Macam Macam Majas, Pengertian Dan Contohnya

Macam Macam majas dan Contoh Lengkpanya termasuk Pengertiannya akan kita dapatkan Di postingan Ini, Tentu ini penting Karena Aku sendiri suka sekali menulis Cerpen dan Puisi.

Majas merupakan Faktor Penting dalam Karya Tulis Tersebut. Sembari Menambah pengetahuan Aku sendiri maka aku akan Membagikan Pula Pada Artikel Ini.

Pengertian Majas

Pengertian Majas Adalah Pemakaian Bahasa secara Lisan Maupun Tulisan Supaya Penyimak Merasakan Efek tertentu. Karena Kalimat yang disampaikan Mendatangkan Imajinasi Kepembaca/pendengar nya. Kalimat tersebut bisa memberi efek Sedih, Bahagia, Emosi, DLL.

-Dan Majas bisa juga digunakan untuk Mempertegas sebuah kalimat supaya pembaca merasakan langsung maksud dari Penulis.

Majas tersebut Biasanya akan digunakan Saat menulis Cerpen, Menulis Puisi, Menulis Berita Viral dll.

Macam Macam Majas Beserta Contoh

Ada banyak sekali majas jika dikumpulkan semuanya. maka Akan Ratusan Nama nama Majas Yang Kita dapatkan, namun sebenarnya Yang sebanyak itu Berasal Dari 4 majas berikut Ini.

1. Majas Perbandingan

2. Majas Pertentangan

3. Majas Sindiran

4. Majas Penegasan

Yang pertama kita ulik dulu, apa itu majas perbandingan..?

Macam Macam Majas Lengkap Dan Contohnya
macam macam majas

Majas perbandingan adalah kalimat yang digunakan dengan membandingkan suatu Objek dengan Objek lain. supaya memberi efek tertentu kepada Pembaca.

Berikut ini macam macam majas Perbandingan beserta Contoh Kalimatnya

Majas Eponim dan Contohnya

Eponim adalah Majas yang menyebutkan nama orang lain yang Terkenal karena karakter tertentu, misalnya Jackie Chan. yang lincah atau Tom Cruise yang tampan, Dan menyampaikannya Menggunakan Kalimat yang berhubungan untuk mendapatkan Efek Yang Mantap.

Contoh kalimat Majas Eponim :

Aku pengen kamu Belajar Nyanyi, Agar suara kamu bagus kayak Rizki Febian

Makanya Rajin Pus ap dong supaya berotot kaya Ade Ray

Rajin Belajar ya Biar Pintar Kaya Pak Bj Habibi

Majas Asosiasi dan Contohnya

Asosiasi adalah majas yang membuat dua hal yang berbeda sama sekali tapi di buat menjadi sama.

dengan mengambil kalimat yang punya kesamaan dari kedua hal tersebut. Misalnya “Roda yang beputar sama dengan perkataanmu yang berputar putar di situ situ saja.”

Contoh kalimat majas Asosiasi :

Bara api yang panas, sama panasnya dengan hatiku saat cemburui kamu.

Wajahnya Bulat Bagai bulan Purnama

Lembut sekali tanganmu selembut Angin senja Membelai tubuh

Putih sekali kulitmu seputih salju

Larinya kencang banget kayak Kuda nil di kasih Knalpot [ngacok]

Tidurnya Pules Udah Kaya Kebo. susah di bangunin

Eddah tu anak ingusnya keluar udah kayak angka sebelas

Alisnya tebal udah kaya semut sedang berbaris

Badan lu tinggi amat udah kaya pohon kelapa

Senyummu manis sekali semanis madu Lebah baru panen.

Majas Fabel dan Contohnya

Jika penyayang binatang maka majas fabel ini, mungkin akan lebih mudah untuk dia pakai sehari hari.

Karena majas fabel ini memang pernyataan perilaku binatang yang seakan bisa berfikir atau berbicara seperti manusia.

Contoh kalimat majas Fabel :

Ayam gua Pleboy, dia hobi ngerayu ayam betina tetangga gua

Semut sedang memasang spanduk pengumuman, untuk ngumpulin warganya

Dasar kucing kalo pengen Eek ngomong dong

Tikus pada bawa lingis kali, bisa bikin tembok jebol begini

Ayam pleboy gua lagi galau, soalnya ayam betina tetangga sebelah udah di sembelih

Majas Hiperbola dan Contohnya

Majas hiperbola cocok sekali di gunakan oleh Anak Alay seperti kamu. “Eh kamu Alay bukan sih?” oh bukan ya..! kalo gitu sori.

Soalnya Majas Hiperbola adalah ungkapan yang terlalu di lebih lebihkan. melebihi dari kenyataan yang sesungguhnya, sehingga tidak masuk di akal. jadi gitu.

Contoh kalimat majas Hiperbola:

Pacar gue kalo nangis lama banget, sampe tiga hari tiga malam, itu juga belum kelar.

Seandainya dirimu mau menjadi Istriku maka seisi Dunia akan ku persembahkan Untukmu

Kata katamu terlalu tajam, setajam… Silet!

Sampai menagis darahpun aku tetap… tetap mau sih sama kamu.

Jadi bagaimana, apa kita kirim aja ni anak ke planet mars

“Lautan luas ini akan aku sebrangi! jika kamu mau!” yaudah sebrangi sono!

“Ambilkan bulan maaaaaak ambilkan bulan maaaaak” Ambil aja sendiri

Majas Personifikasi Dan Contohnya

Majas Personifikasi cocok untuk Menulis Puisi, cerpen bahkan Novel. karena memang banyak penulis yang menggunakannya.

Karena majas Personifikasi adalah pengunaan kata untuk sesuatu/benda yang berperilaku seolah seperti manusia, dan kebanyakan penulis bisa membuat majas ini memberi efek yang Mantul kepada pembaca

Contoh kalimat majas Personifikasi :

Mentari mulai beranjak ke peraduannya

Tubuhnya mengigil kedinginan di peluk malam

Hembusan angin senja membelai tubuhku

Ribuan bintang menyaksikan pertunjukan bumi [tag cerpen taratak tinggih 1999]

Kipas angin bergoyang dangdut di atas sana

Angin sejuk yang di cumbu gelap malam

Sang subuh Menyambut mesra cahaya Fajar

Alarm gak punya #t@k kal!, pake acara ngak bunyi segala

Jakarta menangis, ujung ujungnya banjir

Gemuruh berpesan padaku, katanya kamu rindukan aku

Majas Litotes Dan Contohnya

Jika kamu tidak sombong maka kamu sepertinya sudah sering menggunakan Majas Litotes ini.

Karena majas litotes adalah kalimat yag mengurangi sebuah Fakta, demi merendahkan diri. [tujuannya supaya ngak terlihat sombong aja gitu].

Contoh kalimat majas Litotes :

Masuklah kedalam Rumahku yang sederhana ini “padahal mah bagus tau rumahnya”

Ah aku yang paling jelek ya di foto itu “padahal dia yang paling terlihat paling sok Cantik”

Terimalah uang satu miliar ini, aku tahu ini tidak seberapa, dan aku sungguh berharap agar kamu tidak menolaknya

Majas Pars Pro Toto dan Contohnya

Majas Pars pro toto ini, aku tidak mengerti orang seperti apa yang sering mengungkapkannya. tapi kita pasti sudah sering pula mengucapkannya atau mendengarnya.

Karena majas ini mengungkapkan kata untuk sebuah Objek atau makhluk dengan mengunakan sebagian anggota tubuhnya.

Contoh kalimat majas pars pro toto:

Lu kemana aja dari kemaren gak kelihatan batang hidung lu

kapalnya masih jauh baru kelihatan cerobong asapnya

dari Pekan baru bisa terlihat lampu lampu kota Batam

Majas Depersonifikasi Dan Contohnya

majas depersonifikasi ini sedikit berlebihan untuk kita ya, jadi lebih baik kita mengugunakannya untuk tujuan yang Positif

Soalnya majas depersonifikasi adalah penggunaan kalimat yang Menunjukkan Perbandingan Manusia dengan yang Bukan Manusia, mungkin benda mati atau apa gitu….

contoh Kalimat Majas Depersonifikasi:

Dia keras kepala makanya dibilanginnya kaya batu

Buset tangan lembek amat udah kaya lemper

Kamu cantik kaya boneka Berbie

Anaknya udak kaya bola kasti susah di tangkapnya

Majas Metafora dan Contohnya

Majas Metafora adalah kalimat yang membandingkan sesuatu dengan hal yang lainnya, untuk menyanjung atau meninggikan objek yang di maksud. seperti menyindir gitu juga bisa sih.

atau mengatakan seseuatu melalui kalimat yang mengambarkan Objek yang utama, secara tidak langsung.

Contoh Kalimat majas Metafora:

Aku pengen jadi kutu buku “kutu Buku = rajin membaca”

Nafas lu bau Naga “naga = bau banget”

Aku di kambing hitamkan olehnya “kambing hitam = yang di tuduh”

Hey teman teman aku ini buaya darat loh “buaya darat = pleboy”

Kelakuan dia kaya Nyemot “Nyemot = onet” EH

Dia itu panjang tangan “panjang tangan = “Maliang/pancilok”

Raja Hutan terperangkap di bawah Ruko “Raja hutan = Harimau”

Matamu bagaikan permata biru “Permata = buset indah banget”

Kamu peri hatiku sayang “perihatiku =  orang baik”

Maukah kau menjadi teman hidupku selamanya? “teman hidupku selamanya = Istri”

Majas Eufimisme dan Contohnya

Jika orang yang sopan maka akan sering kali dia mengunakan majas eufimisme ini. misalnya di tempat baru yang mungkin orangnya gampang tersinggung maka pakailah majas ini untuk berkomunikasi.

Karena arti dari majas Eufimisme adalah. penggunaan kalimat untuk memperhalus sebuah kata, jika kata yang akan kita ungkapkan akan terasa kasar. seperti

Contoh Kalimat majas Eufimisme :

Di sini kamar kecil sebelah mana ya pak “Kamar kecil = tempat Pipis mungkin agak kasar”

Acara tadi kurang menarik sih menurutku “kurang menarik = dia pengen Bilang jelek sih, tapi gak enak aja”

Yang kedua kita ulik adalah majas pertentangan, apa itu majas Pertentangan?

Macam Macam Majas Lengkap Dan Contohnya
macam macam majas

majas pertentangan adalah dimana kita menggunakan kalimat yang bertentangan ataupun berlawanan dengan maksud yang sebenarnya.

supaya pendengar atau pembacanya menangkap kalimatnya lebih menohok lah gitu kali.

berikut ini Macam macam majas Pertentangan

Majas Paradoks dan Contohnya

majas paradok ini sering di gunakan oleh siapapun termasuk kamu dan aku dan juga kita… berdua!

Majas paradoks ini adalah kalimat yang disampaikan merupakan lawan kata dari Fakta yang terjadi.

Tapi kedua hal tersebut sama sama hal yang benar. Tapi cara penyampaiannya aja yang di campur kaya di bawah.

contoh kalimat majas Paradoks:

Kamu bagiakan hujan bagiku, Saat di samping kamu cuaca lagi panaspun tetap terasa Sejuk

Pintar banget sih kamu, masa satu tambah satu aja gak tahu

Cewe gue seneng banget dapat gadiah dari gue, sangking senengnya langsung di buangnya ke tong sampah

Karena aku terlalu tampan, sehingga sampai saat masih aja Aku Jomblo

Cewe itu pake bedaknya tipis ya, paling cuma satu senti Tebalnya

Majas Oksimoron dan  Contohnya

Majas oksimoron adalah majas yang pengungkapan kata yang mengunakan Kalimat bertentangan dalam satu pragraf yang sama.

Contoh kalimat majas Oksimoron :

Anak itu menagis Bahagia karena juara kelas

Aku benci dan Juga rindu padamu

Disetiap kesulitan Pasti ada Jalan

Gua emang miskin tapi sok kaya aja!

Aku memang terlihat baik padahal aku jahat loh…!

Aku benci dia tapi dia sayang aku,

Dia benci aku tapi aku sayang dia “sama aja sih…!”

Pertemuan lalu bahagia dan berpisahan lalu sedih. seperti itulah Cinta kita “bae”

Kelihatannya aja aku senyum, Padahalmah Peuurih na hate [sunda=pedih dihati]

Dasar Jahat bersenang senang di atas pendritaan Aku yaudah “bae”

Majas Antitesis dan Contohnya

Majas antitesis adalah pemakaian kata yang langsung menggunakan kata berlawanan, jadi kata berlawanan itu bersanding dua dia gaiiis

Contoh Kalimat Majas antitesis:

Kaya Miskin seseorang tidak menjamin ketampanannya

Baik Buruknya aku, Emakku tetap lah sayang

Jauh Dekat harga Goceng [merek angkot]

Surga Neraka Kita sendiri yang mencarinya

Gendut Langsing dirimu tidak bisa merubah cintaku

Jangan nilai seseorang dari Cantik Jeleknya, tapi lihat hatinya

Aku tidak melihat Tua Muda seseorang, yang aku lihat semangat kerjanya. [nyari karyawan]

Laki laki dan perempuan sama saja bagiku, yang penting mau kerja [nyari karyawan lagi]

Nyaman Enggak nya kamu, harus tetap tinggal disini sementara waktu

Majas Kontradiksi Interminus Dan Contohnya

Majas Kontradiksi interminus biasanya digunakan untuk mengungkapkan Pengecualian setelah sebelumnya di ungkapkan semua objek lengkapnya.

Atau bisa juga untuk menyangkal kembali kalimat yang sudah di sampaikan sebelumnya dengan satu objek supaya objek tersebut agak menonjol nilainya. atau apalah!

contoh kalimat majas kontradiksi :

semua anak sudah masuk kelas, kecuali Ari. memang tuh anak terlambat melulu

Semua layangan sudah terbang tinggi hanya layangan Edo yang nyungsep ke kali

Tidak satupun makhluk yang boleh masuk Ruangan ini, Selain S3t@n

Tidak satupun lelaki yang boleh menyentuh tubuhmu, kecuali suamimu nanti.

Kamu boleh melakukan apa saja disini, kecuali menangis

Yang ketiga kita akan mengulik apa itu Majas Penegasan?

Macam Macam Majas Lengkap Dan Contohnya
macam macam majas

Majas penegasan adalah Jenis majas yang di pakai untuk menegaskan atau memperkuat Nilai kalimat, supaya pengikut/pendengar/pembaca secara lantang memahaminya. OK.

Berikut ini macam macam Majas Penegasan

Majas Pleonasme dan Contohnya

Majas pleonasme adalah pengungkapan sebuah kalimat tapi ditambakan lagi dengan kalimat yang maknanya sama. supaya pendengarnya lebih paham kali ya..

Contoh Kalimat Majas Pleonasme:

Percayalah Padaku ferguso Aku sudah melihat dengan mata kepala sendiri “mata kepala =  seharusnya pake mata aja kan udah”

Lu takut jatuh!, ya udah turun kebawah, sana “dimana mana Turun ya kebawah sih”

Hatiku riang gembira saat paman tiba “riang berarti gembira, gak mungkin riang bete” Hatiku riang bete saat paman tiba. EH.

Sunyi sepi malam ini bagaikan di alam mimpi “OK”

Silahkan naik ke atas gunung, supaya bisa melihat pemandangan alam yang indah

Majas Klimaks dan Contohnya

Macam Macam Majas berikutnya adalah Majas klimaks.

majas Klimaks adalah pengungkapan dari satu yang biasa saja meningkat ke yang luarbiasa. atau dari yang terendah ke yang lebih tinggi, atau dari yang berusia muda naik ke yang berusia lebih tua.

Majas Klimaks biasa digunakan saat presenter menyampaikan berita, atau saat lainnya.

Contoh Kalimat Majas Klimaks:

Mulai dari remaja dewasa hingga orang tua berkumpul untuk mendengar ceramah Ustadz Abdul Somad

semua orang menghadiri acara Hijau bumi. dan menanam berbagai jenis pohon dari pohon kecil sedang hingga pohon jati yang bisa tumbuh besar, tujuan mereka hanya satu supaya alam sekitar menjadi lebih Asri dan Hijau.

Membandingkan Nasi uduk Harga 10 Ribu se porsi, dengan harga 10 juta se pori, enakan Mana.? “terinspirasi judul konten youtuber”

Mula mula suara itu terdengar pelan terus agak kencang lama kelaman menjadi kencang banget hingga semua warga terganggu.

Pada awal bertemu, hanya saling tatap, lama kelamaan mendekat pada akhirnya mereka ndusel ndusel. Mungkin emang begitu cara kucing berkenalan kali ya…?

Majas Anti Klimaks dan Contohnya

Kalau majas anti klimaks adalah kebalikan dari majas Klimaks di atas karena Ungkapan di mulai dari yang Nilainya lebih tinggi dulu hingga menurun ke yang nilainya ngak terlalu penting kayak aku…!

Lebih sering di pakai oleh seseoang ketika membuka pidato kayaknya. tapi tidak hanya itu saja sih seperti dibawah

Contoh Kalimat majas Anti Klimaks :

Sekeliling rumanya di penuhi berbagai macam pohon, Ada pohon kelapa, pohon pisang hingga pohon bonsai. dan setelah aku cek kedapur ternyata, pohon Toge juga Ada

Pada awalnya suara itu ngikik keras, lama kelamaan suaranya menjadi pelan dan hilang, orang sekitar berpendapat itu adalah suara Kuntilanak. “Tag Cerita Horor

Yang saya Horrmati Bapak Presiden, yang saya hormati Bapak Gubernur, Yang saya hormati Bapak Wali Kota, Yang saya hormati Bapak bapak dan Ibu ibu hadirin dan hadirat serta Remaja dan anak anak, dan juga yang lagi dalam kandungan.

Majas Paralelisme Dan Contohnya

Majas Paralelisme adalah pengungkapan kata yang memiliki makna atau frasa Yang sejajar Nilainya dalam di setiap baris ,supaya nanti membentuk sebuah pola yang bagus. digunakan dalam menulis Puisi

Contoh Kalimat Majas Paralelisme:

Kamu panjang dan kecil

Kamu panjang ber penutup

Kamu panjang Punya Tinta

Kamu panjang harganmu 2500

Majas Repetisi Dan Contohnya

Majas repetisi adalah pengulangan dua kalimat yang agak sama maknanya.

Majas repetisi dugunakan untuk mempertegas nilai kalimat yang kita sampaikan supaya pendengar/pembacanya mengerti dengan Jelas banget sekali.

Contoh Kalimat majas Repetisi :

Mantap kali, cukup mantap, matap kali kan…!

Kananti dikau, kutunggu dikau, dan hanya dikau yang Aku harap hadir disini.. e miss yu

Makan makan dan hanya makan saja kerjaanku, biasalah anak orang kaya.

Hari ini makan tidur, besok makan tidur lagi, besoknya lagi tetap gitu juga. Biasa lah pengangguran

Kamu kamu kamu kamu lagi…h kamu kamu kamu lagi…h ea ea ea “this song”

Majas Tautologi Dan Contohnya

Majas tautologi adalah pengungkapan kalimat yang mengulangi kaliat sebelumnya, dengan memakai makna yang hampir sama.

biasa digunakan untuk menulis puisi tapi jika tidak hati hati maka makna puisinya jadi ngak penting sih, soalnya makna dari kata itu saja yang di ulang ulang

Contoh Kalimat Majas Tautologi :

Bilang sekali lagi…! Aku pengen dengar coba katakan lagi….

Kamu hebat sekali, Kemampuanmu luar biasa “jadi kamu hebat sekali dan kemampuanmu luar biasa itu sama aja ya”

Mmm kamu pintar, anak mama memang hebat deh!

Sunyi sepi malam ini, senyap terasa kedalam kalbu

Hey Bulan tolong terangkan malam, hey Bulan berilah bantuan, aku kegelapan disini.

Yang Ke terakhir kita Ulik adalah majas Sindidran, Jadi apa Itu Majas Sindiran?

Macam Macam Majas Lengkap Dan Contohnya
macam macam majas

Kumpulan majas sindiran ini bagus untuk yang Hobinya menyinyir atau ngomentarin orang lain. Tapi kamu ngak gitu kan…?

karena majas sindiran ini bagus untuk menyampaikan kalimat supaya orang yang merima kalimat itu terasa sedih nyesek di dalam Kalbunya…! Hingga jiwa raganya serasa menancap dalam kedasar bumi…! Dasar Jahat…!

Berikut ini macam macam majas Sindiran

Majas Ironi dan Contohnya

majas ironi bagus banget nih buat kamu yang suka memuji orang lain dengan menyebutkan kekurangannya. sindirian halus breww

jadinya ya bullian sih, akhirnya gitu! orang berperang di kolom komentar sosmed kayaknya pakainya majas ini kayaknya.. tau juga tuh. coba deh periksa dulu sana. EH cek dulu deh contoh di bawah.

Contoh Kalimat majas ironi:

Perkataanmu lembut sekali Eemeralda, Selembut Amplas Baja

Cukup Ferguso…, aku sudah tidak kuat, nafasmu terlalu wangi kayak bibit jengkol

Kontarakan ini sejuk sekali ya Bu, Membuat keringatku mengucur deras

Konser tadi bagus banget tau…, sampai sampai semua penontonnya Bubar sebelum acara selesai.

Dia mau menerimaku apa adanya, Ada mobil, ada Pesawat, dan Ada Helikopter.

Majas Sarkasme dan Contohnya

Majas sarkasme biasa dugunakan untuk menyindir dengan mengungkapkan rasa kesal, marah, atau jiji secara langsung menggunakan kata kasar tanpa memperdulikan perasaan orang yang menerima Ucapan tersebut.

Tapi bisa juga untuk lucu lucuan sih.

Jadi sarkas banget ya…, nanamnya juga sarkasme gaiss..

Copntoh majas sarkasme : 

Rambut baru lu bagus benget udah kayak pantat kuali [tag kata kata lucu]

Jangan pegang pegang aku, Jijik aku mas Jijii….

Mentang mentang punya Mobil Sport baru Upload video mulu N@j!s Gua liatnya “Kalimat seperti ini lebih ke sirik ya gais jadi tidak bagus”

Majas Sinisme dan Contohnya

Majas sinisme sering di pakai untuk menyindir yang lebih njeleb tapi menggunakan bahasa yang tidak kasar kasar amat sih.

biasanya menyindir cara berfikir seseorang, atau cara dia melakukan sesuatu.

Contoh majas sinisme :

Kamu kan lebih hebat trus kenapa nanya ke aku, seharusnya kamu lebih tahu dong.

Baru segitu aja bangga gak berkelas banget sih.

Lebih baik lo ngak usah ngomong, gak ada manfaatnya buat gue!

Jadi seperti itu caramu, ya udah terusin, ntar juga tau sendiri akibatnya

Kamu ya…, sudah di bilangin jangan ganggu aku, masih saja ganggu terus, emang ngak ada cewe lain apa….

oke bapak-bapak ibu-ibu itulah Artikel macam macam majas beserta Contohnya dari sukacerita.com yang kece ini.

Saya mengucapkan selamat berbagi artikel ini ya, supaya kamu dan aku semakin keren. dan terimakasih

Macam macam majas Beserta Contohnya Oleh Hasbiallah Bin Waizulkarni

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *