Orang Bunian Menurut Islam : Konon Disebut Dewa Sumatera-Barat

Orang Bunian >>Mayarakat sumatera-barat menyebut orang bunian dengan nama dewa. padahal agama mayoritas di ranah minang adalah islam, lalu bagaimana alam bunian sendiri menurut agama islam. silahkan di cek ya bapak-bapak ibu-ibu.

Beberapa agama yang percaya bahwa Dewa merupakan sosok luarbiasa yang bisa juga di sebut sebagai tuhan[Maaf kalo salah]. Mereka mempercayai bahwa para dewalah yang menguasai jagat raya ini.

Tapi berbeda dengan masyarakat minang. Sebagaian besar suku minang percaya bahwa sosok dewa adalah sosok mahkluk menyerupai wajah cewe Yang menjadi Cerita Horor di zaman ke Zaman. Dengan rambut panjang dan paras Rapawan/Cantik/Anggun.

Pengertian Dewa Menurut Hindu dan Budha vs Masyarakat minang

Orang Bunian Menurut Islam : Konon Disebut Dewa Sumatera-Barat


Hindhu dan Budha : 


  • secara garis besar penganut agama hindu dan budha percaya bahwa dewa merupakan sosok yang sangat keramat dan suci yang harus di hormati oleh manusia.
  • para dewalah yang menguasai fenomena alam semesta ini, seperti panas,hujan,petir dll
  • dewa juga mempunyai karakter masing-masing, dengan kecerdasan seperti layaknya manusia
  • pada umumnya dewa merupakan sosok laki-laki.


Masyarakat Minang :

  • Dewa bisa disebut juga dengan bunian/orang bunian.
  • Dewa/bunian tinggal di tempat-tempat sepi seperti rumah kosong yang sudah lama.
  • ditinggal pemiliknya, di hutan, di pohon-pohon besar dll.
  • Persepsi masyarakat minang-kabau bahwa..! ketika orang hilang bisa jadi di Sembunyikan oleh dewa, dan orang di pelihara oleh dewa dll.
  • Dewa merupakan sosok wanita cantik berambut panjang bukan cowo seperti yang di percaya berberapa agama.
  • Dewa hanya nama sebutan saja, gak lebih dari itu.

 

Intinya dewa menurut beberapa agama dengan masyarakat minang itu jauh berbeda hanya saja memiliki nama yang sama.

Kapan Munculnya Dewa/Orang Bunian..?

Makhluk ghaib yang disebut dewa/bunian ini biasanya muncul pada saat menjelang matahari terbenam. 
Saat itu kamu melewati pinggiran hutan namun seketika tercium aroma kentang goreng pokonya aroma yang mirip-mirip masakan seperti itulah.
Namun terasa begitu aneh karena di sini tidak ada rumah warga trus siapa yang mengadakan acara lomba masak-memasak di tempat super sepi seperti ini..? disini kan cuma ada pepohonan yang lebat..!
Aduh merinding deh bisa jadi saat itu ada makhluk ghaib yang disebut bunian di sekitaran kamu.
Saya saranin untuk kabur saat itu juga karena mengerikan sih…!

Takutnya terlihat wujud wanita berparas cantik berambut panjang berjubah putih di sekitaran pepohonan pinggir hutan yang kamu lewati.. addduh kalo saya mah tau pingsan. tau lari terbirit-birit tau gimana kali…! pokoknya gak kebayang deh.. hiiiii


Tempat Berkumpulnya Dewa/Bunian

Keberadaan orang bunian asal sumatera barat ini agak mirip dengan kuntilanak pada umumnya.
Karena doi berwujud cewe,dan juga berpakaian putih, tapi doi juga bertempat di pohon-pohob besar, rumah rumah sepi yang sudah di tinggal pemiliknya, pekuburan dan di pinggiran hutan.

Jika ada anak kecil yang hobi sendirian dan mainnya di bawah pohon besar atau tempat-tempat seperti di atas. maka masyarakat minang akan menganggap. anak kecil tersebut sedang di asuh oleh makhluk dewa/bunian


Terlepas benar atau tidaknya, tapi itulah yang di perceya oleh masayarakat sumatera barat. tapi tidak bagi saya(penulis).

meski saya berasal dari solok-selatan sumatera barat, dan saya tidak akan langsung percaya begitu saja akan mitos tersebut. alasan saya adalah :
Banyak hal logis yang bisa kita jadikan acuan untuk menilai sesuatu, jangan langsung nyalah-nyalahin makhluk ghaib. kan kasiiian dianya.. hehe

Apa Tujuan Dewa/Bunian ini..?

Makhluk ghaib satu ini hadir tanpa tujuan yang jelas.

Tau-tau udah rame aja jadi omongin orang banyak, di sumatera barat, walaupun ada yang mengaku-ngaku pernah bertemu dengan doi(dewa/bunian). tapi tidak ada klarifikasi yang jelas.


Yang pasti makhluk bunian ini adalah makhluk ghaib yang agak mirip dengan mbak kunti yang serem itu..! namun misi mereka mungkin berbeda. cara menggoda manusia pun berbeda dan yang pasti mereka sama-sama serem [serempuan cantik].


Jika tidak hati-hati dalam menilai atau menelaah sesuatu maka mereka berdua bisa menyasarkan kita menjadi musyrik. 

Saya sendiri cukup mempercayai makhluk ghaib ada dan hidup berdampingan dengan manusia, cukup sampai disitu dan saya tidak mau mengartikannya secara berlebihan.

Seperti : 

Si A kemaren meninggal dunia, dan sekarang si A hidup kembali sebagai arwah penasaran dia berubah wujud menjadi dewa/bunian,kuntilanak,dll

Jika teman-teman beragama islam,dan berpegang teguh terhadap ajaran islam, maka jangan percaya akan hal di atas ya sobat. bahaya…!
mendingan banyak-banyakin baca alqur’an sholat jangan tinggalin agar iman kita kuat..
karena orang mati sudah tidak bisa balik lagi kedunia ini. baca ayat lengkapnya Jika Orang Mati bisa bicara

Dewa/Bunian. Itu Mitos Atau Fakta..?

Penulis pribadi merupakan seorang muslim berasal dari solok-selatan sumatera barat indonesia.
Sebagai seorang muslim tentu saya percaya akan adanya makhluk ghaib seperti halnya jin dan setan.
Dalam islam bahwa jin dan setan bisa merubah wujudnya menjadi manusia atau makhluk liannya.
Jadi saran saya jangan berlebihan menafsirkan hal-hal ghaib yang bisa mengakibatkan kita menjadi musyrik. (lebih baik baca alquran) atau banyak bertanya pada orang yang banyak tahu tentang agama islam/pemuka agama setempat.

Jadi makhluk bunian/dewa tersebut merupakan makhluk ghaib berupa jin bisa jadi setan yang hidup berdampingan dengan manusia hanya saja mereka tidak bisa dilihat dengan kasat mata. tapi mereka bisa menampakkan diri kalau mereka mau. 

Dengan tujuan untuk menyesatkan manusia dan tujuan lainnya..!

Alam Bunian/Orang Bunian Menurut Islam

Islam mengajarkan kita untuk percaya pada makhluk ghaib sperti jin dan setan.

Sedangkan orang bunian sendiri tidak pernah ada asal-usul yang jelas, bahkan di setiap daerah pun. orang bunian bisa di artikan dalam bentuk berbeda-beda. dan versi sumatera barat nya sudah saya curhatkan di atas.


Intinya orang bunian itu misteri yang susah untuk di pecahkan bahkan para ahli pun meneliti yang namanya orang bunian ini. [versi sumatera barat disebut dewa]. namun belum nemu gimana-gimannya.


Jadi akan lebih baik kita melihat hal-hal ghaib seperti itu dari segi agama, jika kamu muslim maka kamu boleh percaya bahwa jin dan setan bisa menampakkan wujudnya dalam bentuk yang di inginkannya untuk menyesatkan kita sebagai manusia. dan manusia sendiri bisa membuat suatu cerita menjadi lebih seru dan akhirnya jadi legendalah yang disebut dengan orang bunian ini.


Intinya alam bunian tersebut adalah alam jin jahat. ingat ya jin juga ada yang muslim lho. jadi jin jahat itu mirip dengan setan kelakuannya.
Hal ini juga berlaku untuk tikungan emen di subang jawa barat.

Penutup :

Jadi dewa/bunian yang dipercaya masyarakat sumatera barat merupakan sosok jin yang menyerupai wanita berambut panjang, dan jika kita berfikir logis tentu tidak mau menyimpulkan bahwa orang hilang di bawa dewa/bunian, anak di asuh dewa/bunian.

kita harus sering baca qur’an, sholat jangan tinggalkan, banyak nanya sama ahli agama setempat. kalo nemu kasus anak dipelihara dewa/bunian, jalan terbaiknya adalah di rukyah. jangan disembur pake menyan.

Orang bunian Menurut Islam Oleh Hasbiallah Bin Waizulkarni

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *