-hal unik yang hanya ada di kabupaten solok-selatan
lampai
lampai adalah sejenis lemper tapi lampai ini memiliki aneka ragam rasa.

ada lampai pisang, lampai puluik itam,lampai sagu,tapi sayang sekali karena lampai gak ada yang rasa strowberry karena lampai ini memang tidak cocok untuk buah-buahan seperti strowberry. 

berikut cara membuatnya >> pertama tama buatlah adonan bahan lampai. anda bisa memilih lampai jenis apa yang ingin anda buat. 

apakah lampai pisang,lampai puluik itam, atau lampai-lampai lainnya. nah setelah anda mempersiapkan bahannya maka aduk lah bahan tersebut dan setelah di aduk, persiapkan lah daun pisang usahakan daun pisangnya di sangrai sedikit agar layu. 

lalu bungkuslah adonan anda tadi dengan daun pisang barusan. setelah itu rebus dalam periuk yang sudah di isi dengan air dan barulah lampai anda bisa di hidangkan. tapi percayalah ini cara emak saya,saya sendiri belumpernah mencobanya,dan yakinlah sobat bahwa emak-emak di solok selatan sangat ahli dalam hal masak memasak” 
eeh ada yang lupa ternyata ada juga lampai yang lainnya yaitu nya lampai sagan.
——————————————————-

itulah beberapa panganan lezat khas sumatera barat khususnya solok selatan. ada banyak sekali keunikan yang ada di daerah ini..

tidak bermaksud sombong atau meninggi juga karena semua daerah di indonesia pasti mempunyai gaya dan khas masing-masing di daerahnya. 

makanya kita harus bangga dengan apa yang sudah dianugrah kan yang maha kuasa terhadap negeri tercinta kita di indonesia raya ini.mungkin cukup sampai di sini dulu artikel otwsangir kali ini,di waktu lain kita sambung lagi cerita kita yang mudah mudahan meberi mamfaat ini. ya teman…. tengkiu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *