Layang Layang Unik di Indonesia

layang layang adalah sebuah permainan tradisional indonesia yang terbuat dari rangkaian bambu dan di kasih kertas agar bisa terbang, tetapi ada berbagai jenis layang layang yang berbeda beda termasuk layang layng yang akan saya ceritakan berikut ini..

saya lahir di negara indonesia di provinsi sumatra barat di kabupaten solok selatan di kecamatan sangir di jorong tak tinggih desa tak batuang.

oh y sodara sodari baca sampe abis y tombol x nya jangan di pencet awas loh kalo mencet tar saya comot jempol nya hehee.

begini sodara sodari pada jaman dahulu kala kabupaten solok selatan itu menyatu dengan kabupaten solok namun setelah terjadi pemekaran maka terbentuklah kabupaten baru yang di namai solok selatan.

di mana saya adalah salah satu warganya tapi sekarang sudah saya tinggal kan karna saya merantau ke negeri seberang bukan meniggal kan juga sih cuman merantau tapi susah pulang nya shueek makanya saya.

berhubung saya jarang pulang dan saya begitu merindukan tanah kelahiran saya yang paling saya rindukan adalah emak saya hehe dan permainan favorit saya yaitu nya langalang pitala.

belum pernah denger kan sodara sodari mari simak ya akan saya jelaskan apa itu lang alang pitala berikut penjelasan nya>>>

langalang pitala adalah sejenis layangan peteng tapi sangat berbeda dengan layangan peteng karna langalang pitala ini memiliki keunikan dan berseni tinggi weddeh boleeeeh.

semua jenis layangan bisa saja terbang tinggi yang penting ada angin tapi kalo anda membuat langalang pitala tapi anda gagal dalam meraut bigkai nya maka sayang sekali buuung langalang pitala anda akan menjadi panampiak.

nah maksud dari panampiak adalah ketika layangan anda mulai mengudara dan terlihat cantik sekali di atas sana namun tanpa alasan yang jelas tau-tau nya layangan anda menukik ke tanah seperti elang sedang menyambar mangsa nya hahaa.

terlihat dramatis sekali memang tapi justu sangat menyebal kan kalo saya pribadi sih akan saya patah patahin bingkainya dan saya maki maki(emosi saya) aaah jangan begitulah kita bikin saja sebuah filosovi setiap usaha tidak selalu berakhir indah oooooooooooouuu hehe.

namun jika anda berhasil meraut bingkai yang sesuai dan pas dengan dandanan yang cantik dan teng-teng layangan anda telah menjadi primadona dan akan menjadi buah bibir dari sudut pelosok kepelosok lain karna layangan anda begitu cantik dan memukau dengan lenggok yang indah.

apa itu lenggok.?

sederhana saja sodara sodari ketika anda melihat cewe seksi dan cewe terbohai yang pernah anda lihat maka apa yang anda perhatikan ketika dia berjalan..?

ya saya rasa lenggak-lenggok nya,begitu juga dengan layangan pitala ini jika layangan pitala anda tidak bisa melnggok dengan indah maka langalang pitala anda tidak berguna mendingan di buang saja.

tapi apabila langalang pitala anda memiliki lenggok yang indah maka anda telah berhasil membuat langalang pitala yang cantik dan seksi hehe

karna anda berhasil membuat seni nan cantik maka berbahagialah anda karna filisovi di atas telah berubah menjadi “usaha yang serius akan menghasilkan sesuatu yang indah…”

disitulah letak ke unikan langalang pitala ini karna yang terindah dan tercantik adalah layangan yang memiliki lenggok yang indah namun perlu anda ketahui bahwa tidak semua orang bisa membuat layangan se indah itu.
karna layangan ini ada beberapa level dan yang paling ahli dalam membuat layangan ini adalah uda Isal namanya,siapa itu uda isal..???
aaah anda tidak perlu tau karna ini adalah sebuah rahasia hahaaa….. uda isal yang selalu berhasil membuat lang alang pitala  paling cantik dan indah lenggok nya,bukan berarti langalang pitala yang lain jelek loh bro seperti yang sudah saya bilang tergantung level nya.
klo langalang pitala buatan saya sendiri sih agak lumayan bro cuman dari segi rakek nya aja yang agak sembraut.
nah apalagi itu rakek..?
gak jelas amat nih bahasanya orang padang mungkin begitu pikir anda hehehe.
akan saya jelaskan sodara sodari..! rakek berarti rekat dengan apa kita merekat..? tentu dengan lem.! trus apa yang di lem..? y kertas nya lah..! buat apa…?
ya buat layangan. masa layangan bingkai nya doang harus ada kertas nya dong biar bisa terbang… hehee…
teknik marakek ini juga tidak sembarangan sodara sodari tentu anda tidak ingin karya seni anda sembrautan bukan..??
dan ada satu instrumen penting lagi yang harus ada di langalang pitala ini adalah buntut nya jika langalang pitala anda tidak ada buntut nya aaah akan terlihat jelek sekali bung.
layangan anda akan di bully akan jadi bahan olok olok doang karna buntut ini berperan penting terhadap langalang pitala.
dan buntut nya terdiri dari empat sampai enam lembar dan dua buntut tengahlah yang paling panjang kira sepuluh meter dan bisa lebih,buntut pingir hanya untuk mempermanis aja dan dua meter aja cukup haaa ribet y…
inti nya adalah ketika layangan anda mengudara dan anda ulurlah benang nya maka langalang pitala anda akan bergerak kebawah kiri dan kanan secara bergantian itu lah yang di sebut lenggok dan buntut yang panjang tadi akan tertinggal di atas dan terus mengikuti alur lenggok nya wuhuuuuu sekarang anda bisa melihat karakter cantik dari langalang pitala anda dan rasakan sensasi nya buuuung hahaaaa….!!

jadi penasaran kan anda bagaimana sih bentuk asli dari langalang pitala ini,penasaran gak masbro,penasaran dong,kalo anda tidak penasaran saya paksa nih hehee penasaran aja lah ya kasian saya yang nulis udah capek ni bro jari telunjuk say nyampe keriting begini(hehe siapa juga yang suruh nulis).
kasian juga kampung saya punya kesenian unik tapi tidak terekpos hehee, kalo anda berhasil penasaran tinggal datang aja masbroh ke kampung saya.
tepat nya di indonesia provinsi sumatra barat kabupaten solok selatan kecamatan sangir jorong taratak tinggih desa takbatuang dan sekitar nya.
tapi jangan sekarang mas bro tunggu pas bulan ramadhan karna langalang pitala ini hanya ada pas bulan ramadhan saja dan biasa nya di mainkan sore hari menjelang waktu berbuka yaaah ngabuburit gitu lah.
klo sudah mulai sore kira kira jam empat atau jam lima sore maka akan bertaburan langalang pitala ini di langit kampung saya seolah olah sperti bintang gemintang di langit nan biru weheeheehee.
tau gak sodara sodari bahwa dikampung saya orang menerbangkan langalang pitala nya setinggi mungkin kenapa…? karna dengan mengulur benang lah si empunya bisa menikmati bermain langalang pitala ini dengan mengulur benang juga lah langalang pitala bisa melnggok…

gimana sodara sodari keren bukan karna layangan ini cukup unik tidak hanya tampilan nya yang cantik tapi saat mengudara pun dia mampu memukau dan bisa menghibur hati nan lara.
eeh ada satu lagi sodara sodari jika angin terlalu kencang maka langalang pitala anda akan menggila di atas sana daaaan tessss…!!! layangan anda putus, uuuh rasanya seperti di putusin pacar bung hehe sebenar nya tidak selebay itu juga sih,hanya saja untuk membuat langalang pitala yang baru tidak mudah salah teknik sedikit bisa hancur semua….

keren kan sodara sodari! itulah indonesia punya banyak cerita dan ribuan seni dan budaya,mangkanya saya begitu bangga menjadi orang indonesia kalo kamu bangga ga sebagai warga negara indonesia hehee sudah pasti dong y,sebagai orang yang sok pintar saya ingin menyampaikan sedikit wejangan nih gapapa y jangan tersinggung loh bukan maksud menggurui juga…
begini sodara sodari jangan penah mengganggap remeh sesuatu di sekitar anda kita contoh layangan pitala ini>>> dulu nya saya berfikir bahwa layangan bernama langalang pitala ini biasa saja gak ada istimewanya.
tapi sekarang kemanapun saya pergi saya tidak pernah menemukan layangan jenis ini setau saya hanya ada di kampung saya bahkan di tipi pun gak pernah saya lihat.
yang saya lihat ditipi hanyalah layangan berbentuk lele,berbentuk elang,layangan besar yang supergede de el el, semua nya bagus memang tapi bagi saya lang alang pitala lebih unik karna layangan jenis ini tidak hanya sekedar terbang layangan ini bisa melakukan sesuatu yang indah..

hehe terimakasih sodara sodari sudah mau mampir di artikel layang layang ini.

Layang layang Unik Oleh Haasbiallah Bin Waizulkarni

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *