rumah adat dan bangunan tua unik di sumatera barat,

rumah gadang memang diakui keunikannya dengan atap yang lonjong dan memiliki seni tinggi,di sumatera barat rumah gadang ini memang menjadi kebanggan tersendiri bagi masyarakat nya karena bangunan beratap lonjong ini sudah mendunia bahkan di eropa saja ada yang mendesign rumah nya mirip seperti rumah gadang ini t

ermasuk di malaysia, dan salah satu daerah yang memiliki koleksi banyak rumah gadang adalah solok selatan tepat nya di kecamatan sungaipagu yang notabene berjulukan nagari saribu rumah gadang. tidak hanya rumah gadang solok selatan masih memiliki bangunan legendaris lainnya seperti..


sumatera barat dengan bangunan legendaris nya yang berada di kabupaten solok se
mesjid 60 kurang aso

Mesjid anam puluah kurang aso di solok selatan sumatera barat.

salah satu bangunan yang tersehor di kabupaten solok selatan adalah mesjid kurang aso anam puluah. yaitu nya salahsatu mesjid yang didirikan sudah lebih dari 400 tahun yang lalu namun sampai saat ini mesjid ini masih berdiri kokoh. 

mesjid kurang aso anam puluah ini berlokasi di desa pasir talang . kecamatan sungai pagu,kabupaten solok selatan. 

mesjid ini adalah peninggalan kerajaan sungai pagu dan sekarang masih banyak peninggalan kerajaan sungai pagu yang di simpan di dalam mesjid ini. 

keunikan mesjid ini terletak di arsitektur nya yang berbentuk bangunan tradisional minang kabau dengan gaya bangunan arsitektur hindu-jawa abad ke 15.dan mesjid ini secara keseluruhan berkonstruksi kayu.termasuk tiangnya,yang terdiri dari 59 buah 

mungkin nama mesjid ini di ambil dari tiangnya ini yang berarti besjid enampuluh kurang satu. atau mesjid yang bertiang enampuluh di kurang satu.. dan bangunan legenda minang kabau di solok selatan berikut nya adalah..

Rumah gadang dua puluh satu ruang.
rumah gadang yang terletak di kanagarian abai,kecamatan sangir batang hari kabupaten solok selatan ini merupakan rumah gadang terpanjang di minang kabau 

Yang didirikan pada tahun 1972 dan selesai di bangun pada tahun 1975,rumah adat ini memiliki 15 gonjong,tetapi rumahgadang yang seharus nya di jaga, tetapi rumah gadang tersohor ini sudah di beri atap seng dan di kasih semen sehingga bangunan nya sudah tidak orisinil lagi seaadai nya bangunan masih beratapkan ijuk dan berdinding kayu dengan ukiran khas rumah gadang tentu akan menjadi nilai plus untuk para wisatawan yang mengunjungi nya. bangunan unik solok selatan selanjut nya adalah.
sumatera barat dengan bangunan legendaris nya yang berada di kabupaten solok se
rumah gadang 21 ruang


Objek wisata jembatan gantung di sepanjang sungai sangir

pada artikel sebelum nya telah di tuliskan tentang ikan istimewa masyarakat gunung kerinci.

dan ternyata sungai sangir masih memiliki keunikan yang lain seperti jembatan gantungnya,tidak sulit untuk menemukan jembatan gantung ini karna ada banyak sekali di sepanjang sungai sangir.

jembatan gantung ini memiliki lebar hanya 1 meter saja dengan panjang sekitar 70 meter dan ada yang lebih panjang lagi. jembatan ini cukup menegangkan meski tidak terlalu lebar tapi jembatan ini biasa dilewati oleh motor jika anda berada di tengah tengah jembatan maka akan terasa bergoyang goyang..!menurut saya ini cukup mengerikan apalagi saat menengok ke bawah dan melihat aliran air nya yang deras seakan akan  jembatan nya berjalan sendiri..

jembatan seperti ini kebanyakan berada di sangir jujuan.. karena daerah ini di penuhi bukit bukit dan tengah tengah bukit mengalir lah sunggai sangir.. jembatan ini berfungsi untuk akses ke ladang atau kebun yang berada di seberang sungai sangir..

sumatera barat dengan bangunan legendaris nya yang berada di kabupaten solok se
jembatan gantung

Objek wisata sumatera barat dengan rumah gadang istana rajo balun
istana rajo balun merupakan salah satu peninggalan sejarah di ranah minang yang terletak di jorong balun,kecamatan koto parik gadang ,solok selatan. rumah gadang ini sudah berdiri sejak 600 tahun lalu yang merupakan istana raja di kerajaan sungai pagu.

sekarang di dalam rumah gadang ini terdapat beberapat naskah asli karajaan balun dengan tulisan arab gundul, selain itu di dalam rumah gadang ini banyak terdapat guci yang sampai saat ini masih tersimpan dengan rapih.

rumah gadang istana balun ini memliki ukiran dengan corak warna merah sedangkan tangga pada rumah ini terdapat di sebelah kiri anjungan,seharus nya tangga berada di depan anjungan yang merupakan pintu gerbang masuk ke rumah,tetapi karena tangga nya di sebelah kiri justru rumah ini terlihat tidak memiliki tangga jika di lihat dari depan…

sumatera barat dengan bangunan legendaris nya yang berada di kabupaten solok se
istano rajo balun


Bangunan legendaris mesjid syech sampu
mesjid syech sampu merupakan salah satu mesjid tertua di indonesia yang didirikan padatahun 1837 yang membangun mesjid ini adalah syech sampu yang merupakan ulama terkenal di solok selatan bahkan sampai saat ini syech sampu masih di kenal oleh masyarakat solok selatan meski tak penah tau wajah beliau, mesjid terletak di lubuak gadang utara,kecamatan sangir kabupaten solok seatan yang merupakan bangunan mesjid dengan atap berundak undak sebanyak tiga tingkat, dahulunya mesjid ini hanya berukuran 8 x 8 meter dengan konstruksi bangunan dari bambu. dan pada tahun 1936 mesjid ini di ubah menjadi semi permanen dan di perbesar menjadi 12 x 12 meter..

sumatera barat dengan bangunan legendaris nya yang berada di kabupaten solok se
mesjid syech sampu


di atas adalah beberapa bangunan legendaris di sumatera barat yang terletak di kabupaten solok selatan mungkin untuk saat ini kita tidak bisa membahas satu persatu bangunan yang terdapat di kabupaten solok selatan ini karena masih banyak lagi bangunan legendaris di kabupaten yang baru berdiri ini yang merupakan kabutan pemerekaran dari kabupaten solok dan diberinama kabupaten solok selatan ini jika anda ingin melihat wisata alam bagus di solok selatan tempat wisata indonesia termaksih atas kunjujungan anda

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *