Bob Sadino Biografi,Kisah dan Quotes

Diposting pada

kisah inspiratif Bob Sadino yang memulai usaha tanpa modal yang melimpah. bob sadino sebenarnya seorang pengusaha atau tokoh yang sangat bagus untuk kita apelajari apalagi caranya dalam menggapai kesuksesan.

bob sadino mengelola usahanya dengan cara berbeda dengan pengusaha lainnya. karena alm.bob sadino ini memakai cara yang unik dalam mebangun usahanya. berikut rincian tentang pak bob dibawah ini

kisah inspiratif bob sadino dan keunikannya
agak sedikit aneh dilihat sekilas mah. gambar simomot.com
 
1 KISAH SUKSES
bob sadino sebenarnya berasal dari keluarga yang cukup mampu dan setelah kedua orang tuanya meninggal maka semua harta warisan di pegang olehnya.
karena bob sadino ini anak paling bungsu dan semua kakanya sudah hidup berkecukupan. dengan alasan inilah semua harta warisan dipegang oleh bob sadino. 
tapi semua itu tidak membuatnya berleha-leha.dia seorang pekerja keras dan tidak mau mebuang duit untuk hal yang aneh-aneh. maka tidak heran seorang bob sadino menjadi salah satu enterpreuner hebat di indonesia.

pak bob sadino ini pernah merantau jauh kenegeri belanda dan bekerja sebagai karyawan disana. dan dari hasil kerjanya dia mendapatkan dua mobil marcedes keren pada zamannya.
selain itu dinegeri belanda sana om bob bertemu dangan salah seorang gadis asal indonesia yang akhirnya dipersuntingnya. 
setelah bebarapa tahun bekerja di negri orang dia memutuskan untuk pulang ke tanah air dan menjual salah satu mobilnya untuk dijadikan modal hidup sehari-hari. 
dan mobil yang satu lagi dipakainya untuk bekerja. dengan cara menyewakan mobilnya dan dia sendiri yang menjadi sopir dari mobil yang disewakan tersebut.

namun pada suatu ketika bob sadino mengalami kecelakaan dan mobil kesayangannya hancur dan dia menjadi kehilangan pekerjaan.dan keadaan inilah yang membuat bob sadino memulai sepak terjang usaha/bisnis yang kita tahu bahwa dia telah menjadi orang sukses.
namun pada awalnya dia memulai semua kesuksesan itu dengan keadaan yang cukup sulit. pak bob pada awalnya berkeliling menjajakan telur ayam negri. yang sebenarnya pada saat itu telur ayam kampunglah yang menjadi primadona. dan telur ayam negri yang dijajaknnya sulit mendapatkan pelanggan.
namun jika seorang yang benar-benar berusaha keras maka akan selalu di beri jalan keluar oleh yang mahakuasa. 
ini bisa kita lihat dari kisah inspiratif pria yang terkenal nyentrik ini. pada saat itu jakarta (tempat tinggal/dan usahanya) sudah banyak orang luarnegeri berada disini.dan bagi orang bule sendiri telur ayam negeri ini sudah biasa dikonsumsinya. 
maka pak bob melihat peluang emas ini, kerana dia sendiri lama di belanda tentu dia sangat mengerti apayang sudah biasa di konsumsi orang-orang bule dan bahasa ingrisnya juga lancar sudah tentu dia tidak kesulitan untuk berkomunikasi.
dari situlah dia mulai mendapatkan banyak pelanggan. cara dia menarik hati konsumen juga sangat menawan. 
dia menambahkan bunga angrek disetiap bungkus barang dagangannya karena pembelinya kebanyakan orang bule.
tentu konsumennya sangat senang karena bunga angrek ini sangat mahal di negaranya. tapi di indonesia raya tercinta ini kita bisa mendapatkannya secara gratis.
ide ini sangat brilian dan membuahkan hasil yang luarbiasa, bob sadino sendiri mengaku tidak merencakan semua itu secara matang karena ide menambahkan bunga angrek ini datang begitu saja dan dia langsung terapkan.
maka berkat kecerdikan dan usaha kerasnya maka sekarang usaha dan bisnisnya menjadi besar. yang kita kenal sekarang yaitunya kemfood dan kemchiks yang sudah memiliki ratusan mungkin mencapai seribu karyawan.
kisah inspiratif bob sadino dan keunikannya
pak bob sadino dan telur ayam
2 KEUNIKAN PAK BOB SADINO
mr bob sadino termasuk orang yang mampu keluar dari jalur normal pengusahalain. dia mempunyai cara tersendiri dalam membangun usahanya yang sudah tentu berbeda dengan pengusaha lain. seperti berikut ini >>
. pak bob sadino tidak memiliki perencanaan yang matang dalam membangun usahanya. dia lebih memilih teknik yang juga dipakai lionel messi (hehe kok bisa ya..?) ya lionel messi adalah seorang pemain bola yang sangat lincah dan bola yang digiringnya akan sulit untuk di rebut karena gaya permainan yang mengalir seperti air.
mencari celah dan melewatinya tanpa pikir panjang.
begitu juga dengan pak bob sadino dia membangun usaha dan jika ada celah maka dia akan mencoba memafaatkan peluang itu,tanpa harus mikir panjang.
karena jika kita kebanyakan mikir maka tidak akan jadi apa-apa
tapi jika kita mengerjakannya maka kita akan medapatkan sesuatu.
pak bob sendiri tidak peduli seuatu itu akan berhasil atau gagal karena baginya kegagalan juga dibutuhkan untuk menambah skill karena gagal akan menjadi pembelajaran..!! 
tapi kok bawa-bawa messi sih cuy..?? hehe gak apa-apalah y. karena itu hanya sebuah perumpamaan. jika kamu punya perumpamaan lain ya gak apa-apa juga sih.
 
. keunikan dan kisah inspiratif bob sadino berikutnya adalah cara beliau dalam meperlakukan seluruh karyawannya. pak bob dikenal baik oleh semua anak buahnya dan beliau sendiri lebih suka menyebut karyawan dengan sebutan anak sendiri (bukan anak buah)
bob sadino bukanlah seorang yang jaim atau sok berwibawa  seperti kebayakan bos lainnya contoh saja saya. saya adalah seorang bos (bos jangkrik) kadang-kadang bos kodok.
dan saya akan merasa tinggi hati dan agak enggan untuk berbaur dengan karyawan jangkrik saya,apalagi karyawan kodok iih malesbanget gua (hehe ini gak serius y sob). 
nah berbeda dengan bob sadino beliau selalu menegur dan tidak enggan bercanda dengan bawahannya bahkan beliu sendiri pernah bilang
 

Karena jika mereka (karyawan) sudah berani becanda kurang ajar berarti kita sudah berhasil dekat dengan mereka. kita suadah dianggap teman (sumber : muadzin.com).

 
ini bukanlah hal yang biasa karena jika anda seorang bos (kalo saya bos jangkrik). maka akan sulit sekali menerima saat dibecandain karyawan.
tapi bob sadino sendiri malah senang saat doledekin karyawannya dan ini sesuatu yang luarbiasa menurut saya. 
saya pribadi berpendapat bahwa. seoarang bos sejati itu seperti pak bob sadino.dan dalam merekrut karyawan ini bob sadino tidak memilih karyawan yang berpendidikan tinggi tetapi lebih suka merekrut karyawan jalanan. yang terpenting mau bekerja dan mau belajar.

. satuhal yang membuat bob sadino disebut aneh adalah prinsipnya yang di luar dugaan orang banyak karena dia berpendapat seperti ini
 

Saya berbisnis cari rugi,jika saya rugi maka saya tetap bersemangat tapi jika saya beruntung maka bertambahlah syukur saya

 
apakah anda sudah tau kalau kebanyakan orang dalam berbisnis adalah untuk mencari untung sebanyak-banyaknya dan tidak pernah berfikir untuk mencari rugi. 
tapi berbeda dengan pengusaha nyentrik satu ini. baliau lebih memilih untuk memanfaatkan kerugian yang pernah didapatnya untuk dijadikan pembelajaran dan tidak akan pernah berhenti mencobalagi jika mengalami kegagalan. 
jika kita benar-benar takut mengalami kerugian maka kita akan menyiapkan strategi yang benar-benar matang dan kita juga sudah menyiapkan rencana cadangan jika terjadi sesuatu yang tidak di inginkan dan kita harus menyiapkan rencana cadangan ke tiga-ke empat-kelima adduh kebanyakan tuh rencana cadangannya. 
bagi om bob (orang memanggilnya) kebanyakan rencana seperti ini tidak di sukainya itu cuma buang-buang waktu lebih baik melangkah selangkah saja dan jika ada duri dan singkirkanlah duri itu,dan melangkah lagi jika ada lubang maka lompatilah, melangkah lagi jika ada api maka mundurlah sedikit.melangkah lagi, dan berjalanlah terus mengatasi masalah.
itulah yang menyebabkan pak bob tidak takut akan rugi. dia lebih suka menjalani apa adanya.dan menghadapi semua kemungkinan yang terjadi. dan tidak cengeng..!!
kisah inspiratif bob sadino dan keunikannya
sampul buku bob sadino


. bob sadino lebih memilih terang-terangan dalam mengungkapkan apa yang diamau kamu akan tersinggung jika tidak memahami isi dari apa yang di katakannya. 

seperti kata “goblog” ini sangat sering di pakainya untuk menggungkapkan sesuatu bahkan kata-kata bijak ala bob sadino sendiri sangat banyak yang mengandung kata “gobl#g”
bahkan judul bukunya sendiri adalah belajar goblog dari bob sadino. 

menurut pendapat sebagian orang.! bahasa yang digunakannya ini adalah bentuk dari kejujuran pribadi bob sadino. beliau tidak suka berlebai-lebaian tidak suka sok pintar dan memilih perkataan yang diamau untuk mengungkapkan apa yang dia tau. dan dia akan menyampaikan apa yang benar-benar sudah dialaminya bukan dari hasil teori.tapi dari pengalaman yang pernah didapatnya.

3.Beritkut Kata-Kata Inspirasi / Bob Sadino Quotes

Orang pintar kebanyakan ide dan pada akhirnya tidak satupun yang menjadi kenyataan sedangkan orang goblog hanya mempunyai satu ide dan itu menjadikenyataan

Orang goblog itu gak banyak mikir yang penting terus melangkah dan orang pintar itu kebanyakan mikir dan akhirnya tidak pernah melangkah

Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan sdangkan orang goblog berjuang keras agar bisa membayar pelamar pekerjaan

Orang pintar dengan mudahnya beralih dari satu bisnis ke bisnis lainnya karena kemampuan yang dia miliki sedangkan orang goblog mau tidak mau harus menuntaskan satu bisnisnya saja

Orang pintar sangat pandai dalam menganalisis sebuah ide dalam usaha dan ide akan di analisis mulai dari untung-rugi dan hal lainnya sementara orang bodoh tidak pandai menganalisis jadi lebih cepat memulai usaha

Banyak orang tanya! bisnis apa yang bagus..?? jawabanya adalah bisnis yang bagus adalah bisnis yang di buka jangan di tanya terus

Orang pintar sering merasa gengsi ketika gagal disatu bidang dan memilih beralih ke bidang lain sedangkan orang goblog tidak punya pilihan lain ketika menghadapi hambatan selain mengalahkan hambatan tersebut

Berhentilah membuat rencana..! melangkahlah

Orang goblog sulit dapat kerja dan akhirnya buka usaha sendiri, saat bisnisnya berkembang orang goblog mempekerjakan orang pintar

Saat bertemu orang baru lebih baik mengosongkan gelas sendiri terlebih dahulu

Orang pintar mikir ribuan mil, jadi terasa berat. saya gak pernah mikir karena cuma melangkah saja,ngapain mikir kan cuma selangkah

Orang pintar sering terlalu pede dengan kehebatannya dia berfikir bahwa semua sudah oke berkat kepintarannya sehingga mengabaikan suara konsumen sementara orang bodoh..! dia tahu bahwa konsumen seringkali lebih pintar darinya

Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu imposible, orang goblog cuma punya satu harapan. yangpenting hari ini bisa makan

Dalam berbisnis jangan terlalu memikirkan sukses, kalau terlalu memikirkan sukses bekerja pasti dalam tekanan.tidak rileks sehinga hasil kerja tidak bagus.santai saja hilangkan semua beban,ingat sandaran itu tadi,kemauan,komitmen,keberanian mengambil peluang,pantang menyerah dan selalu belajar kepada yang lebih pintar serta selalu bersyukur

Terima kasih teman semoga kita semua mampu memupuk semnagat kita dengan melihat kisah-kisah sukses dari totoh-tokh hebat dunia salah satunya dari kisah inspiratif bob sadino ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *