Kebudayaan Unik di Indonesia : Daerah Tertinggal Dengan Sejuta Potensi di Solok-Selatan

Diposting pada

Kabupaten solok-selatan-sumatera barat. dinyatakan sebagai salah satu daerah tertinggal di indonesia. daerah yang memiliki kebudayaan unik ini berada di peringkat 35 dari 122 daerah teringgal di indonesia [menurut website pemerintah setempat].

meski begitu kabupaten yang sebenarnya keren ini memiliki banyak potensi yang luar biasa mulai dari, budaya, wisata alam dan bangunan tradisional. yang merupakan potensi wisata yang sangat menawan jika benar-benar niat untuk di kembangkan. 

Selain itu anak muda solok-selatan mempunyai mental yang maju jika di lihat dari pendidikan,cara bergaul, dan dari sekill masing-masing anak mudanya mereka memiliki potensi diri yang tidak kalah dengan anak muda dari daerah maju lainnya. [aduh ribet nulisnya]. intinya solok-selatan tidaklah tertinggal dari segi pendidikan,pergaulan,ilmu penegtahuan dll. 

Tapi solok selatan tertinggal dari segi pembangunan. jalan. infrastruktur atau apalah gak tau nulisnya gimana, intinya daerah tersebut tidak ada yang menonjol kelihatannya, dan tidak ada orang yang tau kelebihan daerah tersebut. jadi wisatawan juga gak tau tuh yang namanya solok-selatan. karena juga daerah yang sulit di jangkau jalannya kecil lah. akses kesononya sulitlah. 

Dari pada akuuh curhatnya kepanjangan mendingan cek dulu ya bapak-bapak ibuk-ibuk seperti dibawah ini.

Sumberdaya Manusia-Anak Muda

Pergaulan di solok selatan bisa di bilang maju, anak mudanya kebanyakan mempunyai skill dari masing-masing pribadi.
Kok penulis tau sih…?
Ya lah saya kan asli solok selatan. jadi saya tau bagaimana aslinya teman-teman saya yang ngebuang-buang kemampuannya tanpa ada yang membudidayakannya (kok jadi kayak tanaman sih). maaf yah susah nulisnya teman.

Solok selatan sama sekali tidak tertinggal 
mahasiswa asal solok-selatan tersebar di semua kampus di sumatera barat dan jumlahnya banyak, tapi saya tidak punya statistik yang mumpuni karena gak nemu di mas google

Kebanyakan anak muda solok selatan hobinya seperti dibawah ini

Ahli bawa motor-pembalap-freestyle-motorcross/trial adventure didaerah ini banyak yang jago namun jarang yang go nasional boro-boro internasional. bahkan area untuk berekspresipun tidak ada sama sekali. mungkin motorcross yang bisa berekspresi karena daerah pegunungan jadi banyak spot untuk mencoba jurus baru mereka

Sepak-bola sangat di gemari oleh anak kecil dan remaja di solok-selatan, tempat favorit bermain bola mereka adalah sawah dan saya bilang mereka jago main bola, yang paling jago adalah saya.

Jadi di sini ada dany torres pembalap motorcross,atau messi,ronaldo,kevin debruyne pemain bola krepesional. kalo di ekspos kali aja nemu orang seperti di atas di solok-selatan 

Penulis,fotografer,seniman, dll saya rasa banyak yang berbakat di solok-selatan

Meski mendapat julukan daerah tertinggal namun saya fikir solok-selatan tidak pantas menerima julukan tersebut kalo dilihat dari semangat anak mudanya.

Tapi solok selatan pantas di bilang daerah tertinggal karena hal di bawah ini

Listrik padam setiap hari bisa lebih dari 6 jam di pagi hari-malam hari-siang hari magrib-subuh. pokoknya setiap saat lampu mati disana. jadi yang jualan jenset laku deh, ada yang berencana bisnis jenset. silahkan datang ke solok-selatan..!

Jalur dari kota padang ke solok selatan sempit, kadang bolong-bolong juga. itu menyebabkan solok-selatan jadi sulit di jangkau.

Jalur alternatif gak ada..! hanya itu jalan terbaik menuju solok-selatan

Area wisata sangat banyak namun kurang fasilitas tidak seperti tempat wisata di kota-kota lain

Dan masih banyak lagi hal lainnya

Saya yakin perintah setempat pasti akan memperbaiki itu semua. karena kabupaten yang berdiri 10 tahun lalu ini keren untuk di jadikan tempat berlibur. dan jika semua hal di atas tidak di perbaiki maka siapa yang mau kesana ya kan.
cek keunikan dan kelebihan solok selatan di bawah ini

Budaya, Wisata, dan Keunikan Kabupaten Solok Selatan

Kebudayaan Unik di Indonesia : Daerah Tertinggal Dengan Sejuta Potensi

Nagari Saribu Rumah Gadang

Solok selatan berjulukan nagari saribu rumah gadang oleh moettia hatta(putri proklamator indonesia), karena rumah gadang disini sangat banyak dan berumur lebih dari 100 tahun tapi masih tetap terawat dan terjaga. 
Selengkapnya di Objek Wisata Bangunan Legendaris

Fakta Unik di Solok Selatan

Di sini kita bisa menemukan hal yang berbeda dengan daerah lainnya. dan hal tersebut berhubungan dengan alam. sungai menawan,tumbuhan khasnya, dan gaya besosialisasi masyarakat solok selatan 
selengkapnya di Peradaban Unik di Kaki Gunung Kerinci

Hal yang Hanya ada di Solok Selatan

Solok-selatan memiliki sesuatu yang berbeda dengan daerah lain, bukan hanya satu, ada banyak keunikan yang bisa kamu temukian disini mulai dari kesenian, kuliner lezat khas solok selatan, budaya khas dari zaman dulu. 
selengkapnya di 10 Hal yang Hanya ada di Solok Selatan

Bertani Khas Solok Selatan

Solok selatan merupakan daerah pegunungan yang memiliki tanah yang subur dan perairan yang sangat melimpah jadi tidak heran jika masayrakat disini bermata pencaharian sebagai petani sawah. bagaimana ciri khas bertani ala solok-selatan
selengkapnya di Usaha Pertanian Solok-Selatan

Tempat Wisata Solok Selatan

Daerah ini banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, wisata disini masih di lingkungan taman nasional kerinci seblat. mulai dari air terjun tangsi ampek sekitaran kebunteh mitra kerinci, atau seluncuran alami sungai malanca.

Semua hal di atas sangat mendukung sekali untuk menjadikan solok selatan sebagai daerah maju dan tempat wisata favorit para pelancong nasional maupun internasional.
ini sama sekali tidak berlebihan karena dearah lain juga punya tempat wisata yang ramai. tapi belum tentu sebagus yang dimiliki oleh solok-selatan hanya saja di sini kurang ter……! kurang “ter” silahkan isi titik-titiknya…!

Dan Inilah Solok Selatan Yang Sesungguhnya 

Kuliner
Bagi masyarakat minang umumnya, para gadis remaja sudah diwajibkan untuk bisa memasak dan sudah pasti cewe-cewe minang rajin membantu ibunya memasak di dapur. itulah salah-satu rahasia masakan minang go internasional.

begitupun di solok-selatan cewe seksi aja jago masak. apalagi ibunya woo sudah pasti ahlinya dalam hal masak-memasak.
dan kuliner khas solok-selatan adalah pangek pisang.

jika kamu membuka link hal yang ada di solok selatan di atas maka kamu maka kamu akan menemukan pangek pisang disana.
Sebenarnya masih banyak lagi kuliber lezat dari solok selatan spt
– pangek ikan
– gulai ikan gariang/mahser
– dll

Rumah gadang
Rumah gadang di solok-selatan banyak sekali semua daerah di kabuten tersebut tersebar rumah gadang dengan berbagai jenis dan keunikanya masing-masing. termasuk istana raja zaman dahulu.

sampai sekarang istana yang berbentuk rumah gadang tersebut masih terawat dan indah lebih jelasnya buka link nagari saribu rumah gadang di atas

Kesenian tradisional
Kesenian yang paling khas dari solok selatan adalah batombe. 
tradisi batombe berasal dari daerah abai,sangir batang hari solok selatan.

kesenian batombe merupakan seni berbalas pantun antara kaum cewe dan kaum cowo. dalam bentuk nyayian di mainkan secara berkelompok.lebih lengkapnya buka link hal yang hanya ada disolok selatan diatas.
kesenian lainnya adalah

Randai [ada di semua daerah sumatera barat]

Rabab [ada di semua daerah sumatera barat]
Tari piring [sudah go internasional]

Dll

Wisata Alam
Kabupaten solok-selatan berada di kaki gunung kerinci. dan masih dalam kawasan kerinci seblat.

Wisata air terjun,pemandian air hangat dan arung jeram bisa kamu temukan dengan mudah disini.

Selain itu di daerah ini memiliki daerah yang nyaman dan adem. udaranya dingin dengan hamparan kebun teh yang luas bernama mitra kerinci, di area kebunteh tersebut terdapat Kacang mahal yang langka bernama kacang macademia.

Kacang macademia berbeda dengan kacang tanah atau kacang lainnya. karena kacang ini memiliki pohon layaknya pohon mangga.

Namun kacang macademia memiliki kandungan gizi yang tinggi. dan harganyapun mahal bisa dibilang macademia termasuk kacang paling mahal di dunia. jika kamu pengen tau banget silahkan datang aja ke solok-selatan, hehe.
Atau baca artikel ini : Objek Wisata Solok Selatan
Bunga Raflesia pun tumbuh di daerah ini.

Kehidupan Sosial
Republik indonesia ini memiliki masyarakat nan ramah tamah, bahkan duniapun tau hal itu. meski ramah-tamah sudah membudaya di tanah air kita. namun saya tetap akan memberi tahu kamu bahwa solok-selatan pun demikian masyarakatnya ramah dan bershabat.

Namun disini agak susah untuk merkomunikasi dalam bahasa nasional karena masyarakat solok-selatan cenderung ngomong bahasanya sendiri tapi di oplos dengan bahasa nasional dan terlihat kaku ngomongnya. tapi tenang aja kamu pasti ngerti kok ucapan mereka.

Masyarakat sini memiliki jiwa persaudaraan yang tinggi jadi jika kamu kesini maka bolehlah jual nama sodara kamu, teman kamu, atau siapalah yang kenal sama kamu. agar kamu dapat respeck yang lebih dari masyarakat setempat. tapi tanpa jual nama orang lain pun kamu tetap dapat respeck kok yang penting jangan terlihat angkuh dan blagu aja.(maaf ya. gak maksud apa-apa loh).

Soalnya disini tuh orangnya suka ngobrol dan suka menegur orang jadi jika kamu diam dan agak manyun aja. itu artinya kamu sombong, hehe.

Pemuda Berbakat

Fotografer

Saya punya teman fotografer dan kebanyakan foto pemandangan alam di blog ini merupakan hasil jepretan dia, saya pikir itu foto yang sangat bagus. dan dia asli solok-selatan tapi doi juga punya  komunitas dan temen seprofesinya ada banyak.

Motorcross/trial adventure

Setiap tahun selalu ada kejuaraan motorcross di solok-selatan meskipun hanya tingkat provinsi dan kabupaten tapi itulah yang melahirkan pembalap keren, kalo benar-benar di geber saya yakin bakalan ada dany torres nya solok-selatan.

Sepakbola

Olahraga favorit anak muda sini adalah sepakbola dan futsal meski saya sekarang di tangerang yang lapangan futsalnya bejibun tiap minggu main futsal, tapi sekalinya balik kampung saya di ajak main futsal dan main bola di lapangan gede.. buseeet pada jago-jago miannya euy. mungkin karena mereka sering latihan di liga sawah kali yak.
dan masih banyak lagi bakat anak muda solok selatan.

for your Info:
untuk melihat karya seni dan produk keren asli solok selatan. lihat di Ukm solok-selatan bisa juga di order. 


Penutup
Meski daerah tertinggal namun solok selatan memiliki banyak potensi untuk menjadi daerah maju di indonesia karena.

Budaya
Wisata
Seni
Alam indah
Kehidupan sosial
Anak muda berbakat
Dll.

Kita semua berharap julukan daerah tertinggal semoga berakhir untuk solok-selatan dan semua daerah tertinggal lainnya di indonesia. dengan cara membangun semangat berkarya bagi anak mudanya. dan pemerintah setempat mendukung dan menyokongnya. dengan pembangunan infrastruktur atau apalah.

Yang penting apapun cita-cita anak mudanya bisa terealisasikan dengan baik [hehe sok pintar sih saya mah].

Terimaksih teman jika kamu pembaca dari solok-selatan silahkan di kritik jika ada tulisan yang gak enak atau menyinggung, atau kekurangan dan informasi yang kurang tepat.
Sekalian di share ya teman. tombolnya dibawah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *