Struktur Cerpen yang Wajib dan Optional

Diposting pada
Struktur Cerpen
Struktur Cerpen

Unsur dalam Cerpen atau cerita pendek tidak wajib lengkap, kita bisa menuliskan bagian-bagian pentingnya saja. berbeda dengan novel yang harus lengkap dan di jelaskan secara mendetail setiap unsur ceritanya.

Agar cerpen kita bagus maka kita wajib menambahkan unsur-unsur tertentu, dan kita boleh menambahkan pemanis agar cerpen lebih menarik lagi.

Apa saja unsur-unsur tersebut supaya menjadi struktur cerita yang menarik, silahan cek dibawah ini.

Unsur Wajib dalam Struktur Cerpen

dalam menulis cerpen kita tidak serta merta menulis begitu saja tapi harus ada hal-hal penting yang kita persiapkan seperti di bawah ini.

Orientasi

Orientasi adalah gambarkan suasana dalam tulisan, di mana itu terjadi, kapan waktu nya terjadi dan penulis harus menjelaskan dalam tulisannya.

setiap adegan pasti dalam keadaan/waktu /tempat berbeda. jadi setiap adegan harus dijelaskan kedaannya/tempatnya/waktunya. sesuai kebutuhan cerita.

“Bahasa Gaulnya Setting/Tempat”

Komplikasi

Komplikasi sama juga dengan plot yaitu rangkaian kejadian satu persatu berdasarkan sebab akibat.

jadi penulis harus menceritakan adegan yang ada kaitannya antara kejadian satu dan kejadian lainnya.

misalnya tokoh j@hat, karena dia ja#at maka akibatnya dia di benci orang dan akhirnya di g3bukin.. seperti itulah kira-kira.

Evaluasi Dan Resolusi

Evaluasi adalah titik puncak permasalah pada cerpen, dan bagaimana penyelesaian permasalahan tersebut di lakukan.

misalnya tokoh baik, dia ingin belanja ke warung namun uangnya di curi, lalu si tokoh baik mengejar maling sebagai solusi agar uangnya itu bisa kembali ke tangannya.

beriktu ini Ciri ciri cerpen jika masih ragu.

“Agar semua hal di atas bisa tertulis sempurna maka penulis sebaiknya menyiapkan hal-hal dibawah ini, supaya cerpennya bisa selesai dengan baik”

Penokohan

dalam cerpen penulis harus menambahkan tokoh yang akan memerankan adegannya.

meskipun penulis tidak wajib menjelaskan secara rinci tokohny mulai umur, tingkah laku, atau kriteria tubuh, tapi penulis harus menambahkan secara singkat karakter tokoh kedalam adegan.

supaya pembaca bisa lebih mengenal tokohnya, baik tokoh protagonis maupun antagonis.

Setting/Lokasi

Penulis harus menjelaskan dimana dan kapan adegan itu terjadi, supaya pembaca mengenal cerpen dengan baik, dan pembaca bisa menikmati cerita dengan senang hati.

Jika Lokasi dan waktu kejadian tidak jelas, maka pembaca akan sulit menyelami cerita dengan baik, lalu berhenti membaca cerpen tersebut.

“Secara Garis Besar disebut orientasi”

Alur

Penulis wajib membuat jalan cerita dengan jelas, mulai dari pengenalan, awal kisah, masalah dalam kisah, penyeesaian masalah, dan ending cerita.

maka dengan alur yang jelas maka pembaca akan menikmati cerita dengan baik, bahkan pembaca penasaran dan enggan berhenti membaca cerpen tersebut [jika penulis bisa membuat konfik cerita dengan baik].

Sudut Pandang

dalam cerpen penulis harus bercerita sebagai siapa dalam cerpen tersebut, misalnya orang yang hanya melihat kejadian, atau yang mengalami kejadian tersebut.

jadi jika hanya melihat kejadian saja maka penulis tidak bisa merasakan bagaimana keadaan yang sesungguhnya.

tapi jika penulis sebagai orang yang mengalami kejadian tersebut maka dia bisa menuliskan bagai mana rasanya mengalami kejadian tersebut.

untuk lebih jelasnya bisa di lihat di cara menulis cerita pendek

Unsur Optional Dalam Struktur Cerpen

dan jika semua hal diatas sudah kita pahami dengan baik maka bagi pemula bolehlah mepraktekkan menulis cerpen. lihat caranya di link diatas.

lalu adegannya bisa ditambahkan dengan hal hal di bawah ini.

Abstrak

abstrak adalah pembukaan cerpen yang di ambil dari keseluruhan cerita secara garis besar saja.

lalu dari pembukaan tersebut akan di jelaskan atau di uraikan rangkaian cerita satu persatu.

Koda

Koda adalah Nilai-nilai Kaidah yang di jabarkan penulis, tentang cerpen yang sudah ia karang/tulis. di ending cerpen.

koda bisa kita tulis bisa juga tidak. karena cerpen yang bagus pasti pembaca sudah bisa mengambil hikmah dari cerpen tersebut, tanpa harus di jelaskan lagi oleh penulis.

Acecories

Supaya Cerpen lebih menarik lagi maka bisa penulis tambahkan sesuatu yang paling di sukai Tokoh, misalnya Gelang, atau Kalung. bisa juga binatang Peliharaan, seperti kucing dan lainnya.

Penulis bisa menggabungkannya dengan adegan supaya lebih menarik/unik.

unutk lebih jelasnya maka bisa dilihat di beberapa Contoh cerpen menarik ini. mudah mudahan bisa menginspirasi teman semua..

silahkan berbagi.!!

Struktur Cerpen oleh Hasbiallah Bin Zulkarni

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *